news image
news 24 Februari 2022

Shared hosting dan Dedicated hosting adalah jenis layanan hosting. Hosting sendiri berfungsi sebagai rumah, di mana seluruh file, data, video, aplikasi, hingga database tersimpan didalamnya. Dengan hosting pula, seluruh data yang tersimpan dapat dikelola dan diakses melalui internet. Nah, ketika membuat website untuk pertama kalinya, mungkin kamu akan memilih layanan shared hosting. Hal ini bukannya tanpa alasan karena opsi layanan hosting ini paling murah dan cocok bagi kamu yang baru terjun ke dunia website. Tapi, seiring dengan berkembangannya website, kamu tentu ingin beralih ke jenis layanan hosting yang lebih andal dan mampu menampung workloadserta traffic yang lebih tinggi, yaitu dedicated hosting. Lalu apa yang dimaksud dedicated hosting? Bagaimana cara kerjanya dan apa kelebihan dedicated hosting? Semuanya akan kita bahas dalam artikel kali ini, yuk simak!


Pengertian Dedicated Hosting

Secara sederhana, dedicated hosting adalah layanan hosting di mana sebuah cloud server hanya digunakan oleh satu akun hosting dan tidak dibagikan dengan siapapun ( dedicated). Artinya, kamu tidak perlu berbagi resourcedengan pengguna lain layaknya ketika menggunakan layanan shared hosting. Dengan layanan dedicated hosting, kamu tidak perlu khawatir adanya peningkatan trafficataupun workload, karena resource yang diberikan jauh lebih besar dan dedicated. Karena sifatnya dedicated pula, kamu bisa mengoptimalkan server yang digunakan sesuai dengan kebutuhan website kamu.


Baca juga: Perbedaan Shared Hosting dan Dedicated Hosting


Cara Kerja Dedicated Hosting

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, layanan dedicated hosting akan memberikan performa yang lebih andal dan kendali penuh bagi penggunanya karena servernya tidak dibagi dengan siapapun. Layanan dedicated hosting bisa di analogikan sebagai sebuah rumah. Setelah selesai melakukan pembayaran, kamu bisa langsung menggunakan layanan dedicated hosting sebagai rumah untuk berbagai tujuan mulai dari menambahkan OS, control panel dan mengoptimasi website ataupun aplikasimu sesuai kebutuhan.


Kelebihan dan Manfaat Dedicated Hosting

Dedicated hosting dapat menjadi pilihan yang tepat untuk website ataupun aplikasi bisnis yang memiliki workload dan traffic yang tinggi. Lalu, seperti apa kelebihan dan manfaat dedicated hosting? Berikut penjelasannya:

Performa maksimal

Karena semua resource server adalah milik kamu ( single tenancy), maka kamu tidak perlu mengkhawatirkan konektivitas, uptime server ataupun kecepatan website kamu. Pastikan layanan hosting yang kamu gunakan menggunakan jaringan yang andal dan dilengkapi dengan backup link serta fasilitas free bandwidth. Sehingga kamu dapat bebas memanfaatkan resourcesecara maksimal.

Kinerja yang konsisten

Selain menawarkan performa yang maksimal, dedicated hosting juga menawarkan kinerja yang konsisten karena stabilitas server tidak dipengaruhi oleh pengguna lain. Kamu tidak perlu khawatir website kamu mengalami crash ataupun gangguan lain yang umumnya terjadi jika menggunakan layanan yang sifatnya berbagi ( shared).

Full control dan dapat di custom

Dengan sifatnya yang fleksibel, Dedicated hosting dapat memungkinkan kamu untuk memilih jumlah CPU, memori ataupun storage yang kamu butuhkan. Meskipun, layanan dedicated hosting umumnya dijual dalam bentuk paket, tapi kamu tetap dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan workload website maupun aplikasi dari waktu ke waktu ( scalable).

Keamanan dan privasi

Pada sisi keamanan, layanan Dedicated Hosting menawarkan privasi maupun keamanan yang lebih terjamin karena server tersebut hanya digunakan oleh satu pengguna dan tidak dibagi dengan pengguna lainnya.


Kekurangan Dedicated Hosting

Selain kelebihan, layanan dedicated hosting juga memiliki beberapa kekurangan yang mungkin bisa kamu pertimbangkan, diantaranya:

Harga yang lebih tinggi dari Shared Hosting

Layanan dedicated hosting memang dibanderol dengan harga yang lebih tinggi. Semakin tinggi spesifikasi server yang diinginkan maka semakin mahal pula harga yang harus dibayarkan. Berbeda dengan share hosting yang memungkinkan Anda untuk membayar sewa bersama dengan pengguna lainnya.

Membutuhkan skill yang advanced

Kekurangan lain dari dedicated hosting adalah, pengguna harus memahami kinerja dan cara mengelola server untuk mengelola hosting secara maksimal dengan melakukan konfigurasi pada layanan hosting. Jika kesulitan maka sebaiknya mencari dedicated hosting yang sudah menyediakan control Panel.


Baca juga: Apa itu Shared Hosting Serta 4 Kelebihan dan Kekurangannya


Kesimpulan

Layanan dedicated hosting adalah pilihan yang tepat jika kamu membutuhkan resourcedengan performa yang lebih baik. Biasanya, pemilik bisnis enterprise, e-commerce ataupun portal akan memilih dedicated hosting sebagai layanan hosting mereka. Tujuannya, untuk memastikan website dapat diakses dengan cepat dan mampu melayani jumlah pengunjung yang banyak. Untuk pengelolaannya sendiri, layanan dedicated hosting umumnya telah dilengkapi dengan control Panel salah satunya seperti Plesk sehingga dapat dikelola dengan mudah.

Kalau kamu ingin menggunakan layanan dedicated hosting yang sudah dilengkapi control panel, NEO Dedicated Hosting dapat menjadi solusinya. Selain dilengkapi control panel Plesk, NEO Dedicated Hosting juga dilengkapi dengan fasilitas gratis SSL, bandwidth up to 10 Gbps, dan juga gratis migrasi. Soal keandalan jaringan kamu gak usah khawatir, karena NEO Dedicated Hosting nggak cuma menggunakan jaringan yang andal, tetapi juga sudah dilengkapi jaringan tambahan agar website kamu selalu tersedia dan terhindar dari downtime. Untuk info lebih lanjut, kunjungi portal Biznet Gioatau hubungi tim support kami yang tersedia selama 24/7 melalui sales@biznetgio.com.