news image
news 16 Agustus 2022

Pada dasarnya pengertian user experience (UX) dapat dijabarkan sebagai pengalaman dan perasaan seseorang saat berinteraksi dengan suatu brand, terutama melalui platform digitalnya, seperti website atau aplikasi.

Dalam dunia pemasaran, aspek UX menjadi salah satu bagian penting dalam menunjukkan diferensiasi brand dengan memberikan pengalaman dan kepuasan kepada konsumen, terutama pada saat mereka berinteraksi dengan berbagai platform digital yang dimiliki. User experience yang baik tentu tidak akan mempersulit penggunanya untuk bisa mencapai tujuan mereka.

UX berbicara mengenai pengalaman seseorang, bukan hanya desain atau tampilan pada website. Maka penting untuk memahami apa itu user experience dan berdasarkan hal tersebut desainer dapat melangkah ke fase yang lebih teknis.

Terdapat banyak elemen yang berkontribusi untuk membuat pengalaman user menjadi lebih istimewa, seperti user interface, informasi yang mudah diakses, hingga fungsionalitas yang cepat dan aman. Walaupun aspek UI (user interface) tetap masuk ke dalam kategori UX, namun keduanya memiliki tujuan yang berbeda. Desain UI berfokus pada penampilan produk atau website, sedangkan UX sengaja dibentuk sedemikian rupa untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada user. UX berfokus pada kepuasan, sedangkan UI mengutamakan keindahan tampilan produk.

Dengan mengoptimalkan dan menyempurnakan seluruh aspek UX, tentu akan sangat berpengaruh terhadap pengalaman dan kesan akhir setiap pengguna. Apabila hal tersebut berhasil dipertahankan secara baik, tentu para pelanggan akan dengan senang hati berinteraksi dan menjadikan produk yang ditawarkan sebagai pilihannya.

Aspek Penting dalam Merancang UX

Untuk dapat merancang website yang atraktif sehingga pengguna dapat merasakan kepuasan pada saat mengaksesnya, tentu dibutuhkan pemahaman dan data yang jelas mengenai kebutuhan dan prioritas para calon pengunjung. Untuk itu, perlu dilakukan riset mendalam yang memungkinkan para desainer UX untuk dapat memilih dan memutuskan fitur apa saja yang dibutuhkan, dan memiliki relevansi dengan kebutuhan para calon pengunjung.

Beberapa macam aspek yang harus dipertimbangkan pada saat akan merancang suatu website, yaitu:

  • Usable

    Aspek utama yang harus diperhatikan dalam sebuah website adalah kualitas dalam fungsi dan penggunaan website. Pada aspek ini, UX designer harus mengutamakan kenyamanan pengguna pada saat mengakses website hingga melakukan berbagai macam aktivitas di dalamnya. Seorang UX designer juga harus mampu menjamin bahwa web design hasil kreasinya tidak membuat pengguna bingung atau bahkan terlihat tidak antusias dengan web yang disajikan. Apalagi sampai membuat pengguna berpikir bahwa website yang sedang diaksesnya merasa tidak kredibel karena aspek di dalam UX-nya tidak mendukung.
    Jika website sudah berhasil dibuat, segera lakukan pengujian pada beberapa orang untuk melihat secara langsung bagaimana kesan dan kepuasan mereka pada saat menggunakan website yang dikembangkan. Dari user testing tersebut, pengembang bisa kembali melakukan beberapa perbaikan untuk memastikan bahwa website telah memenuhi kebutuhan target pengguna.
  • Mudah diakses dan dijangkau

    Accessible menjadi aspek paling pertama yang akan dirasakan oleh para pengguna website. Jika website yang dikembangkan dapat diakses dengan cepat tanpa loading yang lama, tentu pengguna akan merasa senang. Begitu sebaliknya, jika website sulit diakses, bahkan sulit untuk ditemukan, tentu kesan yang akan mereka berikan akan sangat buruk. Oleh karenanya, pastikan website sudah terjamin dengan penggunaan hosting yang handal, memiliki kapasitas bandwidth yang besar, dan tentunya memiliki SEO yang baik.
  • Informatif

