news image
news 3 April 2024

Apa itu Private Cloud? Definisi, Kelebihan dan Perbedaan Public Cloud

 

Di era digitalisasi seperti sekarang ini, penyimpanan data menjadi prioritas yang cukup penting dan perlu diperhatikan. Pasalnya, kemajuan teknologi dan internet juga dibarengi dengan kejahatan cyber yang menyebabkan kebocoran data, hingga akhirnya mengakibatkan kerugian pada perusahaan maupun bisnis.

 

Maka dari itu, memutuskan menggunakan penyimpanan data adalah keputusan yang tepat, salah satu pilihannya adalah menggunakan private cloud. Layanan penyimpanan data sendiri terdapat dua macam yaitu, public cloud dan private cloud. Jika kamu ingin menyimpan dan mengolah data secara pribadi maka, private cloud bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Lalu, apa itu private cloud? Dan apa saja kelebihannya jika menggunakan private cloud? Buat kamu yang tertarik untuk menggunakan private cloud, simak ulasan pada artikel ini selengkapnya.

 

Apa itu Private Cloud?

Private cloud adalah jenis atau model layanan cloud computing yang digunakan untuk menyimpan data. Model penyimpanan data ini bersifat single tenant. Karena itu, private cloud hanya bisa diakses oleh satu perusahaan yang menggunakannya saja.

 

Dengan begitu, private cloud menjadi model penyimpanan yang lebih mudah dikelola dan dikustomisasi secara pribadi sesuai dengan kebutuhan perusahaan maupun personal. Sehingga, keamanan data pun jadi lebih terjamin dan meminimalisir terjadinya serangan cyber.

 

Lebih lanjut, private cloud berbeda dengan public cloud, biasanya memberikan layanan dan dapat diakses oleh beberapa organisasi atau kepada banyak pengguna.

 

Selain itu, dibandingkan dengan public cloud, private cloud lebih banyak digunakan oleh lembaga resmi seperti pemerintahan, instansi, atau organisasi penting.

 

Kelebihan Private Cloud

Setelah mengetahui definisi private cloud dan juga sedikit perbedaannya dengan public cloud, mungkin kamu bertanya-tanya lalu apa sih kelebihan dari penggunaan private cloud?  

Dengan mengetahui kelebihan private cloud, kamu bisa mempertimbangkan dan menyesuaikan kebutuhan perusahaan atau organisasi-mu. Nah, tanpa berlama-lama berikut kelebihan penggunaan private cloud yang perlu kamu ketahui:

 

  1. Tingkat Keamanan Tinggi

    Kelebihan private cloud yang pertama adalah tingkat keamanan tinggi. Apalagi private cloud memiliki fitur yang berfungsi untuk membatasi akses untuk perusahaan atau organisasi yang menyewa saja. Kemudian, private cloud juga dilengkapi dengan infrastruktur fisik sehingga perusahaan dapat mengelola dan mengontrol secara penuh pada server, network dan keamanannya.
     

  2. Penyimpanan Jangka Panjang

    Private cloud juga memiliki kelebihan untuk digunakan sebagai cloud atau penyimpanan dalam jangka panjang. Pasalnya, jika digunakan dalam jangka panjang justru private cloud akan memberikan keuntungan yang lebih besar kepada perusahaan. Hal tersebut disebabkan private cloud akan jauh lebih murah dibandingkan dengan public cloud, apalagi jika perusahaan sudah memiliki hardware dan network hosting sendiri.
     

  3. Mudah Dikonfigurasikan

    Berikutnya, kelebihan private cloud juga mudah dikonfigurasikan, karena memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi dibandingkan dengan public cloud. Kelebihan inilah yang membuat private cloud memungkinkan untuk dikonfigurasikan dan dapat dikontrol sepenuhnya oleh perusahaan atau organisasi yang menggunakannya.

    Lebih lanjut, dengan private cloud juga memungkinkan perusahaan untuk mengatur infrastruktur server sesuai dengan spesifikasi sesuai kebutuhan, karena biasanya perusahaan memiliki persyaratan teknis seperti, ukuran, tujuan, jenis industri dan lain-lain.
     

  4. Harga yang Dapat Dikendalikan

    Penggunaan private cloud yang bersifat single tenant menyebabkan harga atau biaya investasinya lebih transparan dan bisa diprediksi.. Sebab, biaya yang keluar nantinya akan disesuaikan dengan server yang digunakan, serta tambahan penyimpanan, selain itu beberapa penyedia private cloud juga membebaskan pelanggan dari biaya egress seperti misalnya layanan Gio Enterprise Private dari Biznet Gio. 

