DailySocial merupakan perusahaan blog teknologi yang telah berdiri sejak tahun 2008 dan fokus menerbitkan berita yang membahas seputar bisnis Start-Up. Hingga saat ini, DailySocial (PT Digital Startup Nusantara) merupakan salah satu portal berita yang kredibel dan andal di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Daily Social terus berinovasi dengan menghadirkan berbagai produk dan layanan baru yang hingga kini telah menjadi layanan unggulan mereka.

“Pada saat saya bergabung dengan DailySocial pada tahun 2017, produk utama yang kami miliki hanyalah web dailysocial.id dan Minerva chatbot, sementara microsites lainnya dan beberapa aplikasi berbasis web hanya proyek berbasis klien," kata tim DailySocial.

Menjadi portal berita di bidang teknologi, DailySocial perlu mempersiapkan infrastruktur IT yang andal untuk mendukung perkembangan sekaligus mempertahankan pertumbuhan bisnis mereka.Umumnya, startup seperti DailySocial mengandalkan keunggulan dari layanan cloud computing untuk membangun sistem yang efisien, fleksibel. Team Daily Social juga menyampaikan, bahwa operasi infrastruktur yang lamban merupakan hal yang tidak dapat ditolerir. Jika operasi infrastrukturnya lamban, traffic pengunjung akan jadi lebih rendah bahkan, kemungkinan terburuknya adalah situs web tidak dapat diakses sama sekali. Oleh karena itu, menurut Daily Social keandalan infrastruktur menjadi faktor yang perlu diperhatikan untuk mendorong pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia.


Penyedia layanan cloud lokal yang profesional

Pertanyaan terbesarnya adalah apakah ada penyedia layanan cloud lokal (CSP) yang dapat menyediakan solusi yang tepat?

“Kami menerima pertanyaan yang cukup banyak tentang apa yang menjadi alasan startup seperti kami menggunakan cloud lokal. Jawabannya, tentu saja karena ketersediaan tim pendukung yang siap dan mampu menangani seluruh masalah teknis kami. Sebelumnya, kami berlangganan layanan cloud yang terkenal dari Tiongkok, disini kami menghadapi banyak miss communication selama proses pemecahan masalah dan administrasi.” ujar Tim Daily Social

Lebih lanjut tim DailySocial menjelaskan, untuk menembus pasar lokal (Indonesia), sudah sewajarnya menggunakan layanan dari penyedia cloud lokal untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

“Tiga bulan setelah saya bergabung dengan DailySocial sebagai engineer, saya dan timi memutuskan untuk bermigrasi ke Biznet Gio dengan harapan dapat terhindar dari kendala yang sebelumnya kami temui ketika berlangganan layanan cloud asing,” katanya.

Setelah bekerja bersama Biznet Gio, DailySocial berhasil membangun infrastruktur yang terdiri dari empat VM, empat IP pribadi, satu IP publik sebagai proxy, dan beberapa port untuk menjalankan aplikasi dan basis data. Selain itu, Biznet Gio juga menggunakan beberapa platform stacks seperti NginX, PHP, MySQL, MongoDB, Redis, dan NodeJS.

Dengan menggunakan metode proxy sebagai penyeimbang, kinerja server DailySocial jadi lebih cepat dengan alokasi traffic yang terorganisir. Situs web dailysocial.id saat ini mampu melayani jutaan traffic pengunjung setiap bulannya. Menurut tim DailySocial, traffic pengunjung website yang tinggi secara bersamaan yakni sekitar 3.000 traffic, berpotensi menyebabkan masalah bottleneck pada website. Disinilah peran tim support dari Biznet Gio untuk memastikan layanan DailySocial dapat beroperasi sepenuhnya selama 24 jam meskipun team DailySocial tidak memiliki teknsi di bidang DevOps / SysOps.

"Dukungan yang diberikan oleh Biznet Gio sangat membantu kami yang tidak berpengalaman dalam mengelola infrastruktur IT. Pada saat yang bersamaan, kami juga mempelajari banyak hal baru dari tim support. Salah satunya adalah ketika tim support Biznet Gio datang untuk memecahkan masalah pada koneksi CMS ke API media sosial untuk kebutuhan publikasi," tim DailySocial menjelaskan.

Dalam beberapa kesempatan, Biznet Gio juga menyediakan tim support yang selalu siaga untuk bekerja sama dengan tim DailySocial hingga pukul 02:00 pagi dan memastikan semua permasalahan dapat terselesaikan. Menurut tim DailySocial, support yang sangat intensif seperti ini bahkan tidak dapat ditemukan pada penyedia layanan cloud asing.

Tim DailySocial telah mengalami perkembangan yang pesat dalam mempertahankan pertumbuhan bisnis mereka. Infrastruktur cloud yang digunakan juga jauh lebih kompleks seiring dengan ekspansi bisnis yang dilakukan sebagai upaya untuk menyediakan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan mereka. Sebagai portal berita dibidang teknologi DailySocial tentu harus up-to -date dengan perkembangan teknologi. Hal tersebut diwujudkan pada infrastrutur mereka yang mengadopsi beberapa platform seperti Python, Postgre, dan dan penyimpanan di S3 storage lokal pada NEO Object Storage. Selain situs web dailysocial.id, saat ini DailySocial telah menerbitkan situs hybrid.id, trikinet.com, program inovasi Orkestra, dan kedepannya terus berusaha menghadirkan layanan inovatif lainnya.