news image
news 4 Mei 2023

5 SEO Tracking Tools Terbaik 2023

Search engine optimization (SEO) merupakan proses untuk optimasi website agar bisa mendapatkan posisi teratas atau meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian, seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa website muncul di halaman pertama hasil pencarian dengankata kunci yang relevan.  

 

Lebih lanjut, SEO ini biasanya menggunakan sejumlah teknik atau metode, misalnya saja peningkatan kualitas konten, pembuatan backlink, optimasi struktur website, dan optimasi keyword

 

Selain itu, optimasi website ini bisa dilakukan dengan bantuan SEO tools. Melalui SEO tools, seseorang yang mengoptimasi website dapat mengukur dan menganalisis performa SEO website sehingga mengetahui langkah-langkah apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan performa.  
 

Melalui SEO tracking tools, kamu juga biasanya bisa menemukan beberapa fitur berikut ini: 
 

  • Analisis keyword 
  • Analisis backlink 
  • Analisis konten 
  • Monitoring kompetitor 
  • Analisis lalu lintas 

 

Tidak perlu khawatir, saat ini sudah tersedia banyak sekali SEO tracking tools yang dapat membantu kamu menganalisis website. Yuk, simak beberapa rekomendasi SEO tracking tools selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

 

  1. Google Analytics

    SEO tracking tools merupakan salah satu tool wajib bagi para pemilik website. Pasalnya, platform ini menyediakan perlengkapan untuk SEO tools pengguna website dan data performa website yang lengkap, seperti bagaimana pengunjung berinteraksi, demografis, hingga pelacakan konversi.  
     
    Adapun fitur utama Google Analytics ialah sebagai traffic monitoring, memantau data pengunjung secara real-time, memahami persona pengunjung, dan masih banyak lagi. Sayangnya, Google Analytics seringkali terkesan sulit dijalankan oleh pemula karena terkesan teknis. 
     

  2. SEMrush

    Bagi penggiat SEO, tentunya sudah tidak asing dengan SEO tracking tool yang satu ini. SEMrush merupakan tool all-in-one untuk optimasi mesin pencari, pemasaran media sosial, dan pemasaran konten.  
     
    SEMrush terbilang menjadi tool yang populer karena memiliki banyak sekali fitur dan informasi yang berguna bagi profesional SEO dan pemasar untuk memahami dan meningkatkan performa website mereka dalam mesin pencari. Alat ini mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang intuitif sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.  
     
    Selain itu, SEMrush memiliki banyak integrasi dengan platform dan alat lain, seperti Google Analytics, Google Search Console, dan Majestic, membuatnya menjadi one-stop solution untuk kebutuhan optimasi mesin pencari. 
     
    Dengan SEMrush, pengguna juga bisa meningkatkan SEO On Page dan Off Page dengan memanfaatkan beberapa fitur yang ada, seperti competitive research yang berupa ringkasan performa domain, keyword research, link building, on page & technical SEO, dan rank tracking. Data-data analisis SEMrush pun terbilang lengkap dan bisa ditampilkan dengan tabel yang ringkas dengan informasi yang singkat dan padat.  
     

  3. Ahrefs

    Hampir sama seperti SEMrush, Ahrefs merupakan SEO tool serbaguna yang ada sejak 2011. Adapun beberapa fitur utama Ahrefs antara lain Site Audit untuk mengoptimasi performa SEO On Page, Site Explorer untuk menganalisis kompetitor, Keyword Explorer, Content Explorer untuk menemukan konten yang sedang populer. Kemudian, Rank Tracker.  
     
    Tidak hanya menyediakan fitur yang lengkap, Ahrefs juga memiliki user interface (UI) yang baik dan How To Use pada setiap tools-nya sehingga memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya.  
     

  4. Moz

    Selanjutnya, ada Moz yang terkenal sebagai SEO tool dengan fitur optimasi lengkap. Adapun fitur unggulan Moz meliputi analisis backlink, keyword, dan lain sebagainya. Untuk menikmati semua fitur unggulannya, kamu bisa berlangganan Moz Pro terlebih dahulu. 
     
    Adapun Moz digemari karena memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, membantu pemasar dan profesional SEO memahami performa website mereka dalam mesin pencari. Moz juga memiliki database backlink yang kuat dan memiliki banyak fitur yang berguna untuk optimasi mesin pencari, seperti laporan posisi situs web dan alat optimasi teknis. Tool ini juga memiliki integrasi dengan alat lain seperti Google Analytics dan Google Search Console. 
     

  5. Ubersuggest

    Ubersuggest merupakan SEO tool yang terkenal karena serbaguna dan dapat membantu optimasi secara on page dan off page. Tiga fitur utama tool ini antara lain Keyword Analyzer yang dapat menganalisis kekuatan keyword, memberi kata kunci yang relevan, hingga menampilkan laporan performa keyword yang bersangkutan. 
     
    Kedua, SEO Explorer yang dapat menganalisis SEO on page, memberikan informasi mengenaik backlink, dan informasi terkait SEO. Terakhir, Competitive Analysis di mana memberikan data SEO beberapa kompetitor sekaligus. 

 

Itulah lima SEO tracking tools populer yang banyak digunakan pada 2023. SEO tool menjadi langkah yang efektif untuk menjalankan strategi SEO kamu. Namun, kamu juga perlu memiliki keahlian dan menguasai teknik-teknik optimasi SEO agar lebih optimal. Selain itu, setiap SEO tools juga memiliki keunggulannya masing-masing sehingga kamu bisa mengkolaborasikan satu tool dengan tool lainnya. 


Selain menggunakan SEO tools, jenis hosting yang kamu gunakan juga tidak kalah penting untuk kualitas website kamu. Pastikan menggunakan layanan yang cepat, aman, dan dari provider tepercaya, seperti NEO WordPress dari Biznet Gio.  


Layanan tersebut merupakan hosting WordPress instan yang dapat menjalankan WordPress siap pakai dalam 60 detik anti ribet tanpa perlu setup server, lengkap dengan gratis SSL, dan gratis domain sementara yang disediakan oleh sistem. Ditambah dengan kecanggihan teknologi Kubernetes, di mana saat website makin berkembang yang ditandai dengan meningkatnya traffic, kamu bisa mengubah resource pada NEO WordPress dengan mudah sesuai kebutuhan tanpa mengalami downtime.  


NEO WordPress juga dilengkapi fasilitas gratis bandwidth besar hingga 10 Gbps yang gratis tanpa kuota untuk pastikan akses website lebih cepat. Cukup dengan Rp50.000/bulan kamu sudah bisa mendapatkan NEO WordPress dengan sumber daya komputasi 2 vCPU, 2GB RAM, dan 10 GB SSD Storage. Untuk info lebih lanjut, hubungi kami via live chat di website Biznet Gio atau via email di sales@biznetgio.com.