news image
news 5 Januari 2024

7 Penyebab Website WordPress Down dan Cara Mengatasinya


Website down tidak hanya mengganggu visitor  tetapi juga bagi kamu sebagai developer. Apalagi bagi kamu pengguna WordPress, dan sering mengalami down untuk log in, tentu akan sangat mengganggu.

 

Namun, tidak perlu bingung ketika mendapati website down. Hal pertama yang harus dilakukan adalah cek penyebab website WordPress down. Setelah mengetahui penyebabnya, kamu bisa melakukan pencegahan. Lalu, bagaimana cara mengatasi website WordPress down? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

 

Apa itu Website Down?

Sebelum membahas mengenai penyebab website WordPress down, serta cara mengatasinya, yuk pahami dulu apa itu website down.

 

Website down adalah adanya kegagalan saat memuat (loading website) sehingga menyebabkan situs tersebut tidak dapat dikunjungi atau diakses. Lebih lanjut, pengertian website dapat diklaim down, jika tidak bisa diakses secara lengkap oleh pengguna.

 

Sebagai pengunjung tentunya hal ini sangat mengganggu, dan juga merugikan pemilik website. Hal ini dikarenakan, kamu akan kehilangan visitor dan jika ini tidak segera diatasi akan menjadi ancaman serius untuk bisnis, apalagi di era digitalisasi seperti sekarang.

 

Maka dari itu sebagai pemilik atau pengembang website perlu memperhatikan performa website. Sehingga, visitor tetap bisa mengunjungi website, mengurangi downtime, dan bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan.

 

Akibat Website Down

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, akibat website WordPress down banyak sekali salah satunya, bisa mengganggu kenyamanan pengunjung. Selain itu, berikut beberapa akibat buruk dari website WordPress down.  

 

  1. Penghasilan menurun

    Sering terjadi downtime akan berakibat trafik website semakin menurun, hingga turun drastis, pendapatan bisnis pun akan ikut turun.

    Apalagi jika website sudah memiliki trafik besar, maka bukan tidak mungkin jika kehilangan pendapatan dari adsense. Tentunya, dua hal ini akan berdampak buruk pada kelanjutan bisnis yang dikelola.
     

  2. Peringkat website turun

    Akibat yang paling fatal dari website WordPress down adalah reputasi website yang rusak, akan memberikan dampak besar pada peringkat di mesin pencari (SERP), salah satunya di Google.

    Google akan cenderung mengabaikan website yang down cukup lama, bahkan akan dianggap hilang oleh mesin pencari. Jika sudah tidak dianggap oleh Google, maka trafik dan peringkat website akan menurun drastis. Jadi, sebagai pengelola website mestinya harus waspada dengan kemungkinan downtime ini.
     

  3. Kehilangan kepercayaan pelanggan

    Website adalah salah satu media yang cukup penting bagi keberlangsungan bisnis. Namun, bagaimana jadinya jika website terus mengalami downtime? Calon pelanggan yang awalnya tertarik untuk mengunjungi website, akan lebih  memilih bisnis lain jika terkendala saat mengakses website.

 

Penyebab Website Down

Seperti yang sudah kita ketahui akibat website WordPress cukup banyak dan merugikan bisnis, maka buat pengelola website sebaiknya segera cari tahu penyebabnya. Berikut beberapa penyebab website down yang perlu diperhatikan.

 

  1. Trafik website tinggi

    Penyebab website down yang pertama adalah trafik website tinggi. Meskipun, trafik tinggi menjadi keinginan semua pengelola website, nyatanya trafik tinggi juga bisa jadi salah satu penyebab downtime.

    Hal ini disebabkan resource server tidak dapat melayani service client sehingga hosting pun jadi lambat dan akhirnya menjadi down.

    Untuk mengatasi penyebab website down karena trafik tinggi, bisa diminimalisir dengan memilih hosting yang berkualitas. Sebelum menggunakan suatu hosting pastikan spesifikasi, keunggulan maupun kekurangannya.
     

  2. Terjadi masalah pada DNS

    Website WordPress down juga dapat disebabkan oleh masalah pada DNS. Website dapat diakses jika DNS sudah diatur dengan benar. Sebab, DNS atau Domain Name Server ini berfungsi untuk memudahkan komunikasi internet dengan URL.