    Tujuan user mengunjungi suatu website tidak lain adalah untuk mendapatkan informasi dan jawaban akan hal yang ia butuhkan. Jika konten dari website tidak menjawab pertanyaan yang mereka cari, bagaimana mungkin dapat dikatakan UX friendly?
    Dalam merancang suatu website, pastikan juga menyusun isi konten dengan sistematis, terstruktur, dan mudah dimengerti agar pengunjung merasa nyaman saat berinteraksi dengan website. Strategi konten seperti penulisan juga penting untuk diperhatikan – sehingga membuat orang penasaran membaca dan mengerti apa yang disampaikan.
  • Desain yang simpel, menarik, dan konsisten

    Secara umum, tentu pengguna akan lebih dimudahkan saat membaca sebuah informasi dengan tampilan sederhana. Hal ini juga berlaku pada UI di dalam tampilan website. Hal ini dapat dilakukan dari aspek terkecil seperti pemilihan warna website, penggunaan jenis font, penempatan konten dan informasi, resolusi gambar yang digunakan, kelengkapan informasi, kontak yang bisa dihubungi, hingga tingkat responsivitas website. Pastikan seluruh aspek tersebut telah dipertimbangkan dan dilakukan uji coba sebelumnya, untuk mendapatkan hasil performa website yang optimal.
  • Kredibel

    Aspek yang juga memiliki pengaruh besar terhadap kesan akhir para pengguna website yaitu tingkat kredibilitas yang dinilai melalui pengalaman user saat menggunakannya. Aspek kredibel berbanding lurus dengan pengalaman yang dialami oleh setiap pengguna, untuk itu pastikan website telah memenuhi seluruh ketentuan yang telah dijelaskan sebelumnya.
    Menjaga konsistensi akan ketersediaan website yang usable, accessible, informative, dan juga credible memungkinkan perusahaan atau brand untuk mendapatkan berbagai macam keuntungan. Mulai dari menarik minat para pengguna, menonjolkan unique aspect diantara para kompetitor, hingga meningkatkan kesuksesan brand.

Keutamaan UX

Pengalaman pengguna atau user experience menjadi aspek yang tidak kalah penting untuk menarik dan menjaga minat pelanggan agar tetap memiliki kesan yang baik dengan website yang dimiliki. Beberapa keuntungan lain yang juga akan didapatkan, yaitu:

  • Insight mengenai karakteristik pengguna dan behavior-nya pada saat berinteraksi dengan website.
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan dalam jangka waktu yang panjang dengan terus menyempurnakan website dan produk.
  • Meningkatkan eksistensi dan kredibilitas brand atau perusahaan.

Penjabaran di atas diharapkan dapat memberikan gambaran secara umum pengertian user experience dan betapa pentingnya untuk mempersiapkan secara serius elemen ini dalam project pengembangan website ataupun aplikasi.

Sempurnakan UX dengan NEO WordPress

Salah satu cara untuk mendapatkan website yang mendukung user experience adalah NEO WordPress. Sebab, NEO WordPress memiliki banyak sekali template high-end yang bisa pengguna gunakan dan sesuaikan dengan mudah.

Untuk diketahui, NEO WordPress merupakan layanan hosting WordPress yang siap digunakan tanpa perlu repot melakukan instalasi, serta layanan ini dapat di scale-up kapan saja.

Tidak hanya dari segi user experience, layanan ini juga dirancang berjalan di cluster Kubernetes dengan skalabilitas dan ketersediaan tinggi sehinga memiliki performa yang optimal dan minim downtime. NEO WordPress juga sudah memiliki banyak fitur, mulai dari gratis domain, SSL, hingga bandwidth besar tanpa kuota.

Dapatkan NEO WordPress dengan harga 50 ribu per bulan dengan spesifikasi 2vCPU, 2 GB RAM, dan 10GB SSD Storage. Kunjungi Portal Biznet Gio atau hubungi sales@biznetgio.com sekarang! Jika kamu masih memiliki pertanyaan hubungi kami via live chat di website Biznet Gio.