news image
news 24 Januari 2024

Apa Itu Acronis Backup? Pengertian, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya 

Salah satu cara untuk mencegah kerusakan hingga kehilangan data salah satunya adalah dengan melakukan backup data rutin. Backup akan memastikan data yang dimiliki memiliki cadangan yang sewaktu-waktu bisa dipulihkan jika seandainya terjadi gangguan, galat, dan hal lainnya yang menyebabkan data rusak.

 

Data pada hosting pun juga harus rutin di-backup sebagai tindakan preventif dari kerusakan yang mungkin terjadi di sisi hosting. Jadi jika seandainya terjadi gangguan baik karena human error, kerusakan jaringan, ataupun kegagalan sistem, layanan bisa dikembalikan ke keadaan semula.

 

Salah satu solusi backup yang sering digunakan untuk mencadangkan layanan yang berjalan pada cloud baik itu website atau aplikasi adalah Acronis Backup. Apa itu Acronis dan apa saja kelebihannya? Artikel ini akan membahas secara lengkap mulai dari apa kelebihan backup data, pengertian Acronis, dan cara backup data hosting menggunakan Acronis.

 

Manfaat Backup Data

Backup data mengacu pada praktik menyimpan salinan data yang ada sebagai langkah pencegahan dari kemungkinan kehilangan atau kerusakan data. Sistem ini digunakan untuk menyalin data yang penting, lalu menyimpannya di lokasi terpisah.

 

Sistem backup, seperti Acronis, memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi pengguna. Lebih dari sekedar media pencadangan, sistem ini juga menawarkan perlindungan ekstra terhadap data-data yang dimiliki.

 

  1. Perlindungan terhadap kehilangan data

    Layanan backup dapat melindungi data terhadap potensi kehilangan atau kerusakan. Kamu bisa dengan cepat mengembalikan data yang hilang atau rusak dengan mengambilnya dari layanan backup, meminimalkan dampak negatif pada operasi bisnis maupun data pribadi. 
     

  2. Pemulihan yang cepat dan efisien

    Ketika terjadi situasi darurat, memiliki backup data dapat membantu pengguna untuk memulihkan sistem dan informasi dengan cepat. Proses pemulihan ini bisa dilakukan dalam waktu yang relatif lebih cepat. 
     

  3. Mendukung fleksibilitas lebih baik

    Backup data mendorong pengguna untuk melakukan pengujian baik itu pada lingkungan staging maupun production tanpa risiko kehilangan data. Jika seandainya pengujian tersebut memberikan hasil yang tidak diinginkan, pengguna dapat dengan mudah memulihkan data ke kondisi sebelumnya.
     

  4. Keamanan Terhadap Serangan Cyber

    Sistem backup seperti Acronis biasanya akan memberikan perlindungan lebih terhadap data cadangan, misalnya seperti enkripsi yang memastikan data cadangan lebih sulit untuk diretas. Bahkan jika akhirnya dicuri, dengan memiliki cadangan data, social engineering yang dilakukan oleh penyerang bisa tidak berdampak kuat karena pengguna memiliki cadangan data yang bisa dikembalikan ketika dibutuhkan.

 

Mengenal Apa Itu Acronis Backup

Salah satu perangkat lunak yang bisa digunakan untuk backup adalah Acronis backup. Acronis merupakan solusi lengkap untuk mengamankan data dan sistem. Layanan ini mencakup proses pencadangan, pemulihan, dan perlindungan data untuk perangkat fisik, virtual, ataupun cloud.

 

 

Pencadangan Acronis membantu pengguna untuk mengamankan data dari potensi kehilangan akibat bencana alam, ransomware, virus, atau kerusakan hardware. Acronis juga menyediakan opsi penyimpanan yang aman dan fleksibel.

 

Acronis sendiri merupakan perusahaan perangkat lunak keamanan data yang berkantor pusat di Zug, Swiss. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2003 dan menawarkan berbagai produk dan layanan, termasuk solusi backup, disaster recovery, dan perlindungan data.

 

Kelebihan Acronis Backup

Acronis backup sendiri memiliki beberapa kelebihan untuk mencadangkan data pada hosting. Berikut adalah beberapa kelebihannya. 

  1. Perlindungan data yang andal

    Teknologi backup Acronis ini menggunakan metode kompresi dan enkripsi yang canggih untuk melindungi data dari kerusakan atau kebocoran. Selain itu data yang sudah dicadangkan akan diverifikasi lagi untuk memastikan kesesuaian data asli dengan cadangan dan sekaligus memastikan data bisa dipulihkan.
     

