news image
news 2 Februari 2024

Apa itu Database WordPress? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kelola 

 

Jika kamu seorang pengelola website yang berbasis WordPress, memahami konsep dan peran database adalah hal yang cukup penting. Mengingat, peran database WordPress sebagai tempat untuk menyimpan semua file penting dan pengaturan website.

 

Sehingga database WordPress merupakan komponen yang bertanggung jawab untuk mengelola data agar dapat menjalankan sebuah website. 

 

Nah, tanpa berlama-lama yuk simak selengkapnya pada artikel ini yang akan membahas secara lengkap tentang apa itu database WordPress? Mulai dari pengertian, fungsi dan cara kelolanya.

 

Apa itu Database WordPress?

Apa itu database WordPress? Database sendiri memiliki pengertian sebagai sistem yang berfungsi untuk menyimpan dan mengambil data secara terstruktur. Jadi, database WordPress adalah tempat penyimpanan data penting serta pengaturan yang digunakan untuk menjalankan sebuat situs web.

 

Database WordPress ini bekerja secara terstruktur, sehingga jika kamu ingin mencari file atau bagian tertentu kamu bisa mendapatkan dengan mudah pada website.

 

Lebih lanjut, database WordPress sendiri menggunakan MySQL yaitu, sistem manajemen database yang berfungsi untuk membuat, menyimpan dan mengambil data sesuai dengan perintah. MySQL sendiri merupakan open source yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola komponen database WordPress seperti, data user, pos, komentar dan lain sebagainya.

 

Setiap pengguna yang menggunakan WordPress, harus menggunakan juga MySQL, biasanya setiap penyedia hosting juga sudah mencakup layanan MySQL untuk database WordPress.

 

Fungsi Database WordPress

Lalu, mengapa WordPress membutuhkan sebuah database? Jawabannya adalah karena fungsi dari database WordPress itu sendiri.

 

Perlu diketahui, secara umum database adalah tempat untuk menyimpan, menerima serta mengelola informasi dan data penting website. Sehingga, database WordPress memiliki fungsi yang cukup penting dalam penyimpanan data. Selain fungsi tersebut, berikut beberapa fungsi database WordPress yang perlu diketahui:

 

  1. Mempermudah Identifikasi Data

    Database WordPress dapat menyimpan dan menerima data untuk dikelompokkan secara terstruktur. Sehingga, ketika kamu membutuhkan akses sebuah data, informasi yang didapatkan lebih mudah dan terstruktur.
     

  2. Mengelola Data Secara Terpusat

    Fungsi database WordPress berikutnya dapat mengelola data secara terpusat. Dengan menggunakan database, maka semua data website dapat dikumpulkan pada pusat di server hosting. Sehingga, untuk mengelolanya pun lebih mudah dan efisien.
     

  3. Menghindari Duplikasi Data

    Sistem database WordPress berfungsi untuk mengidentifikasi file atau data yang sama. Jadi, ketika ada file yang sama maka kamu akan mendapatkan notifikasi.
     

  4. Mengamankan Data Web

    Menyimpan data pada database WordPress juga dinilai lebih aman. Sebab, database WordPress sudah menyimpan data secara terpusat pada server hosting, jadi kamu cukup mengamankan server dengan menggunakan perlindungan berlapis.
     

  5. Menghemat Biaya

    Fungsi database WordPress berikutnya adalah untuk menghemat biaya. Pasalnya, jika sudah menggunakan database pada satu server, kamu tidak perlu menambah biaya lagi untuk beberapa tempat penyimpanan yang lain. 

 

Cara Kelola Database WordPress

Untuk mengelola database WordPress, kamu bisa memulai dengan membuat database pada layanan Hosting. Jika kamu sudah menjadi pelanggan NEO Web Hosting, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut:  

 

  1. Login pada layanan NEO Web Hosting, lalu pilih create database pada pilihan database. 
  2. Buat database beserta user menggunakan MySQL Database dan MySQL Database Wizard.  
  3. Berikut cara untuk membuat database dengan MySQL Database.  
    1. Masukkan nama database yang ingin dibuat, lalu klik create database.
    2. Kemudian, buat user database dan masukkan password.
    3. Jika database sudah dibuat, kamu bisa melihat database pada bagian current database.
    4. Untuk mengoperasikannya, kamu bisa assign user ke database.
    5. Jika ingin mengubah privilege user, kamu bisa klik edit Privileged User pada bagian current databases, dan tentukan privilege apa saja yang harus diubah.  
  4. Sementara untuk membuat database dengan tool MySQL Database Wizard adalah sebagai berikut:  
    1. Klik tool MySQL Database Wizard dan buat nama databasenya. Kemudian, klik Next Step.
    2. Buat nama user database dan juga password, lalu klik Create User.
    3. Tentukan Privileged User database kemudian klik Next Step.
    4. Pembuatan database dan user telah berhasil. Kamu bisa klik Return to MySQL.
    5. Untuk melihat database yang sudah dibuat kamu bisa mengaksesnya melalui phpMyAdmin.  

 

Kelola Database WordPress dengan Mudah!

Itu lah cara-cara membuat dan mengelola database WordPress  jika kamu berlangganan NEO Web Hosting. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan layanan NEO Dedicated hosting yang memiliki fasilitas lengkap untuk cPanel/Plesk untuk mengelola website/server dengan mudah.

 

Last but not least, selain berlangganan NEO Web Hosting atau NEO Dedicated Hosting kamu juga bisa menikmati NEO WordPress. Dengan menggunakan NEO WordPress kamu bisa mengelola database tanpa ribet, karena sudah ada sudah dikelola secara instan dan otomatis. Dilengkapi juga dengan fasilitas lengkap dan aman seperti, SSL, domain, bandwidth gratis, hingga fitur AI Web Builder untuk mempermudah pembuatan website hingga daily maintenance.

 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai layanan hosting Biznet Gio kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com