news image
news 27 Juli 2022

Softaculous adalah auto-installer yang bisa digunakan untuk menginstal berbagai macam aplikasi gratis ataupun open-source dengan mudah hanya dengan satu klik. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan instalasi CMS maupun software pendukung hosting dan website dengan mudah.

Secara manual, instalasi script ataupun software pada hosting membutuhkan waktu dan pengetahuan teknis tingkat lanjut. Namun dengan Softaculous semua instalasi tersebut dapat dilakukan dengan mudah. Melalui artikel ini, kita akan membahas apa itu Softaculous, keunggulan, cara instalasi, serta cara akses Softaculous.

Apa Itu Softaculous?

Softaculous mempermudah instalasi aplikasi dan script untuk hosting dan website. Jika sebelumnya membutuhkan pengetahuan teknis serta melakukan pengunduhan aplikasi yang diinginkan kemudian melakukan pemasangan manual ke server dan tentu harus berbekal pengetahuan teknis. Namun dengan menggunakan Softaculous tidak dibutuhkan pengetahuan teknis karena instalasi bisa dilakukan hanya dalam satu klik.

Dengan menggunakan Softaculous kamu bisa menginstal CMS seperti WordPress, Joomla, dan Drupal ataupun aplikasi database, seperti phpMyAdmin ataupun MyWebSQL dengan mudah. Selain itu, tampilan pada Softaculous juga akan memudahkan pengguna karena setiap aplikasi atau script yang tersedia memiliki rating dan fitur unggulan dari aplikasi tersebut.

Kelebihan Softaculous

Dari penjelasan mengenai apa itu Softaculous ini bisa dipahami kalau Softaculous memberikan kemudahan instalasi aplikasi ataupun script ke server. Namun bukan hanya itu saja kelebihan dari Softaculous, berikut adalah rinciannya:
  1. Direktori aplikasi yang berlimpah
    Softaculous secara total memiliki 381 aplikasi dan script yang bisa diinstal ke server dengan mudah. Mulai dari aplikasi atau script untuk blog, CMS, forum, social networking, manajemen iklan, toko online, email, dan lainnya. Semua aplikasi tersebut juga sudah dikelompokkan untuk mempermudah pencarian.
  2. Backup dan upgrade otomatis
    Dengan menggunakan Softaculous kamu juga bisa melakukan upgrade dan backup setiap aplikasi atau script yang diinstal dengan satu klik. Selain itu juga terdapat fitur auto-update yang bisa mempermudah instalasi pembaruan aplikasi ataupun script tersebut.
  3. Fitur WordPress Manager untuk mengelola website berbasis WordPress
    WordPress Manager adalah cara mudah untuk mengelola website berbasis WordPress, dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa dengan mudah melakukan update versi WordPress, mengelola themes dan plugin yang terpasang, mengaktifkan cron, serta mengaktifkan kapabilitas website untuk ditemukan di mesin pencari.
  4. Kompatibilitas dengan berbagai control panel
    Softaculous kompatibel dengan berbagai control panel populer seperti cPanel, DirectAdmin, Plesk, H-Sphere, ISP System, Interworx, dan CentOS WebPanel. Selain kompatibilitas ke banyak control panel, integrasinya juga cukup mudah.
  5. Bisa digunakan secara gratis
    Softaculous bisa dipasang ke server tanpa biaya walaupun ada keterbatasan terhadap jumlah aplikasi atau script yang bisa diinstal yaitu 38. Jika ingin menggunakan versi premium dari Softaculous dengan total 381 script, pengguna bisa berlangganan Softaculous dengan biaya tahunan yang cukup murah.
 

Cara Instalasi Softaculous ke Server

Instalasi Softaculous cukup mudah, kamu hanya perlu mengizinkan firewall terhadap beberapa domain Softaculous kemudian akses server yang kamu miliki dengan SSH dan memasukkan beberapa command untuk lanjut instalasi. Pada contoh kali ini kita akan menjelaskan cara instal Softaculous ke server dengan control panel cPanel.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan instalasi:

  • Server dengan cPanel.
  • Allow acces pada firewall jika server terpasang firewall.
  • Pastikan ioncube sudah terpasang dan aktif. Jika belum kamu bisa mengikuti referensi ini. Pastikan pada Ioncube loader dipilih back-end copy PHP.

Untuk penjelasan rincinya adalah sebagai berikut:

  1. Izinkan firewall terhadap domain-domain berikut:

    192.198.80.3 #api.softaculous.com
    158.69.6.240 #s0.softaculous.com
    158.69.6.246 #s1.softaculous.com
    138.201.40.168 #s2.softaculous.com
    213.239.208.58 #s3.softaculous.com
    138.201.24.83 #s4.softaculous.com
    148.251.137.79 #s5.softaculous.com
    167.114.200.240 #s7.softaculous.com

  2. Akses SSH melalui cPanel kemudian masukkan command berikut:

    wget -N
    http://files.softaculous.com/install.sh
    chmod 755 install.sh ./install.sh

  3. Lalu akses Softaculous melalui WHM > Plugins (Add-Ons) > Softaculous – Instant Install.
  4. Jika sudah berhasil kamu bisa menemukan menu Softaculous pada cPanel.

Meskipun instalasi Softaculous sudah dilakukan, kamu belum tentu mendapatkan akses penuh ke semua script yang tersedia dan harus berlangganan untuk membuka semua script. Karena itu, kamu bisa berlangganan layanan hosting dari Biznet Gio yaitu NEO Web Hosting yang sudah termasuk lisensi cPanel dan Softaculous. NEO Web Hosting adalah hosting siap pakai yang langsung bisa dengan mudah kamu aplikasikan untuk membangun website ataupun memindahkan website ke layanan yang lebih cepat yaitu Biznet Gio.

Cara akses Softaculous di NEO Web Hosting

Kamu bisa mengakses Softaculous melalui cPanel yang sudah termasuk pada langganan NEO Web Hosting. Berikut adalah cara aksesnya:
  1. Masuk ke Portal Biznet Gio, masukkan username dan password yang sudah terdaftar.
  2. Setelah itu login ke cPanel melalui side menu NEO Web Hosting
  3. Masukkan kredensial cPanel
  4. Setelah masuk ke cPanel, scroll ke bawah hingga kamu menemukan sub menu Software dan pada daftar menu kamu akan menemukan Softaculous.
  5. Kemudian kamu bisa mengakses daftar script dan aplikasi pada Softaculous.
  6. Untuk menginstal script, kamu bisa mengklik script yang diinginkan, kemudian klik Install Now.
  7. Tunggu beberapa saat hingga script terinstal pada cPanel lalu script tersebut sudah bisa digunakan.

NEO Web Hosting sendiri merupakan layanan hosting yang tepat untuk mulai membangun website, termasuk lisensi cPanel dan Softaculous untuk kemudahan pengelolaan website, dengan benefit sertifikat SSL gratis untuk pengamanan website, gratis domain dan bandwidth. Dapatkan NEO Web Hosting melalui Portal Biznet Gio sekarang! Jika kamu masih memiliki pertanyaan kamu juga bisa hubungi kami melalui live chat di website Biznet Gio.