news image
news 9 Juni 2023

Mengenal Fitur WordPress Toolkit pada cPanel

WordPress merupakan salah satu platform content management system (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia untuk membuat website. Menurut W3Techs, 43.2% website di dunia menggunakan website yang berbasis WordPress. Pada salah satu control panel populer cPanel, terdapat salah satu fitur yaitu WordPress Toolkit yang dapat digunakan untuk mengotomatiskan WordPress. Apa itu WordPress Toolkit, fungsi, dan cara menggunakannya? Melalui artikel ini kita akan mengetahui secara lengkap mengenai pengertian, fungsi, dan cara menggunakan WordPress Toolkit pada cPanel.

 

Apa itu WordPress Toolkit?

WordPress Toolkit adalah sebuah tool untuk mengelola instalasi dan pengelolaan WordPress dengan mudah dan efisien. Dengan WordPress Toolkit, pengguna dapat melakukan beberapa tugas seperti menginstal WordPress, memperbarui WordPress, memperbarui serta mengelola tema dan plugin, melakukan backup dan recovery website, dan lainnya.

 

WordPress Toolkit juga menawarkan fitur-fitur keamanan seperti proteksi dari brute-force login, pemindaian malware, dan pemantauan aktivitas situs. Fitur-fitur yang disediakan oleh WordPress Toolkit ini dapat mempermudah para pengguna untuk mengelola WordPress pada satu dashboard.

 

Fitur WordPress Toolkit

WordPress Toolkit memberikan banyak kemudahan untuk mengatur WordPress pada cPanel. Berikut ini adalah beberapa fitur dari WordPress Toolkit.

 

  1. Instalasi WordPress instan

    WordPress Toolkit memungkinkan pengguna untuk menginstal WordPress pada server dengan mudah cukup dalam satu kali klik. Kamu dapat memilih versi WordPress yang diinginkan. Sekaligus untuk mengatur akses administrator dan mengedit file website dengan mudah.

     

  2. Update WordPress, tema, dan plugin

    Dengan menggunakan WordPress Toolkit kamu dapat melakukan pembaruan versi WordPress, tema, dan plugin secara otomatis. Tentu saja mendapatkan versi terbaru untuk WordPress, tema, dan plugin sangat penting untuk menjaga keamanan WordPress.

     

  3. Backup dan restore WordPress

    Backup sangat penting untuk menjaga keamanan data. Jadi jika seandainya ada kerusakan atau masalah pada WordPress maka dapat dikembalikan ke versi sebelumnya yang sudah di backup. WordPress Toolkit memiliki fitur backup and restore yang bisa disimpan pada penyimpanan server/hosting maupun di-download.

     

  4. Keamanan WordPress

    WordPress Toolkit memiliki banyak fitur untuk membantu WordPress lebih aman. Salah satunya adalah dengan fitur scanning dan security status. Dengan fitur ini WordPress akan melakukan scanning terhadap website dan akan memberikan rekomendasi celah keamanan yang bisa diperbaiki.

     

  5. Kelola banyak website WordPress

    Dengan menggunakan WordPress Toolkit kamu dapat mengelola beberapa situs pada satu dashboard. Hal ini dapat mempermudah pengelolaan website karena kamu tidak perlu keluar masuk website untuk melakukan update, konfigurasi, ataupun lainnya.

 

WordPress Toolkit Standard vs Deluxe

cPanel menyediakan 2 versi WordPress Toolkit yaitu versi standar dan versi deluxe. Versi standar menyediakan fitur-fitur seperti yang sudah disampaikan sebelumnya. Sedangkan pada versi deluxe terdapat beberapa fitur tambahan seperti berikut ini.

 

  1. Kloning dan staging website WordPress

    WordPress Toolkit Deluxe dapat digunakan untuk mengkloning situs WordPress dalam satu klik. Caranya cukup mudah, pilih website yang ingin di kloning, memperbarui file konfigurasi dan menentukan subdomain tujuan.

    Kloning website dapat dilakukan untuk membuat website staging. Website staging sendiri biasanya bertujuan untuk menguji perubahan dan fitur baru pada website, sehingga sebelum diterapkan pada website production maka bisa diuji coba terlebih dahulu menggunakan website kloning.

     

  2. Smart Update

    Pembaruan tema, plugin, maupun WordPress yang tidak sesuai dapat merusak website. Fitur smart update pada WordPress Toolkit Deluxe memungkinkan WordPress untuk membuat kloning, menjalankan pengujian berulang, memperbarui klon, dan menghasilkan laporan yang dapat dengan mudah dimengerti.

    Smart update juga akan membandingkan hasil sebelum dan setelah update sehingga pengguna bisa lebih yakin jika pembaruan yang dilakukan dapat sukses dilakukan. Setelah itu pengguna dapat mengonfirmasi perubahan dan diterapkan pada website utama dan menghapus semua data pengujian dan kloning yang dilakukan sebelumnya.

     

  3. Fitur keamanan tingkat lanjut

    WordPress Toolkit Deluxe memperluas dan meningkatkan fitur keamanan dan pembaruan dibanding versi biasa. Seperti melakukan pemindaian website secara selektif serta menerapkan pengaturan keamanan ke beberapa situs secara bersamaan.

    Melakukan update versi PHP serta melakukan security measure untuk memberikan rekomendasi keamanan sekaligus menerapkan rekomendasi tersebut sehingga menyebabkan WordPress lebih aman.

 

Cara Menggunakan WordPress Toolkit

WordPress Toolkit bisa didapatkan dengan menggunakan cPanel tanpa perlu membeli lisensi tambahan. Jika kamu sudah memiliki lisensi cPanel maka kamu juga akan sekaligus mendapatkan WordPress Toolkit versi Deluxe yang dilengkapi fitur Cloning dan Smart Update.

 

WordPress Toolkit Deluxe juga secara otomatis terpasang ketika kamu menginstal cPanel ke server atau VPS milikmu. Untuk cara memasang cPanel pada VPS/server kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini:

 

Baca juga: Cara Installasi cPanel dan WHM

 

Kemudian untuk mengaksesnya dapat melalui dashboard cPanel dan sub-menu WordPress Toolkit.

 

Jika sebelumnya kamu belum memiliki lisensi cPanel kamu bisa mendapatkannya melalui Biznet Gio yang memberikan harga lisensi cPanel termurah se-Indonesia dengan harga mulai dari 125.000/bulan. Selain itu, Biznet Gio juga menyediakan lisensi cPanel gratis jika kamu berlangganan paket server dari Biznet Gio.

 

Paket server itu antara lain, NEO Lite, layanan VPS praktis dengan sumber daya dedicated dengan harga mulai dari Rp245.000/bulan. NEO Virtual Compute, layanan elastic cloud server multi-zone dengan jaminan keamanan tinggi, elastic IP address, dan gratis Inter-DC Link dengan harga mulai dari Rp235.000/bulan. Terakhir NEO Metal, layanan bare metal server dari Biznet Gio dengan harga mulai dari Rp3.199.000/bulan. Semua layanan ini sudah termasuk gratis lisensi cPanel.

 

Sekian artikel kali ini tentang WordPress Toolkit. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar layanan Biznet Gio kamu bisa menghubungi kami via live chat atau via email ke support@biznetgio.com.