news image
news 12 Januari 2024

Apa itu Bahasa Pemrograman TypeScript? Pengertian dan Kelebihannya

Bahasa pemrograman digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer dan menginstruksikannya untuk melakukan tugas tertentu. Dengan bahasa pemrograman, pengguna dapat membuat perangkat lunak yang dapat melakukan berbagai macam hal, mulai dari tugas-tugas sederhana seperti menghitung angka hingga tugas-tugas kompleks seperti bermain game.

 

Setiap programmer biasanya memiliki bahasa pemrograman favorit yang sering mereka gunakan. Berbagai macam bahasa pemrograman juga memiliki karakteristik dan kecocokan tersendiri terhadap apa yang ingin dilakukan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu bahasa pemrograman yang tengah naik daun yaitu TypeScript. Apa itu TypeScript, apa saja fiturnya, dan apa saja kelebihannya? Baca artikel ini hingga tuntas.

 

Apa Itu TypeScript?

TypeScript merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation pada tahun 2012. Bahasa pemrograman secara penggunaan mirip dengan JavaScript, tetapi memiliki beberapa fitur tambahan. TypeScript dirancang untuk pengembangan aplikasi skala besar dan dapat dikompilasi menjadi JavaScript.

 

Bahasa pemrograman ini merupakan superset dari JavaScript, ini menyebabkan secara sintaks, semua program JavaScript adalah TypeScript juga. Walaupun mirip, tapi bisa jadi juga bisa terjadi ketidakcocokan ketika penulisan dalam pemeriksaan pengetikan karena alasan keamanan.

 

Bahasa pemrograman ciptaan Anders Hejlsberg dari Microsoft memiliki berbagai komponen sebagai fitur penunjang, yaitu:

 

  1. Deteksi eror lebih awal

    Umumnya ketika menulis kode menggunakan JavaScript ataupun bahasa lainnya, jika terjadi eror maka program tidak akan bisa dijalankan. TypeScript merupakan bahasa tipe statis, dimana pengecekan bug atau eror dilakukan sebelum program dieksekusi dan memberikan saran terkait eror yang terjadi.
     

  2. Superset Javascript

    Seperti yang sudah disinggung di awal, TypeScript merupakan superset JavaScript sehingga sintaks Javascript dianggap valid oleh TypeScript. Sintaks mengacu pada cara kita menulis kode untuk membentuk suatu program. Ini berarti pengguna dapat mengambil kode JavaScript apa pun yang berfungsi dan memasukkannya ke dalam TypeScript tanpa mengkhawatirkan cara penulisannya.
     

  3. Fleksibilitas lebih tinggi

    Sebagai superset dari JavaScript, TypeScript dapat diintegrasikan dengan bahasa pemrograman lain yang mendukung JavaScript, seperti Node.js, React, dan Angular. Ini menyebabkan bahasa ini lebih fleksibel.

 

Kelebihan Bahasa Pemrograman TypeScript

Dengan fleksibilitas yang diberikan, menjadikan bahasa pemrograman TypeScript menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin mempelajari bahasa pemrograman ini. Apa saja kelebihan bahasa pemrograman TypeScript, berikut adalah beberapa diantaranya:

 

  1. Konsep OOP

    Konsep OOP atau Object-oriented programming (OOP) adalah paradigma pemrograman yang menggunakan objek sebagai unit dasar untuk data dan perilaku. OOP menawarkan beberapa keuntungan dibandingkan dengan paradigma pemrograman lainnya.

    Dengan penggunaan konsep OOP ini akan memberikan beberapa kelebihan seperti misalnya penggunaan sintaks yang lebih ketat yang lebih terstruktur ini akan membantu mencegah kesalahan dan lebih mudah untuk di-maintenance, mengurangi reduplikasi kode, dan membantu membuat kode modular yang bisa ditulis kembali.
     

  2. Kompatibel untuk Semua Browser

    Pengguna JavaScript kadang mengeluhkan problem dalam penggunaan bahasa pemrograman tersebut karena kompatibilitas belum maksimal. Misalnya, jika menjalankan dalam browser perintah JavaScript ES5 melalui Chrome tapi tidak dapat berjalan lewat Explorer dan Edge. 

    Sedangkan TypeScript melalui kompilasinya dengan JavaScript yang menyebabkan bahasa ini dapat berjalan dengan baik untuk segala jenis browser baik Chrome, Edge, dan lainnya. Selain itu bahasa pemrograman yang berbasis JavaScript mampu berjalan lewat NodeJs hingga versi 3 EcmaScript.
     

