news image
news 10 Februari 2023

Mengenal Proxy Server: Pengertian, Manfaat, hingga Jenis-Jenisnya

Internet merupakan hal yang sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Saat ini, hampir seluruh kegiatan mengandalkan internet, mulai dari sekolah, bekerja, hal-hal yang berkaitan dengan rumah tangga, maupun sekadar hiburan semata. Alhasil, hampir semua orang mengakses internet untuk mencari informasi apapun.

 

Namun, semakin banyaknya pengguna internet, maka semakin besar pula munculnya risiko terjadi kejahatan dan pencurian data di internet. Inilah mengapa peran proxy server penting untuk memberikan keamanan. Ingin tahu lebih lanjut mengenai proxy server? Simak ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini, yuk!!

 

Apa itu Proxy Server?

Sebelum mengenal proxy server, kamu perlu untuk mengetahui apa itu proxy terlebih dahulu. Proxy merupakan sistem yang menengahi pengguna dan internet untuk menyembunyikan identitas asli pengguna. Jadi, data yang dikirim ke website tujuan akan menggunakan alamat IP dari proxy server.

 

Kemudian, untuk menjalankan tugas di atas, proxy membutuhkan sebuah server di mana disebut dengan proxy server. Proxy server merupakan perangkat komputer atau software atau sistem yang berfungsi untuk memproses permintaan menggunakan proxy dan bekerja sebagai perantara jaringan bagi pengguna dan server tujuan. 

 

Jadi, pengguna saat mengakses internet atau website tidak langsung ke website tujuan karena akan melalui server terlebih dahulu. Menggunakan proxy juga membuat aktivitas yang dilakukan menggunakan internet akan lebih aman karena informasi pengguna akan disamarkan dengan bantuan proxy tersebut.

 

Kehadiran proxy server juga efektif untuk digunakan sebagai gateway di mana nantinya semua koneksi yang dilakukan akan sesuai dengan setting yang ditetapkan.

 

Adapun proxy server biasanya digunakan untuk mengamankan jaringan yang terhubung dengan jaringan publik. Dari proxy server biasanya server diletakkan di antara aplikasi server dengan aplikasi klien di mana aplikasi klien dapat berupa web browser, klien FTP, dan lainnya. Sedangkan aplikasi server berupa server FTP dan web server.

 

Proxy server bisa berupa sekelompok aplikasi atau server yang memblokir layanan internet umum. Sebagai contoh, proxy HTTP memotong akses web sedangkan proxy SMTP memotong akses terhadap email.

 

Apa fungsi Proxy Server?

  1. Connection sharing di mana proxy server berfungsi sebagai hub atau terminal.
  2. Filtering atau pemilah informasi. Transfer informasi menggunakan internet akan disaring agar dapat meminimalisasi serangan virus atau malware.
  3. Caching yang berarti data sementara dari aktivitas internet akan disimpan di server.
  4. Masking yang merupakan fungsi dari proxy server, yaitu menutupi atau menyembunyikan identitas pengguna, terutama alamat IP.

Apa manfaat Proxy Server?

Selain memiliki fungsi yang cukup penting, proxy server juga memiliki sejumlah manfaat seperti di bawah ini.

  1. Menjaga privasi pengguna

    Sesuai dengan fungsi masking, server proxy membuat alamat IP pengguna dapat disembunyikan dan diganti dengan IP dari proxy tersebut saat pengguna sedang berselancar di internet sehingga website tidak akan menerima atau mengetahui informasi pengguna.
     

  2. Mengakses website yang diblokir

    Proxy server dapat membuka akses konten-konten yang diblokir oleh provider tertentu. Hal ini disebabkan oleh cara kerja proxy server yang menyembunyikan IP pengguna sehingga secara otomatis permintaan akses ke server yang diblokir akan diizinkan. Karena tidak termasuk dalam IP yang ada di daftar blokir.
     