  2. Penjadwalan backup

    Acronis Backup memungkinkan pengguna untuk membuat backup secara manual maupun otomatis. Ini memudahkan pengguna untuk membuat cadangan data secara teratur, sehingga data lebih terlindungi.
     

  3. Fleksibilitas penyimpanan data backup

    Data yang di-backup akan disimpan pada cloud hal ini akan meningkatkan fleksibilitas backup dimana cadangan tersimpan di tempat yang berbeda dengan penyimpanan hosting. Selain itu data cadangan juga bisa di-download pengguna jika menginginkan penyimpanan terpisah lainnya.
     

  4. Opsi pemulihan yang fleksibel

    Acronis menawarkan berbagai opsi pemulihan, termasuk pemulihan penuh, pemulihan sebagian, dan pemulihan selektif. Ini memungkinkan pengguna untuk memulihkan data yang dibutuhkan secara cepat dan mudah.
     

  5. Harga yang terjangkau

    Dengan berbagai kelebihannya menyebabkan Acronis hanya memiliki opsi langganan berbayar yang terjangkau. Dengan berbagai pilihan paket harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. 

 

Cara Menggunakan Acronis Backup 

Terdapat banyak metode untuk menggunakan Acronis, namun pada kesempatan kali ini kita akan menjelaskan cara menggunakan Acronis pada cPanel, salah satu control panel hosting paling populer.

 

Pada cPanel, Acronis merupakan sebuah plugin yang bisa diinstal pada server jika kamu sudah memiliki akun dan berlangganan layanan Acronis. Untuk cara instalasinya adalah sebagai berikut:

 

  1. Pastikan kamu sudah memiliki lisensi cPanel beserta langganan Acronis. Kemudian instal Acronis dengan menggunakan kode berikut. 
    sh <(curl -L https://download.acronis.com/ci/cpanel/stable/install_acronis_cpanel.sh || wget -O - https://download.acronis.com/ci/cpanel/stable/install_acronis_cpanel.sh) 
  2. Setelah berhasil lanjutkan dengan menambahkan plugin Acronis Agent melalui cPanel. Login ke cPanel/WHM, menu Plugin, kemudian cari AcronisBackup. 
  3. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan dengan mengonfigurasi Acronis secara manual. Disini kamu bisa menentukan jadwal backup, jenis backup (apakah penuh atau sebagian), kemudian lokasi backup

 

Pakai NEO Web Hosting dapat Acronis Gratis

Bagi kamu yang mungkin merasa kerepotan untuk menginstal Acronis secara manual, kamu  bisa menggunakan layanan hosting dari Biznet Gio yaitu NEO Web Hosting. Dengan berlangganan layanan hosting serba gratis dan unlimited ini kamu juga akan mendapatkan gratis Acronis Backup untuk mencadangkan data hosting secara aman.

 

Pada NEO Web Hosting, backup menggunakan Acronis akan dilakukan secara otomatis setiap harinya. Ini akan menunjang keamanan data sekaligus sebagai tindakan preventif jika terjadi gangguan. Data yang di-backup juga tidak menggunakan penyimpanan hosting karena disimpan pada lokasi yang berbeda.

 

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur Acronis Backup di NEO Web Hosting 

 

NEO Web Hosting memiliki fitur backup komprehensif dimana terdapat dua layer backup untuk mengamankan data yaitu menggunakan backup manual melalui cPanel dan backup otomatis setiap harinya menggunakan Acronis.

 

Selain itu, layanan hosting ini juga memberikan beberapa fitur tambahan lainnya seperti gratis domain dengan ekstensi populer seperti .com atau .id, penyimpanan SSD standar enterprise, gratis SSL, LiteSpeed Enterprise, serta Imunify360 untuk mengamankan website dari serangan siber.

 

Fitur Acronis bisa kamu dapatkan dengan berlangganan NEO Web Hosting minimal paket Expert. Dapatkan NEO Web Hosting sekarang juga dengan harga mulai dari 20.000/bulan dan kamu bisa mendapatkan berbagai fitur unlimited dan gratis untuk website-mu. Kunjungi halaman produk NEO Web Hosting untuk informasi lebih lengkap.
 

 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan tentang layanan kami hubungi kami melalui support@biznetgio.com atau live chat melalui website Biznet Gio.