news image
news 5 April 2022

Mengenal Firewall: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis

Tanpa kita sadari internet yang kita gunakan untuk menunjang kebutuhan sehari hari rentan terhadap ancaman siber. Misalnya ancaman terhadap virus, malware, ataupun cyber attack yang bisa menghampiri pengguna sewaktu-waktu dan membuahkan kerugian. Terlebih, jika kita menggunakan internet sebagai media transaksi keuangan yang mengharuskan seseorang untuk memasukan informasi terkait kartu kredit ataupun nomor ponsel ke suatu platform melalui jaringan internet. Para threat actor akan dengan mudah memilih, mengakses, dan mencuri data penting milik pengguna untuk kemudian dipakai demi kepentingan dan keuntungan pribadi.

 

Dengan potensi ancaman tersebut, maka, diperlukan pengamanan khusus bagi para pengguna internet yang mampu melindungi perangkat komputer pada saat mengakses internet agar terhindar dari berbagai ancaman. Salah satu sistem perlindungan yang umum digunakan pada jaringan komputer ialah firewall. Istilah firewall sudah ada sejak akhir 1980-an yang diawali sebagai sistem filter paket pada jaringan yang ditransfer antar komputer. Firewall akan memeriksa setiap paket atau byte yang masuk dan keluar untuk menghindari ancaman kejahatan pada data.

 

Apa itu Firewall?

Sederhananya pengertian firewall adalah perangkat keamanan jaringan yang memantau dan menyaring lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar berdasarkan aturan keamanan (security rules) yang telah ditetapkan sebelumnya. Pada dasarnya, firewall merupakan perangkat lunak yang diinstal di dalam komputer dan digunakan untuk meningkatkan proteksi keamanan perangkat yang terhubung ke jaringan internet.

Firewall sering diibaratkan seperti tembok api yang bertugas sebagai pos keamanan jaringan yang mencegah akses tidak sah masuk ke dalam jaringan pribadi. Hal ini dilakukan untuk mencegahan ancaman dari berbagai macam virus ataupun serangan siber yang dapat merusak data dan menyebabkan kerugian yang cukup besar.

Berdasarkan tipe perangkatnya firewall dibagi menjadi dua, yaitu:

Firewall perangkat keras

Biasanya dibangun di dalam jaringan seperti router. Firewall ini menggunakan packet filtering untuk memeriksa header packet baik dari segi sumber dan tujuan, untuk kemudian disesuaikan dengan sistem keamanan yang telah ditentukan sebelumnya. Jika paket sudah memenuhi dasar kualifikasi, maka paket dapat diteruskan. Begitu sebaliknya, jika paket dinilai memiliki ancaman tersendiri, maka paket secara otomatis akan dibatalkan. Akan tetapi, untuk dapat menghasilkan performa keamanan yang optimal, dibutuhkan keterampilan dan keahlian khusus untuk menyusun konfigurasi firewall jenis perangkat keras tersebut.


Firewall perangkat lunak

Berbentuk software yang diinstal pada komputer dan berfungsi untuk menyaring lalu lintas jaringan. Jika firewall hardware bekerja pada jaringan (router), maka firewall software bekerja dengan cara melindungi komputer dari ancaman trojan ataupun bentuk virus asing lainnya.

 

Fungsi Firewall

Selain fungsi utamanya yang ditujukan untuk memfilter berbagai jaringan asing yang akan masuk, firewall juga memiliki beberapa fungsi lain yang terangkum dalam point di bawah ini:

1. Memblokir Konten pada website

Dengan menggunakan firewall, pengguna dapat memblokir konten-konten pada website termasuk e-mail yang dirasa mengandung ancaman terhadap keamanan pada perangkat, misalnya phishing. Biasanya jenis konten dan pesan yang mengandung virus akan terlihat kurang meyakinkan, baik dari segi penggunaan nama email, ataupun isi pesan tersebut.

Jika pengguna mendapatkan email ataupun pesan aneh, hal pertama yang harus dilakukan adalah menutup dan menghapus pesan tersebut dari perangkat kamu. Kemudian, pastikan kembali firewall yang telah terpasang pada perangkat telah beroperasi dan benar. Dengan begitu, seluruh data yang ada akan tetap aman dan terlindungi.


2. Mencegah Kebocoran Informasi

Secara tidak langsung, firewall juga berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran data ataupun informasi melalui filterisasi terhadap ancaman virus dan serangan hacker.

Penggunaan firewall pada jaringan komputer merupakan upaya proteksi data yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan keamanan data pada perangkat. Terutama bagi organisasi atau perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan data konsumen yang bersifat rahasia dan sensitif.

