news image
news 1 Agustus 2023

Apa itu Bare Metal Server? Serta Apa Saja Kelebihannya Dibandingkan Layanan Cloud Lainnya

Dalam era digital yang terus berkembang, infrastruktur teknologi informasi (IT) menjadi komponen krusial bagi bisnis modern. Perusahaan perlu mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk keandalan, keamanan, dan skalabilitas dari infrastruktur tersebut. Salah satu konsep yang sedang naik daun dalam lingkup infrastruktur IT adalah penggunaan bare metal server.

 

Penggunaan bare metal server sejatinya mirip dengan memiliki server fisik yang dikelola secara mandiri. Bedanya, bare metal bekerja pada ruang lingkup virtual yang dapat memberikan banyak kemudahan. Melalui artikel ini kita akan memahami apa itu bare metal server, apa saja keunggulannya, dan bagaimana bare metal server bisa berkaitan dengan efisiensi biaya infrastruktur IT.

 

Apa Itu Bare Metal Server?

Bare metal server adalah sebuah server fisik yang berjalan pada lingkungan komputasi virtual yang menyediakan akses langsung ke perangkat keras fisik tanpa lapisan virtualisasi tambahan. Dalam hal ini, server fisik secara eksklusif diperuntukkan bagi satu pengguna atau satu organisasi. Ini berbeda dengan pendekatan virtualisasi yang umum ditemui dalam lingkungan cloud computing sepertinya virtual private server (VPS) maupun lainnya.

 

Pada sistem bare metal server, server fisik dan seluruh sumber dayanya dialokasikan khusus kepada satu pengguna. Disini server fisik tersebut memiliki semua karakteristik dari sebuah layanan cloud seperti on-demand, self service, broad network access, resource pooling, rapid elasticity, dan measured service. Bare metal dapat menjadi solusi bagi berbagai industri, terutama layanan perbankan, kesehatan, content provider, ataupun penyedia layanan hosting yang membutuhkan dedicated hardware dan mampu menampung workload dalam jumlah besar.

 

Efisiensi Biaya Infrastruktur IT dengan Bare Metal

Bagaimana bare metal server berkaitan dengan efisiensi biaya infrastruktur IT? Jawabannya terletak pada perbandingan antara penggunaan bare metal server dan server mandiri (on-premise). Meskipun server on-premise sendiri memiliki beberapa kelebihan misalnya dari segi privasi, terdapat banyak situasi di mana bare metal server menjadi pilihan yang lebih efisien bagi pengguna, khususnya dari segi efisiensi biaya.

 

Salah satu aspek utama yang memengaruhi efisiensi biaya dari penggunaan bare metal server adalah pola penggunaan sumber daya. Dalam beberapa kasus, ketika aplikasi atau beban kerja memiliki kebutuhan sumber daya yang konsisten dan tinggi, bare metal server dapat menjadi solusi yang lebih hemat biaya dibandingkan server on-premise yang membutuhkan biaya investasi sangat besar. Dengan bare metal server, perusahaan atau bisnis dapat menghindari biaya pengadaan, biaya maintenance, dan perawatan, serta biaya lain yang mungkin akan muncul. Karena dengan menggunakan bare metal server yang berjalan pada cloud, proses ini biasanya akan diserahkan pada penyedia layanan.

 

Namun, penting untuk diingat bahwa efisiensi biaya infrastruktur IT tidak selalu berlaku dalam semua skenario. Situasi dan kebutuhan bisnis akan mempengaruhi keputusan antara menggunakan bare metal server atau server on-premise. Penting untuk melakukan analisis mendalam terhadap beban kerja, kebutuhan sumber daya, dan keuangan perusahaan sebelum membuat keputusan yang tepat untuk infrastruktur IT.

 

Kelebihan Bare Metal Server

Setelah memahami pengertian dasar tentang bare metal server dan hubungannya dengan efisiensi biaya infrastruktur IT, saatnya untuk menjelajahi lebih dalam mengenai konsep ini dan mengapa bare metal server menjadi pertimbangan yang penting dalam menentukan infrastruktur IT yang tepat.

 

  1. Performa dan Keandalan yang Tinggi

    Bare metal server menawarkan performa dan keandalan yang tinggi karena akan mendapat akses langsung ke server fisik. Dalam lingkungan bare metal, sumber daya komputasi yang tersedia secara eksklusif digunakan oleh satu pengguna atau organisasi.

    Hal ini menghasilkan performa yang konsisten dan tidak terpengaruh oleh pengguna lain. Dalam beberapa kasus, misalnya seperti aplikasi dengan kebutuhan I/O (Input/Output) intensif, bare metal server dapat memberikan keuntungan yang signifikan dibandingkan dengan menggunakan jenis layanan cloud lainnya.

