news image
news 16 Mei 2023

Memahami Perbedaan CPU, vCPU, Core, dan Thread

CPU (Central Processing Unit) merupakan salah satu komponen paling krusial pada server karena CPU adalah komponen utama yang menentukan kinerja dan kecepatan sebuah server dalam menjalankan tugas dan memproses data. Sebagai server yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dari skala besar dan kecil, kecepatan dan ketepatan dalam pemrosesan data sangatlah penting. Dari sini penting untuk memahami berbagai istilah mengenai CPU. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara CPU, vCPU, Core, dan Thread.

 

Cara Kerja CPU

CPU bertanggung jawab untuk menjalankan perintah-perintah dan tugas-tugas yang diberikan baik oleh pengguna atau permintaan dari program lainnya. Operasi dasar komputer disebut siklus 'fetch-execute'. CPU dirancang untuk memahami sekumpulan instruksi - instruksi. Cara kerja CPU dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu;

 

  1. CPU mengambil instruksi satu per satu dari memori utama ke dalam register (fetch).
  2. CPU menerjemahkan instruksi (decode) dan menentukan operasi apa yang harus dilakukan.
  3. CPU mengeksekusi instruksi (execute).
  4. Proses diulangi sampai tidak ada instruksi lagi.

 

Pada cara kerjanya CPU pada server memiliki beberapa inti (cores) yang dapat bekerja secara independen melakukan tugas yang berbeda sehingga dapat melakukan berbagai tugas dalam satu waktu. Server cenderung digunakan untuk mengelola banyak tugas secara bersamaan, sehingga mengharuskan CPU untuk dapat mengatur dan memprioritaskan operasi dengan efisien untuk memastikan bahwa semua tugas yang dijalankan dapat diselesaikan dengan cepat dan efektif. Oleh karena itu, CPU pada server biasanya memiliki kecepatan dan kapasitas yang lebih besar daripada CPU pada komputer desktop atau laptop biasa.

Tapi pada aktualisasinya, CPU tidak dapat bekerja sendiri dan harus didukung oleh RAM dan media penyimpanan (storage). RAM berfungsi sebagai berfungsi sebagai penyimpanan sementara yang bekerja saat perangkat beroperasi RAM berfungsi sebagai penyimpanan sementara yang bekerja saat perangkat beroperasi. Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak data dan instruksi yang dapat diakses dan digunakan oleh CPU secara bersamaan. Oleh karena itu, RAM yang cukup besar sangat penting untuk mendukung kinerja server secara keseluruhan. Begitu juga dengan storage, kapasitas storage juga harus memadai agar server dapat menyimpan data yang diperlukan, serta menampung aplikasi dan sistem operasi.

 

Perbedaan CPU, vCPU, Core, dan Thread

Pada CPU-pun terdapat beberapa istilah yang mungkin akan membingungkan jika tidak memahaminya. Untuk itu, berikut ini adalah perbedaan antara CPU, vCPU, Core, dan Thread:

 

  1. CPU (Central Processing Unit)
     

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, CPU adalah bagian dari komputer/server yang berfungsi sebagai otak dan menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan oleh pengguna maupun program. CPU terdiri dari beberapa komponen seperti control unit, arithmetic logic unit, dan register. CPU dapat terdiri dari beberapa core atau unit pemrosesan yang dapat melakukan tugas secara bersamaan.

     

  2. vCPU (Virtual Central Processing Unit)
     

    vCPU adalah CPU virtual yang sering ditemukan pada mesin virtual misalnya pada VPS. vCPU dapat dibagi atau dialokasikan ke banyak mesin virtual berbeda, sehingga meningkatkan fleksibilitas dan penggunaan sumber daya yang lebih efisien pada server fisik. Fungsinya sama seperti CPU umumnya yaitu untuk menjalankan sistem operasi dan aplikasi. Jumlah vCPU yang tersedia pada server fisik tergantung pada jumlah core CPU fisik yang tersedia. vCPU core sendiri nantinya memungkinkan mesin virtual untuk mengakses sebagian dari kapasitas CPU fisik yang tersedia pada server fisik.

     

  3. Core
     

    Core adalah unit pemrosesan yang terdapat dalam CPU yang dapat melakukan instruksi secara mandiri. CPU dapat memiliki beberapa core untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi. Semakin banyak core yang dimiliki oleh CPU, semakin banyak tugas yang dapat dilakukan secara bersamaan. Misalnya, CPU dual-core dapat melakukan dua tugas secara bersamaan.

     

  4. Thread
     

    Thread merupakan unit pemrosesan terkecil pada CPU yang bersifat independen. Thread biasanya dijalankan bersamaan dengan unit pemrosesan lain dalam sebuah CPU core. Dengan beban kerja yang dimiliki sebuah core, thread berfungsi untuk memecah tugas tersebut menjadi tugas-tugas kecil dan memprosesnya secara paralel. Hal ini akan dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi pemrosesan oleh CPU. Dengan menggunakan thread, CPU dapat memproses lebih banyak tugas secara bersamaan dan meningkatkan kinerja CPU secara keseluruhan.

 

Core dan Thread, sudah paham bedanya?

Sebagai kesimpulan, core dan thread merupakan komponen yang dari CPU, core bertugas untuk melakukan dan mengeksekusi tugas, sedangkan thread berfungsi untuk memecah beban kerja core untuk meningkatkan efisiensi dan performa CPU. Sedangkan untuk vCPU merupakan CPU virtual yang digunakan untuk mesin virtual dan akan mengakses kapasitas CPU fisik yang tersedia pada server fisik.

 

Setelah memahami perbedaan ini tentu kamu sudah tahu apa maksudnya daftar spesifikasi yang tersedia pada produk cloud. Misalnya pada layanan Biznet Gio yaitu NEO Metal dan NEO Lite. NEO Metal merupakan layanan dedicated bare metal server, bare metal sendiri merupakan server fisik yang memiliki konfigurasi CPU fisik. Sebagai contoh, untuk NEO Metal m1.large.x86 yang menggunakan AMD EPYC™ 7702P, dimana prosesor tersebut memiliki 64 core dan 128 thread. Jumlah core yang tinggi tersebut menyebabkan NEO Metal mampu mengemban beban kerja server yang tinggi dengan performa maksimal.

 

Sedangkan, NEO Lite merupakan product yang menggunakan vCPU karena merupakan sebuah mesin virtual atau lebih sering disebut VPS. Misalnya pada paket NEO Lite MM 8.8 yang memiliki 8 core vCPU. Dengan spesifikasi tersebut sudah mampu untuk menjalankan website atau aplikasi sekaligus dengan performa tinggi.

 

Sekian artikel kali ini mengenai perbedaan CPU dan vCPU serta core dan thread. Biznet Gio memberikan solusi menyeluruh dari berbagai produk cloud yang telah kami rilis. Mulai dari bare metal NEO Metal, elastic cloud server NEO Virtual Compute, VPS NEO Lite, hingga produk hosting seperti NEO Dedicated Hosting, NEO Web Hosting, dan NEO WordPress

Untuk informasi lebih lanjut mengenai seluruh layanan Biznet Gio kamu bisa menghubungi support@biznetgio.com