news image
news 26 Januari 2024

7 Tips Meningkatkan SEO On-page untuk Website 

 

Salah satu cara untuk meningkatkan ranking website pada mesin pencari adalah dengan melakukan optimasi SEO On Page pada website. Namun, teknik untuk melakukan optimasi ini juga tidak mudah dan perlu strategi tertentu.

 

Namun, tidak perlu khawatir jika ingin mempelajari dan meningkatkan SEO On Page, yuk simak ulasan lengkap pada artikel ini mengenai tips meningkatkan SEO On Page website.

 

Kenapa SEO Penting?

Sebelum membahas mengenai tips meningkatkan SEO On Page, mungkin bagi kamu yang belum familiar dengan SEO akan bertanya-tanya, kenapa SEO penting bagi website?

 

Yup, alasannya karena saat ini, internet menjadi salah satu media pemasaran yang cukup efektif untuk bisnis. Sehingga SEO dapat dimanfaatkan untuk mendorong popularitas dari bisnis di internet.

 

Semakin meningkat popularitas website pada internet dan mesin pencari yang dilihat dari rangking, maka akan sebanyak pengunjung pada website. Tentunya, hal ini akan memberikan prospek yang bagus bagi bisnis. 

 

Selain itu, ada beberapa alasan kenapa SEO itu penting bagi bisnis yang bisa dijadikan pertimbangan. Berikut ulasannya:

 

  1. Meningkatkan Brand Awareness

    Salah satu alasan mengapa SEO penting adalah untuk meningkatkan brand awareness. 

    SEO dapat membuat website berada di peringkat atas pada hasil pencarian Google, dengan begitu semakin dikenal dan diketahui oleh banyak orang.
     

  2. Meningkatkan pengunjung website

    Alasan berikutnya, SEO penting untuk meningkatkan pengunjung website. Tentunya, jika website muncul pada halaman pertama Google, maka pasti akan lebih banyak pengunjung yang mengakses website.
     

  3. Meningkatkan kredibilitas bisnis

    Sebagai mesin pencari, Google akan memilih website yang baik dan berkualitas dari segi konten, desain hingga seberapa responsive website tersebut.

    Nah, apabila websitemu muncul pada halaman pertama di Google, tentu customer akan semakin percaya dengan kredibilitas bisnis yang kamu miliki. 

 

Apa itu SEO On Page?

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, SEO cukup penting untuk menunjang keberlangsungan bisnis. Optimasi SEO juga menjadi cara untuk membantu menaikkan peringkat website di mesin pencari.  

 

Cara untuk optimasi SEO bisa dimulai dari SEO on page. Lalu, apa itu SEO On Page? SEO On Page adalah teknik optimasi halaman web agar memperoleh peringkat lebih tinggi dan mendapatkan trafik secara organik melalui mesin pencari seperti Google.  

 

Praktik SEO On Page dapat dilakukan dengan mengoptimalkan tag judul, konten, backlink, URL, dan menambahkan gambar yang relevan pada website. 

 

Meningkatkan SEO On Page juga penting untuk dapat mengidentifikasi apakah kontenmu sudah relevan dengan pencarian atau tidak. Jadi kesimpulannya, SEO On Page adalah teknik untuk meningkatkan halaman website agar memperoleh trafik secara organik melalui konten.

 

Tips Meningkatkan SEO On Page Website

Meningkatkan SEO On Page adalah hal yang harus dilakukan oleh pengembang secara rutin. Sebab, mesin pencari seperti Google akan terus berkembang. Teknik untuk melakukannya pun tidak mudah, berikut beberapa tips meningkatkan SEO On Page yang bisa dilakukan: 

 

  1. Buat Konten yang Berkualitas

    Tips meningkatkan SEO On Page pertama adalah buat konten yang berkualitas. Tidak hanya konten yang panjang tetapi juga harus berkualitas, mengingat Google akan selalu mengutamakan konten yang berkualitas tinggi.
     

  2. Gunakan URL/Permalink dan Slug Sederhana

    Meningkatkan SEO On Page bisa dilakukan dengan menggunakan URL singkat, deskriptif, mudah dieja dan mudah diingat.

