news image
news 20 Januari 2023

Salah satu faktor yang mempengaruhi kredebilitas website di mata mesin pencari adalah memiliki website yang mampu memberikan jaminan keamanan. Jika website ditemukan tidak aman tentu mesin pencari tidak akan memberikan visibilitas yang baik terhadap website tersebut. Ini juga bisa menyebabkan website tidak mendapatkan trafik yang diharapkan karena website tidak bisa ditemukan di mesin pencari. Sebaliknya website yang terjamin keamanannya akan lebih mudah ditemukan di mesin pencari.


Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengubah alamat website kamu lebih dikenal dengan istilah redirect dari HTTP ke HTTPS. HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure merupakan bentuk aman dari HTTP yang dilapisi oleh SSL sebagai protokol komunikasi antar server. Dengan diubahnya alamat website kamu ke dalam bentuk HTTPS, maka seluruh komunikasi dan perpindahan data yang terjadi antar web klien dan web server, akan terenkripsi dengan sempurna.


Lapisan Pelindung HTTPS

Fitur HTTPS memiliki 3 lapisan perlindungan mulai dari autentikasi, enkripsi, hingga integritas. Ketiganya memiliki fungsi berbeda yang bertugas melindungi data mulai dari tahapan penyusunan file hingga proses pengirimannya.


  • Autentikasi

    Pada lapisan autentikasi, HTTPS memastikan pengguna akan berkomunikasi dengan situs yang dituju.


  • Enkripsi

    Melalui fitur enkripsi, setiap data yang akan dikirim dari klien ke server, akan dienkripsi menjadi sebuah kode acak yang sulit dibaca. Dengan begitu, data tersebut hanya dapat dibaca oleh user yang dituju.


  • Integritas

    Sedangkan pada tahapan integritas, fitur HTTPS akan memastikan data tidak dapat diubah oleh siapapun selama proses transfer data berlangsung, Konfigurasi redirect HTTP ke HTTPS sendiri, dapat dilakukan melalui dua cara. Kamu bisa melakukannya pada cPanel ataupun pada Plesk, disesuaikan dengan jenis control panel yang kamu gunakan. Artikel ini akan membahas mengenai cara redirect HTTP ke HTTPS melalui dua jenis control panel dengan mudah dan cepat.

Tahapan yang harus dilakukan

Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, ada beberapa langkah yang perlu kamu persiapkan, seperti:

  1. Akses ke dashboard Wordpress dan control panel hosting.
  2. Pastikan website kamu telah memiliki sertifikat SSL (Secure Socket Layer). SSL merupakan lapisan keamanan untuk melindungi transaksi website dengan cara mengenkripsi data. Layanan hosting dari Biznet Gio seperti NEO Dedicated Hosting, NEO Web Hosting, dan NEO WordPress sudah termasuk gratis sertifikat SSL. Khusus untuk NEO WordPress, SSL sudah aktif secara bawaan. Sedangkan untuk NEO Dedicated Hosting dan NEO Web Hosting kamu bisa mengikuti panduan berikut untuk mengaktifkannya. Kamu tinggal mengunduhnya disini (Install Free SLL di cPanel dan Plesk Panel).

    Baca juga: Cara Install SSL Certificate Pada NEO Dedicated Hosting

    Baca juga: Cara Install SSL NEO Cloud di NEO Web Hosting


  3. Seharusnya jika SSL sudah terpasang, maka otomatis HTTP akan redirect langsungke HTTPS, Namun jika sudah mengikuti seluruh tahapan diatas masih belum te-redirect kamu bisa mengikuti panduan di bawah ini untuk melakukan konfigurasi redirect HTTP ke HTTPS sesuai dengan control panel pada layanan hosting yang kamu gunakan. Pada kesempatan kali ini akan dicontohlan cara redirect HTTP dan HTTPS melalui cPanel dan Plesk.

Konfigurasi redirect HTTP ke HTTPS melalui cPanel

Berikut tahapan yang harus kamu ikuti untuk dapat melakukan redirect HTTP ke HTTPS melalui control panel cPanel:


  1. Login pada halaman cPanel

    Masukkan username dan password yang kamu miliki, kemudian klik Log In.



  2. Pilih Domain

    Pada dashboard utama, klik bagian Domains dan klik ikon Domains


  3. Klik “Force HTTPS Redirect”

    Di dalam dashboard domains, scroll ke bawah sampai bertemu kolom Force HTTPS Redirect, kemudian klik hingga muncul keterangan “on”.


  4. Tahapan konfigurasi selesai.

    Kini, sistem keamanan website kamu telah diupgrade dengan menggunakan fitur HTTPS.

Konfigurasi redirect HTTP ke HTTPS pada Plesk

Bagi kamu menggunakan control panel hosting Plesk, berikut tahapan yang harus kamu ikuti untuk bisa melakukan redirect dari HTTP ke HTTPS:

  1. Login pada halaman Plesk 

    Masukkan username, password, dan ketik “default” pada kolom interface language. Kemudian klik Log In.



  2. Pilih menu Website & Domains

    Setelah masuk ke dalam dashboard Website & Domain, pilih domain yang ingin kamu redirect, lalu pilih Hosting Settings.


  3. Klik “SSL support” dan pilih sertifikat domain 

    Di dalam dashboard Hosting Settings, perhatikan kolom Security. Pastikan kamu telah men-checklist kolom SSL/TLS Support dan pilih sertifikat sesuai domain yang kamu miliki. Lalu klik Apply dan OK.


Saatnya Tingkatkan sistem keamanan website kamu  

Sekian cara untuk redirect HTTP ke HTTPS melalui Plesk ataupun cPanel. Kini, saatnya kamu untuk upgrade layanan Hosting milikmu ke layanan Hosting dengan keamanan yang terjamin dari Biznet Gio yaitu NEO Dedicated Hosting dan NEO Web Hosting. Kedua layanan ini sudah termasuk gratis SSL serta gratis fitur keamanan dari Imunify. Sehingga, website kamu tidak hanya lebih terlindungi, tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung website sekaligus meningkatkan kualitas SEO pada mesin pencari seperti Google. Dapatkan NEO Dedicated Hosting dan NEO Web Hosting sekarang juga melalui Portal Biznet Gio. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami via live chat melalui ikon di sudut kanan bawah kamu!