3. Monitoring Bandwidth

Selain berfungsi sebagai sistem keamanan jaringan, firewall juga dapat membatasi dan memonitor penggunaan bandwidth. Pemilik perangkat, dapat mengatur batasan penggunaan bandwidth pada konten-konten berupa video, musik, ataupun hiburan lainnya, sehingga kuota bandwidth akan tetap terjaga dengan stabil.

4. Memberi Kenyamanan pada Saat Bermain Game Online

Perlu diketahui bahwa permainan game online, memiliki celah keamanan dengan risiko yang sangat tinggi. Melalui tingginya kecepatan pertukaran data yang terjadi antar perangkat pada saat game online dimainkan, banyak pula para hacker yang memasukkan virus ataupun malware sehingga pengguna dibuat tidak sadar akan hal tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan pengamanan khusus lewat penggunaan firewall agar perangkat tetap memiliki proteksi data yang tinggi.

 

Cara Kerja Firewall

Setelah mempelajari pengertiannya, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara kerja firewall. Firewall memiliki tiga metode dalam menjalankan fungsinya sebagai penyaring lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar dari perangkat komputer. Metode ini hanya bisa dijalankan oleh firewall perangkat keras (hardware) dan tidak berlaku untuk jenis firewall perangkat lunak (software). Dari ketiga metode yang ada, firewall dapat langsung menjalankan 2 dari 3 metode secara bersamaan.

1. Filterisasi Paket

Pada metode ini, firewall akan bekerja dengan cara memeriksa setiap paket yang masuk, dan kemudian mencocokkan dengan regulasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan  begitu, firewall akan memperbolehkan atau melarang jaringan tertentu untuk masuk ke dalam komputer tergantung pada aturan yang berlaku.

2. Layanan Proxy

Firewall bekerja tepat diantara penghubung sistem dan jaringan, dan bertugas memeriksa paket yang saling bertukar melalui jaringan

3. Stateful Inspection

Stateful inspection memungkinkan firewall untuk memeriksa dan menelusuri history pada paket. Setiap paket yang diterima akan diperiksa dalam database paket. Jika paket dinilai mengandung ancaman terhadap keamanan data, maka paket akan langsung ditolak. Akan tetapi, jika paket dirasa aman, maka firewall akan memberikan akses jaringan untuk masuk ke dalam komputer.

 

 

Jenis- Jenis Firewall

Terdapat beberapa jenis firewall yang banyak diaplikasikan ke dalam sebuah sistem komputer, berikut ini di antaranya:

Packet - Filtering Firewall

Filtering firewall merupakan jenis firewall paling dasar yang bekerja dengan cara memeriksa paket secara sederhana dari aspek luar saja seperti, alamat IP sumber dan tujuan, protokol, serta nomor port. Firewall tipe ini tidak akan membuka isi paket tersebut dalam memeriksa keamanan paket,. Sehingga, jika dari screening luar paket tersebut dinilai tidak aman, maka paket tersebut akan langsung ditolak secara otomatis.

Proxy Firewall

Proxy firewall berfungsi sebagai pintu gerbang dari satu jaringan ke jaringan lain pada sistem aplikasi. Sebagai jenis firewall yang terletak diantara dua sistem, proxy firewall akan memantau lalu lintas di jaringan aplikasi, lalu mengeceknya ke stateful inspection firewall untuk melihat apakah paket tersebut aman dan dapat dikirim ke komputer kamu atau tidak.

Web Application Firewall

Dikenal juga dengan sebutan WAF. WAF bertanggung jawab untuk menyaring dan memblokir paket yang masuk dan keluar dari situs website ataupun aplikasi web. WAF dapat diletakkan di berbagai titik, baik di jaringan, host, cloud, maupun di beberapa website atau aplikasi web. Hampir serupa dengan proxy firewall, hanya saja WAF lebih berfokus untuk dapat melawan serangan siber berbasis aplikasi web.

 

Kesimpulan

Metode proteksi keamanan firewall menjadi salah satu upaya penting untuk meningkatkan proteksi keamanan pada sistem jaringan maupun perangkat. Salah satu upaya upaya untuk menjaga sistem website tetap aman adalah dengan memilih dan menggunakan layanan hosting yang andal dan telah mendukung proteksi keamanan proxy firewall, packet-filtering firewall dan fitur SSL. NEO WEB dari Biznet Gio adalah solusi terlengkap untuk proteksi website kamu. Dengan begitu, tingkat keamanan situs web dan jaringan yang kamu miliki tetap aman dan terhindar dari ancaman virus maupun hacker. Info selengkapnya cek di https://www.biznetgio.com/.