  3. Menghemat penggunaan bandwidth dan meningkatkan kecepatan

    Fungsi caching pada proxy server merupakan kemampuan proxy server dalam menyimpan cache. Alhasil, ketika pengguna ingin mengakses website yang pernah dituju, misalnya, proxy hanya perlu mengakses kembali dari cache. Karena tidak semua permintaan harus ditujukan ke server tujuan sebenarnya dan memulai dari awal sehingga dapat menghemat bandwidth sekaligus meningkatkan kecepatan.

 

  1. Mengontrol penggunaan internet

    Tak hanya dapat membuka akses blokir, proxy server juga dapat digunakan untuk menutup akses terhadap konten-konten yang tidak diizinkan segelintir orang untuk membuka. Misalnya saja dalam keluarga, orang tua dapat membatasi akses penggunaan ke website yang berbahaya atau tidak layak untuk diakses oleh umuran mereka. 

 

  1. Meningkatkan keamanan yang lebih baik

    Proxy server juga memiliki manfaat untuk meningkatkan keamanan dalam menggunakan internet. Sebab, proxy server mengatur seluruh data yang masuk dan keluar untuk disaring agar terlindungi dari virus dan malware, serta mengatur pertukaran data terenskripsi. Hal ini tentunya dapat mencegah pengguna asing memantau aktivitas pengguna lainnya di internet. 

 

Pengguna atau perusahaan juga dapat menggabungkan proxy server yang ia miliki dengan virtual private network (VPN) sehingga pengguna jarak jauh bisa selalu mengakses internet melalui proxy kantor.

Apa saja jenis-jenis Proxy Server?

  1. Anonymous proxy: jenis ini memberitahu situs web yang dituju bahwa pengguna menggunakan server proxy, tetapi tidak meneruskan alamat IP pengguna ke situs tersebut
  2. Transparent proxy: jenis ini memberitahu situs web yang dituju bahwa pengguna menggunakan server proxy dan mengirimkan IP address pengguna. 
  3. Distorting proxy: mirip dengan anonymous, alamat IP pengguna akan dimodifikasi menjadi sebuah alamat IP palsu saat menuju ke situs yang dituju.
  4. High anonymity proxy: jenis proxy paling anonim dan aman untuk mengakses hampir semua konten di internet karena proxy jenis ini secara berkala mengubah alamat IP samaran pengguna.
  5. Forward proxy: jenis yang paling sering digunakan. Jenis ini sebagai perantara antara sekelompok pengguna dengan internet melalui satu jalur koneksi.

Pilih jenis Proxy Server sesuai kebutuhan

Itulah ulasan lengkap mengenai proxy server yang perlu diketahui. Dengan berbagai fungsi, manfaat, hingga jenis, kamu bisa memilih proxy server yang tepat dengan menyesuaikan dengan kebutuhan. Perlu diingat, pilih juga layanan yang kredibel untuk menjaga keamanan, misalnya dengan memilih layanan VPS atau hosting terbaik dan tepercaya, seperti Biznet Gio.


Biznet Gio merupakan layanan penyedia cloud server dan hosting di Indonesia. Saat ini, Biznet Gio telah memiliki beragam sertifikasi keamanan terlengkap, jadi tidak hanya memiliki performa andal, tetapi juga memiliki standar keamanan terbaik. Adapun saat ini sertifikasi keamanan yang dimiliki Biznet Gio adalah ISO 27701 (standar manajemen informasi privasi), ISO 27017 (keamanan awan), ISO 27018 (privasi awan dan perlindungan data), ISO 27001 (keamanan privasi).


Sertifikasi-sertifikasi di atas turut melengkapi sertifikasi SOC 2 Type II (sertifikasi security trust services principle and criteria), PCI-DSS sebagai standar keamanan informasi kepemilikan payment card industry (PCI) internasional, serta sertifikasi ISO 9001 yang merupakan standar manajemen mutu kelas internasional.