news image
news 18 Mei 2023

Kenalan dengan Python: Bahasa Pemrograman Paling Populer

Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang digunakan oleh programmer atau developer untuk menginstruksikan komputer dalam menjalankan suatu tugas atau operasi tertentu. Dalam bahasa pemrograman, programmer dapat menulis kode yang berisi aturan dan sintaks. Ini nantinya akan diubah menjadi instruksi yang dipahami oleh komputer sehingga memunculkan aksi yang diinginkan.

 

Terdapat banyak bahasa pemrograman yang masing-masing berbeda secara kaidah penulisan, aturan, dan sintaksnya. Tipe bahasa pemrograman tertentu juga bisa digunakan untuk fungsi tertentu. Bahasa pemrograman sendiri biasanya digunakan untuk membuat software desktop maupun mobile, website, game dan sebagainya.

 

Terdapat berbagai bahasa pemrograman yang tersedia. Beberapa yang populer diantaranya JavaScript, Python, PHP, C#, TypeScript, HTML, dan CSS. Pada artikel kali ini kita akan membahas salah satu bahasa pemrograman populer yaitu Python. Apa itu Python, fungsi, dan kelebihannya? Berikut ini adalah penjelasannya.

 

Apa itu Python?

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang populer dan sering digunakan dalam pengembangan software, aplikasi web, data science, machine learning, game, dan lainnya. Dikembangkan oleh Guido van Rossum pada tahun 1989 di Belanda, Python menjadi bahasa pemrograman open source pada tahun 1991. Python memiliki sintaks yang mudah dipahami dan fleksibel, sehingga cocok digunakan oleh orang yang baru belajar bahasa pemrograman.

 

Guido van Rossum bekerja di Centrum Wiskunde & Informatica (CWI) di Belanda ketika mengembangkan Python sebagai hobi, nama Python sendiri disadur dari acara TV Monty Python's Flying Circus. Python pertama kali dirilis ke publik pada tahun 1991 dengan rilis versi Python 0.9.0. Pada tahun 2000, Python versi 2.0 dirilis dengan banyak perbaikan dan fitur baru.

 

Pada tahun 2008, Python versi 3.0 dirilis dengan perubahan signifikan pada sintaks dan perpustakaan. Memberikan performa yang lebih baik dan perbaikan keamanan, serta banyak fitur baru, tetapi juga menyebabkan munculnya beberapa bug beberapa perubahan sintaks yang tidak kompatibel dengan Python 2 yang menyebabkan masih banyak pengguna Python yang belum beralih menggunakan Python 3.

 

Bahkan hingga Python 2 berhenti mendapatkan dukungan resmi masih banyak programmer yang menggunakan Python 2. Saat ini, Python 3 menjadi versi utama yang digunakan dan terus dikembangkan oleh komunitas developer Python. Python menjadi bahasa yang paling populer seiring dengan fleksibilitas dan kemudahan mempelajarinya.

 

Fungsi Python

Bahasa pemrograman Python banyak digunakan untuk mendukung software development, situs web, dan lainnya. Apa saja yang bisa dilakukan oleh Python? Berikut adalah beberapa di antaranya:

 

  1. Software

    Python terkenal digunakan untuk membuat aplikasi baik untuk desktop maupun mobile yang sering kita gunakan. Beberapa software yang dibuat menggunakan Python antara lain: Google, YouTube, Instagram, Reddit, Spotify, Dropbox, dan Quora.

     

  2. Web Development

    Python juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi web dan website yang intuitif dengan menggunakan bantuan framework seperti Django, Flask, dan Pyramid.

     

  3. Data Science dan Machine Learning

    Python memiliki library yang lengkap untuk menangani kebutuhan data science, machine learning, dan AI seperti TensorFlow, NumPy, SciPy, Pandas, Matplotlib, Keras, SciKit-Learn, dan PyTorch.

