artforcovid banner


Art for Covid merupakan organisasi nonprofit yang dibentuk oleh anak-anak muda generasi Z Indonesia yang peduli terhadap orang utan yang saat ini masih mengenyam pendidikan di bangku sekolah. Seluruh team Art for Covid memiliki misi yang sama, yaitu menyelamatkan orangutan yang saat ini terkena dampak dari pandemi dan terancam punah. Menurut IUCN (International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources), di Indonesia terdapat 3 tiga spesies orangutan, yakni orangutan Sumatera, Kalimantan, dan Tapanuli, yang sayangnya saat ini berstatus kritis dan terancam punah (Critically Endangered/CR). Beberapa faktor seperti Rapid Climate Change (RCC) dan habitat asli orang utan yaitu hutan hujan tropis yang semakin berkurang menyebabkan stabilitas ekosistem orangutan menjadi terganggu.

Kondisi pandemi saat ini juga berdampak pada keberlangsungan ekosistem orangutan. Pandemi mengakibatkan menurunnya jumlah donatur dan bantuan yang diberikan untuk konservasi orangutan. Berangkat dari permasalahan tersebut, team Art for Covid memiliki misi untuk membangun kepedulian terhadap orangutan dengan mengajak lebih banyak orang untuk melakukan donasi demi menyelamatkan orangutan. Hal tersebut kemudian diwujudkan dengan menjual merchandise yang mereka desain secara eksklusif. Seluruh profit dari penjualan merchandise tersebut akan didonasikan kepada WWF Indonesia untuk mengadopsi orangutan dari Borneo Orang Utan Survival Foundation (BOSF).

Kita akan menggalang dana dengan menjual merchandise seperti baju dan stiker, yang sekarang sudah tersedia di Shopee (artforcovid) dan Line (@artforcovid). Nantinya 100% keuntungan akan kita donasikan kepada WWF Indonesia dan mengadopsi 100% orangutan dari BOS Foundation (satu/bulan, 1jt/orangutan diadopsi selama 1 tahun).” ujar team Art for Covid


Desain Tampilan dan Waktu Menjadi Tantangan Saat Harus Membuat Website dari Nol


Walaupun sudah menggunakan marketplace dan instant messenger, Art for Covid masih membutuhkan platform lainnya seperti website dan media sosial untuk mendukung aktivitas pemasaran sekaligus menjangkau audience yang lebih luas. Hermawan Sutanto (COO Vidio.com) yang juga merupakan Mentor Art for Covid menyampaikan bahwa dalam memilih platform yang akan digunakan, terdapat beberapa poin yang perlu diperhatikan.

Untuk aktivitas charity, apa yang menjadi point terpentingnya? Go to market secepat mungkin dengan value proposition yang tepat.

Team Art for Covid kemudian tidak hanya menggunakan media sosial tetapi juga website untuk melakukan aktivitas campaign dan fundraising. Selain meningkatkan awareness dan memberikan exposure yang lebih luas, website juga dapat meningkatkan kredibilitas kampanye yang mereka jalankan.

Ketika membuat website, kita ingin website kita agar bisa diakses dari semua gadget dan device. Sayangnya kita menemukan kendala seperti bentuk website yang tidak responsive untuk dibuka dengan layar yang lebih kecil.” - ujar team Art for Covid

Sebelumnya, team Art for Covid membuat website secara manual mulai dari merancang tampilan website hingga melakukan coding. Akan tetapi, membuat website secara manual tentunya membutuhkan waktu yang lama karena prosesnya tergolong rumit untuk team Art for Covid yang baru mulai terjun ke dalam dunia pembuatan website. Tidak hanya itu, team Art for Covid juga kesulitan untuk membuat website dengan tampilan yang responsive dan mobile-friendly. Padahal, berdasarkan hasil riset di tahun 2019, 80% pengguna internet mengakses website melalui smartphone atau perangkat mobile. Algoritma mesin pencari Google juga telah menerapkan prioritas pengurutan situs yang mobile friendly tau dikenal mobile first indexing. Ditambah lagi, Google juga menjadikan website yang mobile friendly sebagai salah satu kunci untuk memperoleh SERP (Search Engine Results Pages) yang lebih baik dalam hasil pencarian. Art for Covid membutuhkan platform yang tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga mampu mengakomodir seluruh kebutuhan mereka dan tentunya SEO friendly agar memperoleh exposure yang lebih baik. Berangkat dari kedua masalah tersebut, mentor team Art for Covid, Hermawan Sutanto kemudian merekomendasikan NEO Web Space sebagai solusinya.