    Baca juga: Apa Itu Slug? Tips dan Cara Membuat Slug

    Hal itu disebabkan, semakin singkat URL/permalink akan semakin diprioritaskan oleh Google. URL yang sederhana juga dianggap lebih SEO friendly, dan memudahkan pengunjung untuk bisa mengakses kembali website.
     

  3. Gunakan Penulisan SEO

    Penggunaan heading dan subheading juga penting dilakukan untuk meningkatkan SEO On Page. H1 tag bisa digunakan untuk pada kata kunci di awal daripada dengan kata kunci yang diletakkan di posisi tengah maupun akhir judul.

    Selanjutnya, kamu bisa membuat konten yang relevan dengan judul dan deskripsi. Karena biasanya mesin pencari akan memprioritaskan konten yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan kata kunci.
     

  4. Tambahkan Gambar atau Video

    Konten yang berkualitas tidak hanya berisi teks saja, kamu juga perlu menambahkan gambar atau video. Selain, sebagai tips meningkatkan SEO On Page, menambahkan gambar atau video bertujuan untuk mengurangi kebosanan pembaca.

    Baca juga: 5 Plugin Kompres Gambar Populer di WordPress

    Pastikan untuk menambahkan satu atau dua gambar pada setiap konten di website. Selain itu, pada gambar pastikan untuk memberi nama yang sesuai, berikan deskripsi, dan kompres gambar agar halaman website tetap ringan untuk diakses.
     

  5. Tambahkan Link Internal dan Eksternal

    Cara optimasi SEO On Page berikutnya adalah dengan menambahkan link internal maupun eksternal. Pastikan untuk menambahkan link eksternal yang berkualitas dan relevan dengan konten.

    Sebab, sudah menjadi ketentuan Google link yang mengarah pada halaman eksternal akan memberikan poin tambahan  pada Google Page Rank.

    Sementara, dengan menambahkan link internal, kamu bisa mengarahkan pengunjung untuk membaca konten sebelumnya yang masih relevan di websitemu.
     

  6. Gunakan Tema yang Mobile Friendly

    Berikutnya gunakan tema yang mobile friendly, atau mudah diakses pada perangkat apapun seperti, desktop, tablet hingga mobile. 

    Jika kamu pengguna WordPress, ada banyak pilihan tema website yang mobile friendly. Terlebih lagi, sekarang Google telah menerapkan optimasi SEO On Page dengan indexing mobile friendly dulu.

    Baca juga: Ini 4 Langkah Membuat Website Mobile-Friendly!

    Maka dari itu, jika websitemu buruk dan tidak responsif pada mobile, Google juga akan memberikan penilaian yang buruk.
     

  7. Tingkatkan Kecepatan Loading Halaman

    Last but not least, tips meningkatkan SEO On Page adalah meningkatkan kecepatan loading halaman. Untuk memastikannya kamu bisa mengecek kecepatan website, apakah masih di atas 5 detik? Karena menurut riset 53% pengunjung website tidak akan segan meninggalkan website jika loading website di atas  5 detik.

    Baca juga: Cara Mempercepat Website dengan Lazy Load

    Loading website yang lama tentu akan sangat mengganggu pengunjung, dan berpotensi bounce rate. Bounce rate yang tinggi pada website akan mempengaruhi SEO websitemu.

 

Untuk meningkatkan kecepatan loading halaman, bisa diatasi dengan menggunakan hosting terbaik. Percayakan pada NEO WordPress, layanan WordPress hosting instan untuk menunjang websitemu agar bisa optimasi SEO On Page lebih ciamik!

 

Dengan NEO WordPress kamu tidak perlu khawatir dengan loading halaman. Sebab, sudah dilengkapi dengan cache built in, sumber daya fleksibel, dan berjalan di cluster Kubernetes, sehingga jutaan visitor pun tidak masalah. 

 

Selain itu, NEO WordPress juga memiliki keunggulan upgrade resources komputasi secara seamless tanpa downtime. Jadi, sudah pasti website anti lemot, dan memiliki performa tercepat. 

 


Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur baru NEO WordPress kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com.