news image
news 13 September 2022

User Interface (UI) adalah hal yang paling esensial dalam sebuah website atau aplikasi baik itu untuk desktop ataupun mobile. Bagaimana tidak, UI pada sebuah produk baik aplikasi maupun website menjadi sangat penting karena dengan UI pengguna bisa berinteraksi dengan produk tersebut. Dalam web development terdapat dua istilah yang sering digunakan yaitu back-end dan front-end. Back-end merupakan pengembangan web pada sisi server yang berurusan dengan database dan server, sedangkan front-end bekerja di sisi pengguna atau istilahnya client-side. Front-end bekerja untuk memastikan setiap elemen yang ditampilkan pada website atau aplikasi dapat berinteraksi dengan pengguna sebagaimana mestinya.

Melalui artikel ini kamu akan mengetahui apa itu React JS serta apa saja kelebihan dari React JS.

Apa Itu React JS

React JS merupakan library JavaScript yang digunakan untuk membuat user interface (UI) website. React JS berisi library kode-kode JavaScript yang juga berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat web development. React JS dikembangkan oleh Meta atau pada awal pengembangannya bernama Facebook. karena itu keluarga dari Meta juga menggunakan React JS misalnya seperti Instagram dan WhatsApp.

Tujuannya adalah untuk memungkinkan developer dengan mudah membuat UI yang cepat untuk situs web. Konsep utama React JS adalah Document Object Model (DOM) virtual. Artinya, React JS adalah tree yang dibuat berdasarkan komponen JavaScript yang meniru tree dari DOM. React melakukan manipulasi DOM sesedikit mungkin untuk menjaga komponen React tetap bisa di-update.

React JS merupakan library JavaScript yang sangat populer karena digunakan oleh beragam platform populer seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Asana, Cloudflare, DropBox, BBC, Netflix, PayPal, Reddit, Tesla, Uber, dan Zendesk.

Virtual DOM

Sebelumnya kita sudah bahas sedikit tentang Document Object Model (DOM). Library JavaScript ini menggunakan salinan dari DOM yang disebut Virtual DOM. DOM standar adalah cara menyajikan file XML dan HTML yang menentukan struktur logis dokumen dan metode untuk mengakses serta menanganinya. Virtual DOM memiliki properti yang sama dengan DOM asli, tetapi tidak secara langsung mengaplikasikan perubahan.

React menggunakan komponen yang memiliki state. Saat state berubah, React memperbarui Virtual DOM lalu membandingkannya dengan versi sebelum state berubah dan menggunakan algoritma yang dioptimalkan dengan baik untuk menjaga semuanya berjalan dengan cepat. Singkatnya, menggunakan Virtual DOM memungkinkan interface untuk memperbarui data yang dibutuhkan setiap kali terjadi perubahan, tanpa harus mengubah seluruh halaman, perubahan menyeluruh biasanya lebih memakan waktu.

Untuk lebih mudah memahami konsep Virtual DOM, misalnya pada pembangunan sebuah rumah dan kamu ingin mengubah sedikit bagian dari rumah, kamu bisa saja hanya mengubah bagian yang ingin diubah alih-alih membangun semua dari awal. Solusi itulah yang diberikan React melalui virtual DOM.

Fitur Utama React JS

React JS dikenal karena memberikan library yang lengkap dan dapat digunakan berbarengan dengan HTML, selain itu React JS juga memiliki template material-ui dan core-ui yang lengkap. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah tiga fitur utama dari React JS.

  • Declarative

    React dapat membantu membuat tampilan UI yang interaktif lebih mudah. Rancang tampilan UI yang simpel untuk setiap state pada website, dan React akan secara efisien memperbarui dan me-render komponen yang tepat saat data state berubah. Tampilan declarative membuat kode yang ingin ditulis lebih dapat diprediksi dan lebih mudah untuk di-debug.
  • Component-Based

    Bisa membantu developer untuk membangun Encapsulated Component yang mengelola statusnya sendiri, lalu Encapsulated Component tersebut disusun untuk membuat tampilan UI yang lebih kompleks. Karena logika komponen ditulis dalam JavaScript alih-alih template, Penggunaan React dapat dengan mudah meneruskan rich data melalui aplikasi dan menjauhkan status dari DOM.
  • Learn Once, Write Anywhere

    React tidak membuat asumsi tentang sisa stack pengguna, sehingga pengguna dapat mengembangkan fitur baru di React tanpa menulis ulang kode yang ada. React juga dapat me-render di server dengan menggunakan Node dan menjalankan aplikasi seluler menggunakan React Native.

