Tingginya market share UMKM dalam industry bakery and pastry, membuat Toko Wahab memutuskan untuk mengembangkan bisnisnya menuju market B2B. Awalnya, Toko Wahab merupakan toko kelontong sederhana yang menjual bahan baku kue dan pastry. Setelah beroperasi selama lebih dari 40 tahun, pada tahun 2015 di bawah naungan Wiliam Sunito (Founder dan CEO Toko Wahab) yang juga merupakan generasi ke-3 penerus Toko Wahab, kemudian memutuskan untuk melakukan transformasi dan mulai merambah platform digital. Menurut William, market share dalam industri bakery, 70% konsumennya merupakan UMKM, 20% business mass production dan 10% franchise. Sayangnya, belum banyak perusahaan atapun distributor yang fokus untuk melayani kebutuhan market UMKM dalam industri bakery dan pastry.

William menjelaskan, “Pada tahun 2015 ketika saya baru mulai mengembangkan Toko Wahab, UMKM itu sangat jarang di lirik. Belum ada distributor besar yang fokus ke UMKM. Padahal UMKM ini yang paling butuh dukungan kita. Nah, cara mudah supaya bisa menjangkau customer UMKM ini makanya kita manfaatkan platform digital. Kalau pakai cara konvensional (sales door to door) kurang eifisien dari sisi cost dan effort.

Berkat konsistensi dan inovasi yang terus dilakukan, bisa dikatakan bahwa Toko Wahab (tokowahab.com) merupakan salah satu pelopor E-commerce B2B nomor 1 di Indonesia dalam bidang food service supply – khususnya bakery and pastry – yang termurah bagi UMKM. Kini seluruh produk dan layanan yang ditawarkan Toko Wahab untuk memenuhi kebutuhan bakery dan pastry dapat diakses dengan mudah melalui website yang terintegrasi dan juga media sosial.

Selain menyediakan berbagai kebutuhan bahan baku yang berkualitas, tokowahab.com juga berkomitmen untuk membantu meningkatkan kualitas UMKM melalui kegiatan online sharing. Salah satunya melalui Wahab Baking Center sebagai program edukasi untuk para UMKM.

Tokowahab.com ingin mendukung UMKM di industri bakery dengan menghadirkan produk dengan harga yang terjangkau dan membagikan konten informatif yang dapat diakses melalui social media.” ujar William


Memilih layanan cloud lokal yang andal dengan support yang cepat, menjadi faktor penting dalam melakukan transformasi digital


Untuk memenuhi setiap kebutuhan pelanggan, tokowahab.com selalu berupaya memberikan pelayanan yang maksimal, seperti penyediaan live chat support untuk melayani para customer saat melakukan order, pengelolaan email, hingga memastikan website yang selalu tersedia sehingga dapat diakses secara cepat, mudah, dan aman selama 24 jam penuh. William Sunito (Founder & CEO Toko Wahab) menyampaikan, traffic tokowahab.com mengalami peningkatan yang signifikan pada masa pandemi, yakni hingga 2x lipat dibanding biasanya. Menurutnya, pandemi COVID-19 berhasil mengubah cara pandang dan kebiasaan masyarakat untuk lebih mandiri, salah satunya dengan mencoba bisnis baru. Oleh karena itu, tokowahab.com membutuhkan layanan cloud server di Indonesia yang mampu menyediakan infrastruktur dengan performa optimal serta menampung workload dalam jumlah besar.

Pada awalnya, kami menggunakan layanan cloud yang berlokasi di luar negeri. Namun, dengan berlakunya regulasi Pemerintah mengenai penyimpanan data di dalam Data Center lokal bagi E-commerce membuat kami memutuskan untuk berpindah ke cloud lokal dan memilih Biznet Gio. Harga yang ditawarkan jauh lebih efisien dengan bandwidth berlatensi rendah karena server dan data centernya berada di Indonesia, bukan di luar negeri.” tambah William.

“Pada awalnya, kami menggunakan layanan cloud yang berlokasi di luar negeri. Namun, dengan berlakunya regulasi Pemerintah mengenai penyimpanan data di dalam Data Center lokal bagi E-commerce membuat kami memutuskan untuk berpindah ke cloud lokal dan memilih Biznet Gio. Harga yang ditawarkan jauh lebih efisien dengan bandwidth berlatensi rendah karena server dan data centernya berada di Indonesia, bukan di luar negeri.” tambah William.

Selama menggunakan layanan NEO Virtual Compute, seluruh kebutuhan Toko Wahab dapat terpenuhi. Hal ini dikarenakan NEO Virtual Compute mampu memberikan performa cloud server yang maksimal, scalable, akses jaringan yang stabil, serta dukungan customer support yang sangat cepat dan responsif. Terbukti, selama masa pandemi di mana peningkatan traffic dan penjualan melonjak hampir 2x lipat, infrastruktur Toko Wahab dapat menampung dan beroperasi secara aman dan optimal, tanpa adanya kendala sedikit pun.

William menjelaskan, “Kalau dibandingkan dengan cloud luar, layanan NEO Virtual Compute dari Biznet Gio menawarkan cost yang sangat efisien dengan performa yang powerful. Sehingga, walaupun dihadapkan dengan traffic tinggi, infrastruktur tetap kuat dan bisa di scale up kapan saja. Layanan cloud dengan skalabilitas tinggi, sangat membantu tokowahab.com untuk selalu memberikan layanan yang berkualitas”.

Layanan NEO Virtual Compute merupakan cloud server di Indonesia yang dilengkapi fitur Multi Availability Zone dengan 3 Data Center berbeda di Indonesia, sangat cocok untuk mendukung kebutuhan dari berbagai industri yang memiliki traffic yang tinggi agar selalu tersedia kapan saja. SSD storage dengan skalabilitas tinggi juga sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan E-commerce seperti Toko Wahab dalam menyesuaikan kapasitas infrastruktur dengan layanan yang dibutuhkan. Sehingga Toko Wahab dapat memberikan pelayanan yang semakin optimal, dengan biaya yang lebih terjangkau.

Time is money. Kalau akses website lambat, tentu customer akan bounce back. Nah, layanan yang ditawarkan NEO Virtual Compute juga memberikan jaminan kecepatan akses website dan sangat kompatibel dengan fitur yang kami butuhkan. Sehingga, menjadi solusi yang tepat untuk tokowahab.com.” ujar William.

Menurut William, pada saat bisnis melakukan transformasi digital, hal penting yang harus dilakukan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan yakni dengan memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman dan menyenangkan. Salah satunya dapat dilakukan dengan menjamin kecepatan dan kemudahan akses pada website (platform bisnis).

William juga berpesan kepada para UMKM yang sedang melakukan transformasi digital, untuk tetap berfokus pada tujuan bisnis. Teknologi dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan customer sekaligus mengembangkan bisnis. Menurutnya, model bisnis yang matang merupakan kunci utama dalam membangun bisnis yang baik dan inovatif. Dengan dukungan infrastruktur yang andal dari Biznet Gio, ke depannya Toko Wahab berharap dapat fokus pada tujuan bisnisnya dan melakukan ekspansi ke berbagai produk baru.



About Toko Wahab


Tokowahab.com (PT. Global Digital Lestari) merupakan situs grosir marketplace di Indonesia yang menyediakan bahan baku utama bakery dan pastry dengan harga terjangkau dan produk terpercaya.

Tokowahab.com memberikan produk berkualitas dengan harga yang terjangkau untuk konsumen Indonesia dengan motto “your food business starts here”.