    Nah, apabila fungsi ini bermasalah, maka website tidak akan bisa diakses, meskipun kamu sudah mengetik alamat URL dengan benar. Sebaliknya, akan muncul pesan error pada browser. 

    Masalah pada DNS dapat diatasi dengan mengecek kembali setting DNS pada cPanel, apabila masih terjadi masalah atau muncul error 404 saat website diakses, kamu bisa menghubungi helpdesk dari penyedia web server.
     

  3. Serangan hacker atau malware

    Hal pertama yang harus diwaspadai dalam mengelola website adalah serangan para hacker dan malware pada Distributed Denial of Service (DDoS) yang sering menjadi target serangan. 

    Serangan ini bisa jadi salah satu penyebab website WordPress down. Apabila DDoS diserang maka akan menghabiskan resource server, dan akan membuat website mengalami downtime.

    Untuk mengatasinya, pengelola website harus meningkatkan keamanan website, salah satunya menggunakan plugin security website.
     

  4. Data center mengalami down

    Penyebab website down berikutnya adalah karena data center mengalami down. Hal ini karena di dalam data center menjadi tempat proses sinkronisasi, backup data hingga proses oleh data lainnya. Tentunya, saat data center mengalami masalah maka akan mempengaruhi performa websitemu.

    Saat data center down, untuk mengatasinya kamu bisa menghubungi penyedia layanan hosting untuk segera mengatasi masalah tersebut. Cara lain adalah dengan menjaga uptime data center untuk meminimalisir apabila website mengalami downtime.
     

  5. Single Point of Failure

    Apa itu single point of failure? Single point of failure (SPOF) adalah titik lemah pada sistem yang digunakan. Apabila terjadi kegagalan otomatis akan menyebabkan failed, gagal atau error hingga menyebabkan seluruh sistem website berhenti.

    Satu-satunya cara untuk mengatasi SPOF adalah dengan memilih software dan hardware terbaik, serta mendesain perencanaan yang baik.
     

  6. Maintenance Server

    Salah satu penyebab website WordPress down paling sering dikarenakan adanya maintenance server. Biasanya, maintenance ini dilakukan secara rutin untuk update fitur maupun hardware. Selama maintenance biasanya website tidak bisa diakses dalam waktu tertentu. 

    Jika maintenance terjadi maka, kamu perlu menunggu proses maintenance selesai hingga website dapat diakses kembali. Cara mengatasinya juga dapat menghubungi penyedia server website segera mengatasi hal ini.
     

  7. Terjadi kesalahan pada coding

    Penyebab website down terakhir biasanya karena ada kesalahan pada coding. Kesalahan coding ini pun tidak dapat dianggap sepele, sebab akan mengacaukan tampilan website secara keseluruhan.

    Agar tidak terjadi website WordPress down gara-gara kesalahan pada coding, maka sebagai pengembang website perlu segera mengetahui kode mana yang error. Biasanya pada WordPress juga akan muncul notifikasi Syntax Error, ketika sudah mendapatkan pemberitahuan tersebut maka sebaiknya segera diperbaiki.  

 

Baca juga : 5 Rekomendasi Plugin Ini Bisa untuk Mempercepat Loading Website WordPress

 

Bikin Website Anti Downtime

Nah, itu lah 7 penyebab website WordPress down dan cara mengatasinya. Website down pun berdampak cukup besar untuk keberlangsungan bisnis. Bagaimana tidak, website adalah salah satu media bisnis yang biasanya digunakan untuk pemasaran atau company profile. Salah satu cara untuk meminimalisir website down adalah dengan memilih WordPress hosting terbaik.

 

Kamu bisa mempercayakan pada NEO WordPress. Dengan harga mulai dari 50 ribu per bulan kamu sudah bisa mendapatkan website WordPress dengan skalabilitas tanpa tunggu, jadi seamless dan tanpa downtime.  

Selain itu kamu juga bisa menikmati keunggulan lainnya seperti:

  • Website yang selalu ON, jadi tidak ada yang namanya gangguan server. 
  • Fasilitas lengkap mulai dari domain, SSL, WordPress, bandwidth gratis dan lain-lain.
  • Free AI Web builder, buat konten website dengan web builder gratis dengan AI text generator berbasis Chat GPT.
  • Anti down berapapun visitor-nya, karena resource yang fleksibel dengan cache built in. 
  • Support penuh dari website assistant yang siap membantu segala tugas.  

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur baru NEO WordPress kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com.