Perlu platform yang tepat agar anak-anak bisa fokus pada konten, membangun value proposition dan go to market dengan cepat, di mana hal tersebut merupakan dua poin terpenting dalam aktivitas charity campaign. Inilah alasannya mengapa akhirnya saya merekomendasikan Neo Web Space kepada anak-anak,”


Fitur yang Ditawarkan NEO Web Space Mampu Mempercepat Time to Market


Setelah menggunakan layanan NEO Web Space, team Art for Covid juga menyampaikan bahwa proses pembuatan website mereka jadi lebih cepat karena NEO Web Space telah dilengkapi dengan responsive template yang telah sesuai dengan standar industri dan dapat secara otomatis menyesuaikan tampilannya dengan jenis gadget yang digunakan. Selain itu, team Art for Covid juga dapat mengintegrasikan website mereka dengan platform pendukung lainnya seperti marketplace dan media sosial melalui button yang responsif.

Kebanyakan dari template yang disediakan oleh Neo Web Space pun juga sudah berstandar industri, yaitu dilengkapi dengan home page, about page, dan template untuk informasi penting lainnya seperti kontak, link, foto produk, dan lain-lain.” ujar team Art for Covid

NEO Web Space merupakan website builder yang mudah dan praktis dari Biznet Gio. Dengan NEO Web Space, Anda dapat membuat website untuk berbagai kebutuhan, mulai dari portfolio, personal blog, company profile, bahkan membangun branding untuk bisnis. Bagi sektor bisnis, NEO Web Space dapat menjadi solusi yang tepat agar bisnis dapat terhubung ke ekosistem digital. Untuk menggunakan NEO Web Space, Anda tidak perlu mempersiapkan hosting ataupun coding sehingga sangat cocok digunakan untuk semua kalangan, baik yang masih dalam entry level atau pun yang sudah advance. Hal tersebut juga dibuktikan oleh team Art for Covid yang berhasil membuat website dengan tampilan yang modern dan sesuai dengan keinginan mereka dalam waktu kurang dari 1 minggu.


artforcovid website


First impression kita pada saat menggunakan NEO Web Space adalah interface-nya sudah cukup simple karena ada nya sistem drag-and-drop dari GUI-nya. Layanan tampilan nya pun tidak rumit dan tidak dipenuhi dengan banyak menu yang tidak perlu, sehingga kelihatannya lebih terorganisir dan modern.”- ujar team Art for Covid

Secara umum, NEO Web Space menawarkan berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses pembuatan website, antara lain:

  1. Tanpa Coding dan Hosting
    NEO Web Space memungkinkan Anda untuk membuat website dengan mudah dan praktis tanpa harus memiliki skill coding ataupun mempersiapkan hosting.

  2. Drag and Drop
    NEO Web Space hadir dengan berbagai pilihan template dan fitur drag and drop untuk mempermudah Anda dalam membuat website. Setelah memilih template yang diinginkan, Anda dapat memasukkan berbagai konten website mulai dari gambar, video, hingga button hanya dengan melakukan drag and drop.

  3. Gratis Domain dan SSL
    Selain mudah digunakan, Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan keamanan pada website karena NEO Web Space telah dilengkapi dengan fitur SSL (Secure Socket Layer) untuk memastikan website Anda tetap aman. SSL akan mengenkripsi setiap informasi dan traffic pada website agar data atau informasi pada website dapat terhindar dari tindak pencurian ataupun resiko lain yang tidak diinginkan. Untuk domain, Anda dapat menggunakan domain gratis dari NEO Web Space ataupun memilih domain yang diinginkan.

  4. Langsung Aktif
    Website dapat langsung aktif dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Setelah selesai mengisi template yang sesuai dengan keinginan, website tersebut bisa langsung dipublikasikan tanpa perlu melewati proses yang rumit.

