Nilai tukar mata uang Indonesia Rupiah melemah terhadap Dollar AS, manajemen perusahaan mulai melakukan antisipasi dengan cepat antara lain dengan penghematan biaya. Salah satunya dengan meninjau kembali biaya penggunaan cloud. Baru-baru ini Biznet Gio Cloud dengan sukses membantu menghemat biaya cloud hingga 40% saat membantu transformasi infrastruktur cloud UangTeman.

Hanya dalam waktu kurang dari 3 minggu, sejak akhir Desember 2019, Biznet Gio dengan cepat membantu UangTeman meninjau kembali pengunaan public cloud dan melakukan proses transformasi IT mulai dari assessment, alignment terhadap target bisnis, rekomendasi arsitektur baru, hingga implementasi teknologi container.

Alhasil pada pertengahan Januari 2020, tidak hanya biaya cloud yang berhasil dihemat hingga 40%, tetapi manajemen UangTeman dapat mengendalikan seluruh penggunaan cloud resource setiap stakeholder dan berhasil menerapkan metode kerja Continuous Integration dan Continuous Deployment (CI/CD). Implementasi ke microservice tersebut memberikan visibilitas alokasi resource yang terpantau.

Video: Andre Pratama (UangTeman) bercerita soal langkah UangTeman melakukan optimisasi cloud bersama Biznet Gio dan menghemat biaya 40% pada infrastruktur cloud mereka.

Kerumitan IT Menghilang - Biaya Cloud Berkurang

Optimisasi biaya cloud yang dilakukan UangTeman bersama Biznet Gio, hanyalah salah satu keberhasilan penghematan biaya perusahaan di awal tahun 2020. Sebelumnya Biznet Gio telah beberapa kali membantu optimisasi cloud ke beberapa pengguna layanan cloud dan on-premise lainnya. Optimisasi cloud dapat membantu menghilangkan kerumitan dari departemen IT terhadap kondisi dan pengelolaan infrastruktur saat ini mulai dari proses migrasi hingga operasional infrastruktur sehari-hari. Juga dapat menjadi sebuah solusi untuk setiap manajemen untuk menjalankan efisiensi dengan menghemat hingga 50% dari penggunaan infrastruktur.

Beberapa pertimbangan penting yang perlu diperhatikan oleh manajemen setiap perusahaan dalam meninjau kembali penggunaan layanan cloud, antara lain:

• Apakah sudah ada resource planning yang memetakan masing-masing sistem dan layanan pada cloud menggunakan sizing resources yang tepat?

• Apakah CTO sudah mengukur implementasi sistem dan layanan mana yang akan memberikan output yang sesuai dengan target bisnis? Seringkali penggunaan cloud resource bisa jadi digunakan tanpa target yang jelas, ataupun bahkan yang sekedar “ingin berada di cloud”, ini yang paling sering menyebabkan overbudget dan pemborosan.

• Teknologi yang diterapkan apakah sudah memberikan visibilitas terhadap seluruh proses kerja? Pada kasus Uang Teman, mereka membutuhkan visibilitas resources provisioning termonitor dengan jelas dari stake holder manapun dengan transformasi teknologi menggunakan OKD (OpenShift Kubernetes Distribution).

Saat ini perusahaan-perusahaan di Indonesia perlu mengambil langkah yang cepat untuk melakukan penghematan biaya dalam menghadapi situasi ekonomi yang belum stabil. Team Biznet Gio setiap saat dapat memberikan rekomendasi proses transformasi yang sesuai dengan kebutuhan dari sistem dan layanan bisnis, juga menjadi perpanjangan tangan departemen IT dari perusahaan. Sebagai penyedia layanan cloud terintegrasi, Biznet Gio selalu mendorong partner dan pelanggan menggunakan computing resource secara tepat dengan salah satunya dengan cara optimisasi penggunaan cloud dan menciptakan profitabilitas.

Apakah perusahaan Anda masih mencari formula yang tepat untuk melakukan penghematan biaya secara efektif? Optimisasi biaya cloud adalah pilihan tepat memangkas biaya dengan hasil yang lebih produktif.

Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana Biznet Gio dapat membantu organisasi Anda mengoptimalisasi biaya cloud dan infrastruktur Anda, hubungi kami di sales@biznetgio.com atau kunjungi www.biznetgio.com.