     

  2. Kontrol Penuh

    Bare metal server memberikan kontrol penuh kepada pengguna atas konfigurasi perangkat keras dan sistem operasi yang digunakan. Ini memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan lingkungan sesuai kebutuhan dan memaksimalkan performa aplikasi mereka. Termasuk kebutuhan untuk menginstal aplikasi pihak ketiga maupun melakukan virtualisasi diatas server tersebut.

    Selain itu bare metal juga bisa dikustomisasi untuk kebutuhan yang membutuhkan perangkat keras khusus, seperti GPU untuk keperluan komputasi intensif maupun penerapan AI dan machine learning. Bare metal server dapat menjadi solusi yang lebih baik karena biasanya server bare metal juga bisa dikustomisasi dengan sebuah GPU pada server.


    Baca juga: Mengenal NEO Metal dengan GPU, Bisa Apa Saja Sih?
     

  3. Lebih efisien

    Meskipun bare metal server mungkin tidak sefleksibel layanan cloud lain dalam hal skalabilitas dan elastisitas. Ada solusi yang dapat digunakan untuk mencapai tingkat skalabilitas yang diperlukan. Misalnya, dengan kombinasi bare metal dan virtualisasi dimana resource pada server di virtualisasi ke beberapa server virtual sehingga membuat penggunaan sumber daya server lebih efisien. Sehingga dapat memperluas kapasitas infrastruktur dengan cepat dan efisien sesuai kebutuhan bisnis.


    Baca juga: 4 Software Virtualisasi Terbaik Untuk Membuat Mesin Virtual
     

  4. Lebih aman jika dibanding layanan cloud lainnya

    Bare metal server menawarkan tingkat privasi yang lebih aman dibandingkan dengan layanan server lainnya. Dengan akses eksklusif ke perangkat keras fisik, pengguna bare metal server tidak perlu khawatir tentang "noisy neighbor" yang dapat mengganggu kinerja atau mengancam keamanan data mereka. Isolasi fisik yang diberikan oleh bare metal server menghilangkan risiko interferensi yang mungkin timbul dari pengguna lain yang mungkin dapat terjadi pada penggunaan VPS.

    Selain itu, bare metal server juga memberikan kendali penuh atas konfigurasi keamanan sistem. Dalam lingkungan bare metal, perusahaan memiliki kebebasan untuk mengoptimalkan dan menyesuaikan langkah-langkah keamanan sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan kontrol penuh atas konfigurasi keamanan, perusahaan dapat menerapkan firewall yang kuat, mengatur pengaturan jaringan yang aman, dan mengadopsi langkah-langkah keamanan lainnya untuk melindungi data mereka dari ancaman potensial.


Dukung Bisnis dengan menggunakan Bare Metal Server

Bare metal server adalah solusi infrastruktur IT yang menawarkan performa tinggi, kontrol penuh, dan kustomisasi yang lebih tinggi. Penggunaan bare metal server dapat menghasilkan efisiensi biaya dalam situasi yang membutuhkan performa server yang tinggi dan konsisten. Kombinasi cerdas antara bare metal server dan teknologi cloud computing dapat membantu perusahaan mencapai efisiensi biaya infrastruktur IT yang optimal, sesuai dengan kebutuhan bisnis yang beragam.

 

Biznet Gio sebagai penyedia layanan cloud dengan solusi terlengkap untuk membantu bisnis semakin berkembang. Dengan berbagai pilihan layanan server mulai dari hosting, VPS, hingga bare metal server lengkap dengan beragam add-ons sesuai kebutuhan. Untuk layanan bare metal, Biznet Gio menyediakan NEO Metal, layanan bare metal yang menggunakan hardware terbaru.

 

 

NEO Metal menggunakan HPE ProLiant Gen 10 yang ditenagai Intel Xeon dan AMD EPYC hingga 128 core thread serta pilihan RAM hingga 128 GB dan ditemani SSD enterprise grade 480x2 GB yang bisa diupgrade sesuai kebutuhan. NEO Metal juga dilengkapi opsi GPU menggunakan GPU NVIDIA T4 16 GB atau NVIDIA L4 24GB untuk mendukung kebutuhan AI dan machine learning. Dari sisi network, NEO Metal dilengkapi bandwidth gratis hingga 10 Gbps tanpa kuota traffic dan tanpa biaya tambahan lainnya. Dapatkan NEO Metal sekarang juga dengan harga spesial dibawah 5 jutaan. Konsultasikan apapun kebutuhan cloud-mu dengan menghubungi tim expert kami melalui sales@biznetgio.com.