Digitalisasi diyakini menjadi salah satu kunci keberhasilan bagi setiap industri. Pasalnya, hampir seluruh masyarakat telah terbiasa menggunakan berbagai macam platform berbasis digital untuk memenuhi segala kebutuhannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjamin pertumbuhan bisnis secara online, adalah melalui optimalisasi platform bisnis yang dimiliki, baik melalui website ataupun aplikasi. Melalui platform tersebut, seluruh data dan informasi akan terintegrasi sehingga memberikan kemudahan bagi setiap pengguna.

Untuk memastikan sistem dan aplikasi Anda memiliki performa yang maksimal, Anda harus memperhatikan jenis server yang digunakan. Hal ini dikarenakan server memiliki tanggung jawab untuk memastikan fungsionalitas sistem. Jika sistem Anda mengalami kendala, salah satu penyebabnya bisa jadi terletak pada server yang digunakan. Untuk menghindari hal tersebut, maka dibutuhkan server dengan kapasitas maksimal, sehingga seluruh resources-nya dapat dioptimalkan untuk berbagai kepentingan infrastruktur bisnis.

Selain menawarkan resources maksimal, layanan dedicated server juga memberikan berbagai manfaat untuk bisnis Anda. Salah satunya dengan memungkinkan user untuk mengelola seluruh sumber daya secara menyeluruh tanpa harus berbagi dengan pengguna lain.



Apa itu Dedicated Server?


Pada dasarnya, dedicated server merupakan sebuah layanan penyewaan server secara eksklusif yang didedikasikan hanya untuk satu pengguna. Dengan server yang dedicated, pengguna dapat mengoptimalkan seluruh resources yang tersedia untuk berbagai kebutuhan bisnis. Dedicated server juga menawarkan kemudahan untuk Anda dengan akses yang full control atau kendali penuh untuk menentukan jenis virtualisasi/OS yang akan digunakan, sesuai kebutuhan.



Kelebihan Dedicated Server


  1. Performa Andal dan Maksimal, Tanpa Gangguan Noisy Neighbor

    Seperti yang telah dijelaskan di atas, penggunaan dedicated server memberikan performa penuh dengan kapabilitas tinggi untuk sebuah website maupun aplikasi. Kinerja server yang bersifat dedicated akan meminimalisir berbagai kendala yang mungkin muncul seperti downtime ataupun koneksi yang lambat.

    Berbeda dengan shared hosting, sumber daya yang dipunya akan dibagi sesuai jumlah pengguna didalamnya. Mereka saling terhubung dan bergantung satu sama lain, sehingga performa suatu website dipengaruhi oleh website lainnya. Jika salah satu website mengalami kenaikan traffic yang tinggi, maka penurunan sumber daya mungkin akan terjadi pada website lain yang ada didalamnya. Beberapa hal yang akan terjadi saat server mengalami penurunan daya ialah website yang lemot bahkan berpotensi terjadinya crash.

  2. Privasi yang Terjamin

    Keamanan menjadi faktor utama bagi setiap industri bisnis, terutama bagi mereka yang berperan dalam mengelola data sensitif seperti industri kesehatan, keuangan maupun E-Commerce. Dedicated server memberikan jaminan keamanan bagi setiap pengguna karena Anda tidak harus berbagi sumber daya dengan pengguna lain, sehingga terhindar dari aktivitas tetangga (noisy neighbor). Dengan begitu, kapasitas dan keamanan server dapat lebih terjamin dan bisa beroperasi secara maksimal.

  3. Akses dan Kontrol Penuh

    Dengan server yang dedicated, akses dan kendali juga akan diberikan sepenuhnya kepada pengguna. User dapat meng-install software atau aplikasi lain yang diinginkan sesuai dengan kapasitas yang dimiliki server tersebut. Dengan begitu, pengguna dengan dapat leluasa mengatur kapasitas serta pembagian daya terhadap beragam perangkat lunak yang dimiliki.

  4. Efisiensi Waktu dan Biaya

    Dengan menggunakan layanan dedicated server Anda dapat menghemat biaya dan waktu karena tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli server. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan maintenace karena akan dikelola langsung oleh tim teknis penyedia layanan. Dengan begitu, Anda dapat melakukan monitoring dengan lebih mudah, dan terhindar dari kesalahan pengelolaan server maupun kemungkinan ancaman downtime.



Kekurangan Dedicated Server


Dedicated server hadir sebagai layanan yang prima dan memiliki beragam keuntungan. Namun disamping itu, layanan ini membutuhkan skill teknis yang memadai. Dalam pengoperasian dedicated server, dibutuhkan tenaga ahli (IT) yang memiliki kemampuan dan wawasan untuk dapat mengoperasikan server. Perlu diwaspadai pula, kesalahan dalam mengelola server dapat berakibat fatal, mulai dari ancaman keamanan hingga hilangnya data dan informasi.