Kelebihan React JS

React JS mampu memberikan berbagai kemudahan dalam web development. Untuk lebih lengkapnya berikut adalah ringkasan dari kami:

  • Mudah Dipelajari

    React JS merupakan bagian dari bahasa pemrograman JavaScript yang memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang populer, jadi jika seandainya kamu sudah familiar dengan JavaScript maka untuk beradaptasi dengan React JS bisa lebih mudah. React JS bukan merupakan framework dan hanya berfokus pada satu hal dan menyebabkan sistem pengembangan lebih efisien. React JS selain itu juga mempunyai video tutorial, blog, dan komunitas yang bisa mendukungmu untuk lebih cepat memahami library ini.
  • Memiliki Fleksibilitas dan Kompatibilitas Tinggi

    React JS dapat mempermudah web development karena React adalah salah satu library yang mudah dipahami dan dapat dengan mudah diaplikasikan ke berbagai platform. Semua itu kemudian menjadi bagian dari library secara default, dengan tujuan utama membuat elemen dan komponen desain web terpisah. Selain itu, karena memiliki komunitas yang luas dan telah lama berdiri, komunitas React JS memiliki kontribusi yang signifikan terhadap pengguna React JS.
    Ekosistem React saat ini sangat luas sehingga memungkinkan developer untuk membuat berbagai aplikasi web dan website menggunakan React JS. Selanjutnya React JS mampu menghasilkan website statis, menangani rendering server, dan mengintegrasikan konsep teknologi terbaru seperti AI/ML hingga VR pada website apapun yang sedang dibangun.
  • Penggunaan HTML di JavaScript

    Dengan menggunakan JSX, pengguna dapat menulis kode dengan lebih sederhana karena bisa mengkombinasikan HTML dan JavaScript. Dengan React JS, kode dapat ditulis menggunakan sintaks HTML langsung dalam kode JavaScript. Pada keadaan sebenarnya JSX bukanlah HTML, melainkan JavaScript yang terlihat seperti HTML.
    Manipulasi DOM bisa lebih efisien menggunakan JSX. Developer dapat membuat kode yang rapi dan dapat di-maintenance dengan meneruskan komponen HTML dan React JS ke dalam struktur tree browser. Website yang dibangun menggunakan  React JS lebih cepat dan lebih efisien berkat JSX dan Virtual DOM. Framework dan library lain juga dapat digunakan dengan JSX.
  • Komunitas Besar

    React JS secara aktif didukung oleh spesialis yang bekerja langsung pada sistem perangkat lunak Facebook. Library ini pada awalnya memang dibangun untuk Facebook, hal ini sudah cukup jadi alasan mengapa kamu harus menggunakan React JS untuk web development. Elemen-elemen pada React telah diuji coba dengan baik yang merupakan inti dari solusi perangkat lunak paling terkenal di dunia. Kamu juga bisa menemukan blog dari React yang berisi insight serta update terbaru mengenai React.

Jalankan Aplikasi-mu di Cloud Server Indonesia

Dengan menggunakan React JS, kamu bisa membuat website dan aplikasi web yang lebih cepat dengan performa optimal. Selain itu memiliki layanan server yang dedicated juga sebuah keharusan untuk memastikan website dan aplikasi web yang kamu bangun lebih reliabel, karena itu kamu harus menggunakan layanan server dengan OpenStack dari Biznet Gio yaitu NEO Virtual Compute. Layanan cloud server ini tersedia di beberapa multi zones di Indonesia dengan gratis Inter-DC Link dan gratis bandwidth up to 10 Gbps untuk mendukung High Availibility (HA). NEO Virtual Compute mampu untuk menjalankan aplikasi, server database, dan website dengan traffic tinggi dan bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp340/jam. Didukung dengan layanan customer support 24/7 yang selalu siap untuk menjawab permasalahan teknis apapun terkait layanan untuk memaksimalkan performa aplikasi maupun website milikmu. Kunjungi Portal Biznet Gio atau hubungi support@biznetgio.com.