  5. Implementasi Google Analytics
    Google Analytics dapat membantu Anda untuk memahami unique behaviour dari pengunjung website Anda sekaligus menganalisa performa dan traffic website Anda.

Satu hal menurut saya yang really exciting tentang NEO Web Space adalah memberikan 1 stepping point yang mampu memenuhi kebutuhan anak-anak secara indah, setelah itu tetap memberikan curiosity kepada anak anak untuk melakukan improvement. Kalau misalnya start dari blank, putih mungkin excitementnya berbeda dengan website yang sudah diisi langsung bagus dan bisa diimprove. Jadi NEO Web Space menyediakan level untuk customization dengan standar yang lebih tinggi karena basic structurenya sudah bagus dan rapi.” Hermawan Sutanto (COO Vidio.com) - Mentor Art for Covid

Seluruh fitur yang dihadirkan oleh NEO Web Space memang bertujuan untuk memberikan pengalaman membuat website yang mudah dan cepat bagi penggunanya. Hermawan Sutanto menambahkan, yang membuat NEO Web Space lebih special adalah NEO Web Space tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan pembuatan website dengan mudah sehingga user bisa fokus pada konten, value dan go to market dengan cepat, tetapi NEO Web Space juga memberikan room to improve bagi mereka yang ingin mengeksplor NEO Web Space lebih dalam. Kemudian, Hermawan Sutanto juga menambahkan, selain gen Z, siapapun yang ingin membuat website tidak perlu khawatir akan mengalami kesulitan.

Karena disini tidak membutuhkan technical experience untuk membuild satu website yang cantik, sehingga mereka bisa fokus pada konten. Karena at the end of the day konten is the king. Daripada fokus pada technical, mereka bisa fokus pada message, konten, dan business plannya. Tools seperti NEO Web Space ini memungkinkan mereka untuk fokus ke konten dan go to market dengan cepat. Tapi kalau memang memiliki kemampuan technical dan curiosity, absolutely mereka bisa improve lagi, karena seperti yang tadi disampaikan starting pointnya sudah berbeda bukan dari 0 atau blank space.”



Kini team Art for Covid dapat memanfaatkan website sebagai platform yang tepat untuk mengembangkan campaign yang mereka jalankan dengan mudah dan cepat sekaligus mengintegrasikannya dengan berbagai platform pendukung lainnya seperti marketplace dan media sosial. NEO Web Space juga memberikan ruang bagi team Art for Covid untuk fokus pada konten, value dan plan bisnis atau project yang sedang berjalan tanpa harus mengkhawatirkan permasalahan teknis. Untuk informasi lebih lanjut seputar NEO Web Space, Anda bisa langsung mengunjungi web.neo.id atau menghubungi Customer Care kami melalui sales@biznetgio.com.


Tentang Art for Covid


Art for Covid merupakan organisasi nonprofit yang dibentuk oleh anak-anak muda Indonesia yang peduli terhadap orangutan di tahun 2020. Ide ini pertama kali dicetuskan oleh Jennifer Tan dan Jessica Tan yang saat ini masih duduk di bangku sekolah. Untuk terus mengembangkan Art for Covid dan mewujudkan misi mereka, Jennifer dan Jessica tidak sendirian. Saat ini, Art for Covid telah beranggotakan 30 orang yang hampir semuanya masih mengenyam pendidikan di bangku sekolah. 30 orang tersebut terdiri dari Team Finance (Nadya (Head), Nicole (Co-Head), Nadya R, Kent, Kong Wei dan Jeong), Team Marketing (Jennifer K (Head), Zara, Karyn), Team Website (Erick Fernando Salim (Head), Howard Sulisthio, Danica Recca Danendra, Rashika, Jennifer Tan dan Jessica Tan), Team Product Design (Hungkita (Head), Jack, Jessica Tan, Jennifer Tan dan Keira), Team Logistic (Dior dan Nicole), Team Content Creator (Galuh (Head), Bryant, Charlene, Kathy, Nadya P dan Karen) serta Team Public Relations (Charissa, Nichelle, Ashlee, Rachel, Raisha, Matthew, Nicole, Kent dan Dior).