Tips Memilih Layanan Dedicated Server yang Tepat


Dedicated server biasa digunakan untuk para pengguna yang memiliki kompleksitas data yang tinggi sehingga diperlukan sumber daya yang memadai. Mengingat biaya yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit, maka beberapa hal perlu diperhatikan secara lebih detail agar tidak terjadi kesalahan saat memilih layanan. Berikut tipsnya:

  1. Status Keamanan Penyedia Layanan

    Pastikan fitur-fitur keamanan pada penyedia layanan dedicated server tersebut kredibel. Hal ini dapat dibuktikan melalui kepemilikan berbagai sertifikat keamanan, mulai dari SOC 2 Type II, PCI-DSS, ISO 27001, hingga sertifikat lainnya. Selain itu, pastikan pula fitur keamanan seperti SSL-Certificate, LiteSpeed Enterprise, Support HTTP/2 & IPv6, Imunify360 Server Security, hingga Firewall ada di dalam layanan tersebut.

  2. Konektivitas Jaringan yang Andal

    Kuota jaringan menjadi hal yang tidak kalah penting untuk memastikan sistem Anda dapat berjalan dengan lancar. Pastikan Anda memilih layanan dedicated server yang telah dilengkapi dengan fasilitas bandwidth unlimited hingga fitur backup link, untuk meningkatkan koneksi jaringan dan menghindari terjadinya kegagalan (downtime).

  3. Lokasi Data Center di Indonesia

    Biznet Gio dilengkapi dengan fasilitas Data Center yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Seluruh Data Center saling terhubung dengan fitur InterDC Link gratis, sehingga dapat menjamin keamanan dan meningkatkan ketersediaan data Anda.

  4. Metode Pembayaran yang Fleksibel

    Jika pada umumnya layanan dedicated server memiliki sistem minum kontrak, layanan Biznet Gio hadir dengan sistem pembayaran yang mudah (pay-as-you-go) dengan kapasitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga Anda dapat mengelola penggunaan resource dengan tepat, tanpa harus khawatir terjadinya pembengkakan biaya.



Kesimpulan


Dedicated server merupakan sebuah layanan yang menyediakan server untuk satu pengguna. Server ini bertugas untuk menyediakan sumber daya berbentuk bandwidth, disk space, processor, RAM, dan beragam fitur lainnya, yang berfungsi untuk menjalankan sistem website. Sifatnya yang dedicated, membuat harga yang ditawarkan oleh layanan ini juga cukup tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kualitas dan kredibilitas layanan penyedia server. Biznet Gio menawarkan solusi yang komprehensif melalui pilihan layanan dedicated server yang tersedia yaitu, NEO Metal dan GIO Private.

Layanan bare metal server, NEO Metal, hadir dengan teknologi tercanggih menggunakan hardware generasi terbaru dari Intel Xeon dan AMD EPYC, dengan kapasitas CPU hingga 48 core thread & RAM hingga 48 GB. Sangat andal dan tangguh untuk menjalankan workload aplikasi secara maksimal. Tidak hanya itu, NEO Metal juga dilengkapi dengan fasilitas multi availability zone dan berbagai pilihan jenis virtualisasi hingga OS, yang dapat dipilih sesuai keinginan. Jika pada umumnya layanan bare metal server sangat sulit didapatkan, dengan Biznet Gio, layanan NEO Metal dapat langsung Anda nikmati hanya dalam waktu 5 menit, dengan harga yang sangat terjangkau. Mulai dari Rp2.500.000 per bulan dengan melakukan registrasi di portal.biznetgio.com.

Jika Anda membutuhkan layanan dedicated server dengan kapasitas resources yang lebih tinggi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, Anda juga bisa memanfaatkan layanan GIO Private yang telah dilengkapi dengan platform VMware vSphere Enterprise Plus Edition, yang mampu mendorong kinerja infrastruktur dan jaringan dengan lebih aman dan fleksibel. Layanan GIO Private juga didukung dengan performa IOPS tinggi mulai dari 2500 IOPS/ 1TB, sangat tepat untuk meningkatkan efektivitas layanan Anda.

Dari sisi compliance, seluruh layanan Biznet Gio telah memenuhi sertifikasi keamanan berstandar Internasional, seperti SOC 2 Type-II, PCI-DSS dan ISO 27001, sehingga memberikan jaminan keamanan yang lebih baik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan NEO Metal dan GIO Private Anda dapat berkonsultasi langsung dengan Cloud Expert kami dengan menghubungi sales@biznetgio.com.