     

  4. Game Development

    Python dapat digunakan untuk membuat game dengan menggunakan library seperti Pygame, PyOpenGL, dan Panda3D. Beberapa game terkenal yang dibangun menggunakan Python adalah Battlefield, The Sims, dan Pacman.

     

  5. Automasi tugas dan Scripting

    Python dapat digunakan untuk mengotomatisasi tugas-tugas tertentu pada komputer serta membuat skrip yang dapat menjalankan tugas-tugas tertentu pada sistem operasi seperti Linux dan Windows. Pembuatan script ini dapat dilakukan dengan menggunakan library seperti PyAutoGUI, Selenium, BeautifulSoup, dan Requests.

 

Kelebihan Python

Kelebihan utama dari Python adalah mudah untuk dipelajari, tapi bukan itu saja kelebihan Python. Berikut adalah beberapa diantara kelebihannya.

 

  1. Mudah dipelajari

    Seperti yang sudah dibahas di awal. Python sangat populer karena mempunyai kaidah penulisan dan sintaks yang mudah dipahami dan dipelajari bahkan jika kamu adalah pemula. Bahkan untuk programmer sekalipun bahasa ini sering dijadikan bahasa favorit.

     

  2. Fleksibel

    Pada poin fungsi Python kita sudah membahas beberapa fungsi Python. Berdasarkan pembahasan tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa Python sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan, seperti pengembangan software, web development, data science, dan sebagainya.

     

  3. Open source

    Python bersifat open-source, artinya siapa saja dapat menggunakan, memodifikasi, dan mendistribusikan bahasa pemrograman ini secara bebas dan gratis.

     

  4. Library lengkap

    Python memiliki pilihan library yang lengkap dan beragam dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhannya seperti yang sudah kita bahas sebelumnya.

     

  5. Kompatibel dengan banyak sistem operasi

    Python mendukung dan dapat dijalankan di berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan Linux termasuk distribusinya. Selain itu bahasa ini dapat digunakan cross-platform sehingga jadi lebih fleksibel.

     

  6. Mudah dibaca dan dipahami

    Kode dan sintaks pada Python mudah dibaca dan dipahami karena mirip bahasa manusia. Hal ini bisa membantu pengguna agar lebih mudah mengenal dan memperbaiki sintaks maupun kode yang sudah ditulis.

     

  7. Komunitas yang besar

    Sebagai bahasa pemrograman paling populer, Python memiliki dukungan komunitas yang besar dan aktif. Jadi jika seandainya kamu menemukan masalah, kamu dapat dengan mudah mendapatkan dukungan dan bantuan dari sesama pengguna Phyton.

     

  8. Objek-oriented Programming (OOP)

    Python mendukung pemrograman yang berorientasi objek, dimana desain software akan dilakukan di sekitar data, atau objek, bukan dari fungsi dan logika. Hal ini menyebabkan Python lebih modular dan mudah dipelihara.

 

Cara Menggunakan Python

Python bisa digunakan dengan berbagai cara mulai dari menggunakan terminal atau command prompt, melalui Integrated Development Environment (IDE), maupun menggunakan platform pihak ketiga seperti salah satunya layanan NEO Code dari Biznet Gio.

 

NEO Code merupakan web-based sehingga bisa diakses dari mana saja dan dengan perangkat apa saja melalui browser dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan apapun. NEO Code memiliki fitur yang lengkap seperti auto-save, IntelliSense yang akan memberikan saran kata berdasarkan huruf yang diketik, memiliki integrasi untuk push code ke GitHub, dan fitur Run and Debugging yang memudahkan pengguna untuk edit, compile, dan execute code.

 

NEO Code dapat digunakan secara GRATIS melalui BGN Lab. Platform layanan eksperimental dari Biznet Gio. Daftar sekarang juga melalui Portal BGNLab dan dapatkan gratis storage 2 GB. Temukan juga layanan menarik lainnya dari BGN Lab seperti NEO Sense, layanan monitoring server yang juga bisa digunakan secara GRATIS. Ayo kunjungi BGN Lab sekarang.