news image
news 15 Januari 2024

Apa Itu Robots.txt? Fungsi, Kelebihan, hingga Cara Menggunakannya

 

Optimasi website dapat dilakukan dengan berbagai cara untuk menghasilkan lebih banyak pengunjung dan interaksi di website. Robots.txt adalah file penting yang bisa membantu konten di website dapat terindeks oleh mesin pencari secara lebih optimal.

 

Sebaiknya jangan sampai salah dalam menggunakan robots.txt karena bisa merugikan performa website. Penggunaan, pembuatan, hingga setting robots.txt dapat dilakukan menggunakan beberapa cara.

 

Bagaimana cara pembuatan dan setting robots.txt? Apa saja yang harus diperhatikan? Jika kamu masih belum terlalu paham tentang robots.txt, baca informasi lengkap tentang komponen penting tersebut melalui artikel ini.

 

Apa Itu Robots.txt?

Pengertian robots.txt adalah sebuah file yang berperan dalam membantu mesin pencari seperti Google untuk melakukan crawl terhadap isi konten serta URL pada website. File ini berisi instruksi dan perintah ke terhadap bot untuk melakukan crawl.

 

Instruksi dalam robots.txt adalah mengizinkan atau menolak proses crawl mesin pencari terhadap semua laman atau laman tertentu saja yang ada dalam suatu situs website. Instruksi tersebut juga bisa berupa menolak mesin pencari untuk crawl ke beberapa halaman ataupun keseluruhan website.

 

Meskipun demikian, file robots.txt bukan merupakan komponen untuk menjaga informasi website. Hal ini karena file ini hanya berperan dalam mengatur crawl atau akses indeks mesin pencari.

 

Pengguna tetap bisa mengunjungi laman atau konten yang tidak di-indeks dengan mengetahui alamat URL dari konten tersebut.

 

Pada umumnya, robots.txt diatur letaknya pada direktori root situs website. Kamu bisa mengaksesnya dengan mudah melalui URL namadomainkamu/robots.txt.

 

Fungsi dan Manfaat

Robot.txt untuk apa? Apa saja fungsi dan kegunaan dari robots.txt? Berikut ini beberapa manfaat dan fungsi robots.txt, yaitu:

 

  • Melakukan upaya pencegahan agar bot mesin pencari melakukan proses crawl ke konten terduplikat (duplicate content).
  • Membatasi proses crawl bot mesin pencari untuk mengakses website, sehingga kapasitas load server website tetap terjaga.
  • Meringankan beban server website.
  • Memastikan terdapat laman website yang tetap private untuk tujuan staging, pengaturan, tes, dan keperluan lainnya.
  • Menentukan atau mengatur lama mana saja yang bisa di akses Google Crawler atau mesin pencari lainnya

 

Selain beberapa fungsi tersebut, robots.txt juga memiliki hubungan dengan teknik SEO pada optimasi konten website. Memangnya, apa fungsi dari file robot.txt pada teknik SEO?

 

Penggunaan teknik SEO dalam setiap konten website tentu saja ingin kontennya terindeks oleh mesin pencari bahkan masuk pada halaman pertama agar mendatangkan lebih banyak traffic. Kondisi tersebut pun memungkinkan banyak pengguna tertarik dan mengakses website.

 

Di dalam SEO, kegunaan robots.txt adalah  agar konten website terdeteksi dan terindeks oleh crawler mesin pencari dengan lebih optimal, sehingga meningkatkan traffic website. Peningkatan traffic diharapkan mampu meningkatkan jasa/produk yang ditawarkan website.

 

Istilah Penting dalam Robots.txt dan Contohnya

Ketika melakukan pembuatan hingga setting robots.txt, Anda akan menemukan beberapa istilah penting. Berbagai istilah tersebut memiliki arti tersendiri dan harus dipahami oleh pengguna robots.txt.

 

  1. Istilah pada Robots.txt

    Apa saja istilah tersebut? Jika belum tahu, maka berikut ini beberapa istilah penting yang terdapat dalam robots.txt, yaitu:
     

    • User Agent

      Memiliki tugas untuk mendeskripsikan bot yang memiliki izin melakukan proses crawl pada suatu website.
       

    • Sitemap

      Digunakan untuk memberikan informasi tentang lokasi sitemap suatu website agar user agent dapat mengakses dan melakukan crawling.
       

    • Allow

      Allow pada robots.txt adalah sebuah instruksi yang memberikan izin user agent melakukan crawling terhadap laman website.
       

    • Disallow

      Disallow memiliki arti sebagai sebuah instruksi yang tidak memberikan izin user agent melakukan crawling terhadap laman website.
       

  2. Contoh

    Seperti apa contoh note atau kode file di dalam robots.txt? Jika belum tahu, maka berikut ini contoh text sederhana yang dituliskan dalam file robots.txt, yaitu:

    User-agent: Googlebot
    Allow: /
    Disallow: /contact/

    Pada contoh instruksi tersebut, cara kerja robots.txt robots.txt akan memberikan izin kepada Googlebot atau robot bot dari mesin pencari Google untuk melakukan crawl atas semua data atau laman yang ada di dalam website.