  3. Dapat Digunakan Untuk Skala Besar

    Pengembangan aplikasi berskala besar membutuhkan sistem terbaik dengan bahasa pemrograman mumpuni. TypeScript memiliki itu semua karena walau penggunaan dalam skala besar atau kompleks, TypeScript tetap memiliki kinerja optimal.

    Penulisan statis dari pemrograman ini memudahkan dalam berbagai kegiatan pengelolaan digital aplikasi.
     

  4. Refactoring

    Refactoring adalah proses penataan ulang kode program dengan tujuan meningkatkan efisiensi dan keterbacaannya tanpa mengubah fungsionalitasnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan kode, mengurangi kompleksitas, dan meningkatkan produktivitas pengembangan.

    TypeScript menawarkan beberapa fitur refactoring yang dapat membantu pengembang untuk melakukan refactoring pada kode TypeScript. Fitur-fitur ini dapat digunakan untuk memperbaiki, meningkatkan, dan membuat kode lebih mudah dibaca, dipahami, dan dirawat.
     

  5. Mudah Dipelajari

    Bahasa pemrograman TypeScript relatif mudah dipelajari jika kamu sebelumnya sudah familiar dengan JavaScript. Sebagai superset dari JavaScript semua sintaks pada JavaScript dapat dipahami oleh TypeScript.
     

  6. Tanpa Runtime Plugin

    Umumnya, setiap bahasa pemrograman perlu diterjemahkan ke bahasa yang dimengerti oleh browser. Ini biasanya menggunakan runtime plugin untuk menerjemahkannya.

    Sedangkan TypeScript dikompilasi ke JavaScript, yang berarti bahwa kode TypeScript dapat dijalankan langsung oleh browser tanpa perlu plugin tambahan.
     

  7. Meningkatkan Kinerja

    Baik bekerja sendiri atau tim, TypeScript mampu meningkatkan kecepatan pengembangan perangkat lunak secara optimal. Kinerja yang bagus ini sekaligus akan menghasilkan hasil yang baik dan secara otomatis meningkatkan delivery perangkat lunak.

    Dari bahasa pemrograman TypeScript yang mudah dan praktis, developer dan programmer dapat memperkenalkan berbagai proyek dengan cepat dan tangkas. Semua struktur data mampu didefinisikan dengan jelas, cermat dan tepat agar lebih mudah untuk mendapatkan keputusan terbaik.

 

Tingkatkan Efisiensi Penulisan Kode dengan TypeScript

TypeScript adalah bahasa pemrograman yang memiliki beberapa keunggulan, seperti sistem pengetikan yang kuat, mudah dipelajari jika sebelumnya kamu sudah memahami JavaScript, dan memiliki fleksibilitas tinggi . Hal ini dapat membantu mencegah kesalahan runtime, membuat kode lebih mudah dibaca dan dipahami, serta meningkatkan produktivitas dan kualitas kode.

 

Oleh karena itu, TypeScript adalah bahasa pemrograman yang layak untuk dipelajari, terutama bagi pengembang yang ingin meningkatkan keterampilan mereka dalam pengembangan web dan aplikasi. Biznet Gio Lab memberikan pengalaman menulis kode yang lebih mudah melalui platform code editor melalui layanan NEO Code.

 

Dengan menggunakan NEO Code kamu bisa dengan mudah menulis kode di berbagai perangkat, seperti desktop, tablet, maupun mobile melalui web browser. Code editor ini dapat digunakan untuk membuat dan mengedit kode dari berbagai bahasa pemrograman populer, seperti JavaScript, Python, PHP, C#, TypeScript, HTML, dan CSS.

 

Baca juga: Mengenal HTML: Bahasa Markup Populer untuk Membuat Halaman Web

 

Platform web-based code editor NEO Code dapat kamu gunakan secara GRATIS melalui Biznet Gio Lab. Daftar sekarang juga melalui Portal BGNLab  dan kamu juga akan langsung mendapatkan gratis penyimpanan 2 GB. Temukan juga layanan menarik lainnya dari Biznet Gio Lab Community Version. Platform layanan eksperimental Biznet Gio yang saat ini bisa kamu gunakan secara GRATIS. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Biznet Gio Lab kamu bisa menghubungi kami melalui support@biznetgio.com.