 

Perbedaan Private Cloud dan Public Cloud

Dari penjelasan sebelumnya, sudah disinggung mengenai beberapa perbedaan private cloud dan public cloud. Agar mudah dipahami, kamu bisa menyimak tabel perbedaan antara keduanya, berikut ini:  

 

Perbedaan

Web Hosting

VPS

AksesibilitasSingle tenant, penggunaan server hanya digunakan oleh satu pengguna. Multi tenant, karena bersifat resource pool, resource pada server akan bisa digunakan secara bersama-sama oleh banyak pengguna. 
KeamananKeamanan lebih tinggi karena kontrol yang lebih besar atas sumber daya fisik dan akses terbatas. Keamanan tergantung pada kebijakan dan langkah keamanan yang diberlakukan oleh penyedia layanan.  
BiayaBiaya awal yang lebih tinggi karena investasi dalam infrastruktur dan biaya operasional. Biaya lebih rendah karena dibagi antara banyak pengguna dan biasanya berbasis langganan atau penggunaan. 
SkalabilitasSkalabilitas terbatas oleh infrastruktur yang dimiliki. Skalabilitas yang lebih tinggi karena memiliki akses ke sumber daya yang tidak terbatas dari penyedia cloud.
KontrolPengguna memiliki kontrol penuh atas konfigurasi dan manajemen sumber daya. Kontrol sebagian besar dipegang oleh penyedia layanan cloud. 
FleksibilitasKurang fleksibel karena terbatas oleh infrastruktur internal yang mendasarinya. Lebih fleksibel karena dapat menyesuaikan sumber daya sesuai dengan permintaan.  
Kecepatan ImplementasiMungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk implementasi karena memerlukan pembangunan infrastruktur. Implementasi lebih cepat karena tidak memerlukan pembangunan infrastruktur fisik. 

 

Setiap perbedaan private cloud dan public cloud memiliki konsep dan fungsi yang berbeda. Hal ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan untuk mengoptimalkan dan mengembangkan bisnis. Kedua model cloud computing ini tentunya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga, pemilihan antara keduanya harus memperhitungkan kebutuhan spesifik, anggaran, dan kebijakan keamanan organisasi.

 

Baca juga: Apa itu Public Cloud? Definisi, Fungsi, dan Kelebihan

 

Optimalkan Bisnis dengan Private Cloud!

Setelah menyimak ulasan lengkap mengenai private cloud mulai dari definisi, kelebihan dan juga perbedaannya dengan public cloud, dapat disimpulkan bahwa penggunaan cloud computing satu ini akan memudahkan perusahaan untuk mengkustomisasi kebutuhan teknologi, dan juga mengontrol penuh infrastruktur sesuai dengan kebutuhan IT perusahaan.

 

Penggunaan private cloud juga sangat menguntungkan perusahaan, karena kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, serta penyimpanan data juga dilindungi dengan keamanan tinggi, jadi data yang disimpan memang benar-benar terjaga rahasianya dan hanya dapat diakses oleh perusahaan yang menyewanya.

 

Nah, jika ingin memiliki dan merancang sebuah private cloud, ada pilihan yang lebih cepat dan mudah yaitu menggunakan layanan berbasis Baremetal, dimana provisioning dan juga pengelolaan data center dan jaringan sudah tidak lagi menjadi kerumitan tetapi dari sisi privasi memiliki infrastruktur yang terdedikasi.

 

Pada layanan Biznet Gio telah tersedia beberapa pilihan skema baremetal baik yang self service seperti NEO Metal hingga baremetal dengan skema enterprise yaitu GIO Enterprise Private. NEO Metal merupakan layanan bare metal as a service yang dirancang khusus untuk bisnis retail dengan provisioning instan, pengelolaan mudah, dan harga yang terjangkau. Layanan ini memiliki arsitektur jaringan spine-leaf yang memberikan redundansi jaringan untuk memastikan layanan selalu bisa diakses.

 

Memiliki hardware HPe ProLiant generasi terbaru, pilihan prosesor AMD EPYC atau Intel Xeon, RAM hingga 256 GB, SSD kecepatan tinggi yang bisa ditingkatkan sepuasnya, serta opsi tambahan dengan GPU NVIDIA. NEO Metal siap digunakan untuk berbagai kebutuhan komputasi yang membutuhkan workload besar. 

 


Gio Enterprise Private menggunakan dedicated server generasi terbaru dengan komputasi prosesor Intel Xeon Gold serta memiliki kelebihan dapat langsung mengunakan fitur VMware vSphere enterprise. Ditujukan untuk skala industri dan enterprise yang membutuhkan solusi private cloud yang lebih kompleks dan terintegrasi dengan sistem IT yang sudah ada. Cocok untuk membantu mengoptimalkan bisnis karena benefit yang ditawarkan seperti:

 

  1. Dedicated server yang dilengkapi VMware vSphere Enterprise Plus Edition ESXi Server. 
  2. Penyimpanan standar enterprise berkecepatan tinggi mulai dari 2.500 IOPS.
  3. Integrasi skema hybrid yang memungkinan integrasi dengan mesin virtual on-premise atau co-location.

 

Dengan benefit di atas, dapat dipastikan bahwa GIO Enterprise Private mampu mendukung bisnismu dengan menyediakan layanan yang berkualitas dan terpercaya!

 


Untuk informasi lebih lengkap mengenai layanan GIO Enterprise Private kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com.