news image
news 15 Maret 2023

Apa itu Apache Web Server? Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Apache web server adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan kamu untuk meng-host situs web dan aplikasi web melalui internet. Web server ini menyediakan platform untuk server HTTP Apache yang menangani permintaan dan respons HTTP. Jika kamu ingin menjalankan website atau aplikasi web tetapi tidak tahu cara mempersiapkan infrastruktur yang diperlukan untuk menjalankannya, kamu dapat menggunakan server web Apache sebagai titik awal.

 

Sebelum mengenal lebih jauh tentang apa itu Apache ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu web server. Berikut ini adalah penjelasan mengenai apa itu Apache Web Server.

 

Apa itu Web Server

Beberapa web server paling populer misalnya adalah Apache dan Nginx. Selain itu Beberapa situs web juga menggunakan layanan hosting berbasis cloud untuk menyimpan data website seperti layanan dari Biznet Gio.

 

Web server dapat berupa server fisik dan virtual yang didalamnya terdapat software yang berjalan pada protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Web server bertindak seperti komputer yang menyimpan dan mengirimkan data website ke komputer lain atau dikenal sebagai komputer host. Selain itu karena berjalan pada HTTP server, web server bisa berkomunikasi dengan browser dan komputer lain melalui internet.

 

Baca juga: Apa Itu Web Server? Cara Kerja, Fungsi, dan Jenis-jenis

 

Sejarah Apache Web Server

Apache pertama kali dirilis oleh sebuah tim dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA) pada tahun 1995. Software ini disebut NCSA HTTPd dan dikembangkan sebagai alternatif untuk server web asli milik NCSA yang saat itu menggunakan kode dari Microsoft Windows.

 

Pada tahun 1996, dua pengembang dari University of Illinois di Urbana-Champaign bergabung dengan NCSA untuk terus mengembangkan proyek tersebut. Mereka menamai proyek tersebut dengan nama Apache yang diambil dari nama salah satu suku asli dari Amerika "Apalachee."

 

Setelah menjadi web server yang cukup menjadi hit di Amerika, pada tahun 1999, Apache meluncurkan Apache Software Foundation. Yayasan ini memberikan dukungan organisasi, hukum, dan keuangan untuk Server HTTP Apache. Yayasan inilah yang membuat perkembangan Apache selalu terbuka untuk komunitas dan mempertahankan status “open-source” nya dan semenjak dinaungi Apache Software Foundation, HTTP server Apache saat ini menjadi salah satu web server paling banyak digunakan bersama dengan Nginx.

 

Kelebihan Apache Web Server

Apache merupakan server open-source yang gratis untuk digunakan dan dapat dikustomisasi agar sesuai dengan kebutuhan setiap website. Apache sendiri merupakan salah satu adalah web server paling populer di dunia dengan lebih dari 40% situs web menggunakan Apache. Apache memiliki beberapa kelebihan diantaranya:

 

  • Instalasi gampang

    Untuk menginstal Apache cukup mudah dan juga tidak membutuhkan kemampuan teknis untuk menginstal Apache. Cukup unduh installer dari apache.org/download dan jalankan di komputer, kemudian Apache siap digunakan.

     

  • Konfigurasi mudah

    Terdapat beberapa metode dan cara yang berbeda untuk mengatur Apache, namun untuk konfigurasi dan pengaturannya akan diotomatisasi oleh Apache sendiri.

     

  • Fleksibel dan bebas dimodifikasi

    Bersifat open-source sehingga siapapun bisa mengubah sumber kode dari Apache untuk memodifikasi server sehingga dapat memenuhi kebutuhan spesifik untuk website ataupun aplikasi web milikmu.

     

  • Mampu meng-handle lalu lintas tinggi

    Apache mampu menampung beban kerja yang tinggi sehingga juga bisa menangani lonjakan traffic yang tinggi sehingga menyebabkan website lebih stabil. Website yang menggunakan web server Apache juga jarang down karena optimasi yang dilakukan oleh Apache.

     

  • Mampu meng-host banyak website

    Apache mampu menangani jumlah situs web yang tidak terbatas per instance. Itu berarti jika kamu mempunyai lebih dari satu website maka setiap website dapat memiliki folder dan file sendiri tanpa memengaruhi website lain yang di-host pada satu server yg sama.

     

  • Memiliki perlindungan dari serangan siber

    Apache memiliki perlindungan minimum untuk mencegah serangan siber khususnya dari serangan-serangan umum seperti brute force.

     

  • Gratis

    Terakhir, web server ini bisa digunakan secara gratis dan bisa diunduh gratis oleh setiap orang.

 

Kekurangan Apache

Di sisi lain, Apache sebenarnya juga memiliki beberapa kekurangan seperti, Apache tidak dilengkapi dengan antarmuka pengguna grafis (GUI) , jika kamu ingin mengakses kontrol penuh ke server Apache kamu harus belajar cara menggunakan command pada terminal.

 

Cara menggunakan Apache Web Server

Untuk menggunakan web server Apache, kamu bisa menggunakan akun yang diberikan oleh penyedia layanan hosting untuk mengakses server. Kamu bisa menggunakan layanan VPS untuk dapat menginstal Apache pada server milikmu, apalagi Apache mendukung banyak sistem operasi seperti Windows, Unix, dan banyak distro Linux.

 

Misalnya pada layanan VPS NEO Lite, kamu akan diberikan akses ke server untuk menginstal Apache kemudian melakukan konfigurasi server dari sana. Layanan NEO Lite sendiri sudah terinstal sistem operasi dari keluarga Linux yang bisa kamu pilih seperti Ubuntu ataupun CentOS. Untuk cara instalasinya, kamu bisa menjalankan perintah berikut pada terminal:
 
Untuk CentOS:
sudo yum install httpd

 

Untuk Ubuntu:
sudo apt install apache2

 

Setelah menjalankan kedua perintah tersebut Apache sudah berhasil terinstall pada VPS milikmu.


 

Penutup

Dengan menggunakan NEO Lite kamu akan memiliki kontrol penuh pada server dimana kamu bisa mengkustom sistem operasi serta software pihak ketiga yang ingin kamu instal, misalnya seperti untuk menginstal web server seperti Apache ataupun Nginx. Layanan NEO Lite juga didukung gratis bandwidth hingga 10 Gbps tanpa kuota dan biaya egress. NEO Lite juga memiliki layanan pelanggan dengan response time di bawah 15 menit membantumu jika seandainya terjadi kendala.  


 

Selain itu, untuk pilihan paket NEO Lite mulai dari MM 8.4 sudah dilengkapi gratis lisensi cPanel Solo® Cloud yang bisa digunakan untuk mempermudah pengelolaan server pada satu dashboard terintegrasi. NEO Lite bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp50.000/bulan dan kamu bisa mendapatkan sumber daya hingga 16 Core vCPU, 16GB RAM, penyimpanan SSD 60 GB yang bisa ditingkatkan, dan gratis public IP. Khusus untuk paket dengan lisensi cPanel gratis bisa diklaim melalui Portal Biznet Gio. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan kami dan layanan server dengan gratis cPanel hubungi kami melalui support@biznetgio.com.