Putera Sampoerna Foundation didirikan dengan empat pilar utama: Pendidikan, Pemberdayaan Perempuan, Kewirausahaan, dan Kemanusiaan. Putera Sampoerna Foundation menyadari pentingnya pendidikan untuk membentuk generasi penerus bangsa. Dengan pendidikan sebagai pilar utamanya, pada tahun 2015 Putera Sampoerna Foundation berkontribusi dalam mendukung pendidikan di Indonesia melalui pembangunan Sampoerna Schools System sebagai lembaga pendidikan internasional dengan sistem pendidikan yang terintegrasi mulai dari Taman Kanak-kanak hingga Universitas.

"Karena fokusnya utamanya adalah pada pendidikan, maka mayoritas penggunanya adalah guru / dosen, mahasiswa dan orang tua. Infrastruktur aplikasi online kami dari front-end hingga back-end mulai bermigrasi ke infrastruktur cloud; terutama dari situs web, penerimaan, sistem akademik, manajemen pembelajaran, hingga manajemen alumni "kata Sampoerna Schools System.

Untuk layanan 'Sistem Akademik' itu sendiri dibedakan berdasarkan penggunanya dan terbagi menjadi 2 yaitu Akademi dan Universitas. Sampoerna University merupakan layanan khusus untuk dosen dan mahasiswa, sedangkan Sampoerna Academy untuk guru dan orang tua siswa. Sampoerna Schools System melakukan transformasi digital pada berbagai aspek sistemnya sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi.


Mengadopsi layanan cloud computing

"Sebelumnya kami menggunakan infrastruktur lokal dan IP publik untuk menjalankan layanan ini. Namun, jika dilihat dari sisi cost yang harus dikeluarkan, infrastruktur tersebut memerlukan biaya pemeliharaan dan manajemen sangat tinggi, sehingga kurang efisien"

Setelah mengadopsi layanan cloud, pemanfaatan sumber daya juga jadi lebih minimal namun tetap efektif. Jika dibandingkan dengan on-premise, layanan Sampoerna School System sekarang jauh lebih mudah untuk dioperasikan dan dikelola. Seluruh sistem berfungsi sebagaimana mestinya, terlepas dari proses awal yang membutuhkan perencanaan migrasi menyeluruh. Kami telah melakukan migrasi terhadap seluruh aplikasi ke cloud, di mana saat ini infrastruktur lokal kami dialokasikan hanya untuk menjalankan sistem ERP.

Menurut Sampoerna Schools System, proses migrasi menjadi layanan cloud tergolong cepat dan nyaman. Dengan menggunakan layanan cloud computing, sistem tidak hanya jadi lebih andal dan efektif tetapi juga efisien dari segi biaya.

Menentukan partner yang tepat

Sampoerna Schools tidak hanya menginginkan sistem dengan manajemen anggaran yang efisien, tetapi juga memiliki performa yang stabil ketika mengatasi menghadapi tingginya lonjakan permintaan pada waktu yang bersamaan selama periode akademik sekolah. Misalny saat siswa mengisi Formulir Perencanaan Studi (KRS) pada semester baru dan selama handout laporan akademik pada akhir semester. Setelah mempertimbangkan beberapa penyedia layanan cloud yang ada, Sampoerna Schools memutuskan untuk memilih Biznet Gio Cloud.

"Sebelumnya, kami pernah mencoba menggunakan layanan cloud yang penyedianya berlokasi di luar negeri. Memang, harga yang diberikan cukup murah, akan tetapi dukungan yang diberikan sangat tidak sesuai dengan harapan kami. Setelah mengevaluasi performa, biaya, dan jenis layanan yang ditawarkan, kami akhirnya memutuskan untuk memilih Biznet Gio Cloud."

Departemen TI Sampoerna Schools System menginginkan 'Business Continuity', atau sistem yang andal dengan ketersediaan tinggi di tingkat infrastruktur untuk menjalankan layanan mereka. Arsitektur Biznet Gio Cloud telah memenuhi standar SLA (Service Level Agreement) yang diharapkan, dan yang paling penting adalah dukungan yang diberikan selalu tersedia selama 24 jam untuk memberikan bantuan kepada pelanggan setiap saat.

Tim Sampoerna Schools System juga menjelaskan, kendala pada situs web mereka dapat diselesaikan dan kembali berjalan normal hanya dalam waktu kurang dari 24 jam oleh tim support Biznet Gio Cloud.

"Kami mendapatkan respons yang cepat dari tim support, termasuk ketika kami mengirimkan email pada malam hari. Selain itu, jika dilihat dari segi harga, Biznet Gio Cloud menawarkan harga yang bersaing untuk layanan yang berkualitas."

Bersama Biznet Gio Cloud, Sampoerna Schools System berhasil membawa transformasi digital dalam sistem pendidikan sehingga jadi lebih efektif dan juga efisien. Sistem yang aman dan andal memungkinkan Sampoerna Schools System untuk lebih fokus pada kegiatan belajar dan mengajar.