    Namun, robots.txt tidak memberikan izin Googlebot untuk crawl pada laman Contact.

     

Panduan Cara Mudah Membuat atau Setting Robots.txt

Pembuatan file robots.txt dapat dilakukan sendiri dengan menggunakan fitur pada platform tertentu, seperti misalnya CMS terpopuler yaitu WordPress. Bagaimana caranya? Berikut ini cara membuat robots.txt dengan mudah menggunakan WordPress, yaitu:

 

  1. Memanfaatkan Plugin All in One SEO

    Salah satu cara membuat dan setting Robots.txt adalah menggunakan plugin all in one SEO pack. Jenis plugin yang satu ini mirip dengan Yoast SEO, tetapi fiturnya lebih lengkap dan menarik.

    Bagaimana cara mengaktifkannya? kamu bisa langsung mengunduh plugin All in One SEO pada WordPress dan mengaktifkannya. Pilih bagian “Feature Manager” untuk melihat semua pilihan yang tersedia.

    Kelebihan pembuatan dan setting robots.txt adalah menggunakan plugin ini adalah lebih mudah dilakukan bahkan oleh pengguna baru. Hal ini karena kamu tidak perlu menulis seluruh kode instruksi secara manual. Sebaliknya, plugin All in One SEO lebih mudah digunakan untuk memilih instruksi yang diinginkan.
     

  2. Menggunakan Yoast SEO

    Robots.txt pada WordPress juga dapat dibuat dan diatur dengan memanfaatkan Yoast SEO. Pembuatannya dalam Yoast SEO cukup mudah dilakukan dan terkesan sederhana, sehingga dapat dipelajari oleh siapa saja.

    Pembuatan dan setting robots.txt dalam Yoast SEO dapat dilakukan dengan mengakses “File Editor” yang berada di pilihan “Tools” pada WordPress.

    Jika ingin membuat kode file robots.txt sendiri menggunakan Yoast SEO, maka kamu harus berhati-hati dan teliti. Hal ini agar kode yang dibuat tidak tumpang tindih dengan kode file robots.txt bawaan atau default dari Yoast SEO.

    Kelemahan Yoast SEO dalam pembuatan robots.txt adalah pengguna harus menulis secara manual seluruh kode instruksi, seperti kode untuk user agent, allow, disallow, dan lain sebagainya.

 

Hal Penting yang Harus Diperhatikan!

Di dalam penggunaan robots.txt terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja hal penting tersebut? Jika belum tahu, maka berikut ini beberapa poin pembahasan penting yang harus diperhatikan ketika menggunakan file robots.txt, yaitu:
 

  • Aturan dan setting file robots.txt adalah kemungkinan tidak didukung oleh semua mesin pencari. Artinya, ada kemungkinan crawler atau user agent lain yang tidak akan mematuhi instruksi di dalam file robots.txt.
     
  • Jika ingin meningkatkan keamanan informasi dalam website, maka disarankan tidak hanya menggunakan robots.txt dan sebaiknya menerapkan metode pemblokiran lainnya seperti firewall dan sejenisnya.
     
  • Crawler atau user agent mesin pencari dapat mengartikan sintaksis dengan cara yang berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya cari tahu sintaksis yang sesuai agar bisa menangani berbagai jenis crawler.
     
  • Laman website yang diatur tidak mendapat izin akses robots.txt sebenarnya masih dapat diindeks ketika ditautkan dari website lainnya.

 

Tingkatkan Crawling Website dengan Robots.txt

Robots.txt adalah file yang digunakan untuk mengatur atau memberi instruksi bot mesin pencari dalam mengakses atau crawl website. File robots.txt harus dibuat dan diatur dengan tepat untuk mendukung SEO dan membuat website bekerja dengan optimal.

 

Sekian artikel kali ini mengenai apa itu robots.txt. Sebenarnya ada banyak elemen lain yang bisa meningkatkan visibilitas website di mesin pencari salah satunya adalah kecepatan website.

 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya sistem crawling membutuhkan performa server yang baik, karena itu setelah memastikan robots.txt hanya meng-crawling halaman yang diinginkan, pastikan juga hosting yang digunakan sudah memiliki performa tinggi.

 

Baca juga: Web Crawler, Bot Canggih Dalam Mesin Pencarian

 

Misalnya layanan NEO Dedicated Hosting dari Biznet Gio, layanan hosting lengkap dengan sumber daya terdedikasi untuk memastikan performa website selalu optimal dan siap tampung traffic tinggi.

 

Dengan sumber daya dedicated ini akan memastikan performa website berada di tingkat tinggi, selain itu pengelolaan server juga lebih mudah dengan opsi pilihan control panel yaitu cPanel maupun Plesk yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

 

Dapatkan NEO Dedicated Hosting mulai dari Rp182.000/bulan dengan sumber daya hingga 8 vCPU, 8 GB RAM, dan 60 GB SSD Storage yang juga sudah dilengkapi gratis Dedicated IP Public. Kunjungi Portal Biznet Gio sekarang. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui fitur live chat maupun email ke support@biznetgio.com