news image
news 22 Februari 2023

Virtual Private Server (VPS) adalah layanan server virtual yang memiliki sumber daya yang dedicated dan terisolasi dari server utama serta hanya bisa digunakan oleh satu pengguna. Ini menyebabkan VPS memiliki performa yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan shared hosting biasa.

 

Shared hosting biasanya sudah terinstal software lengkap yang bisa digunakan untuk membuat website. Biasanya software yang diinstal ini merupakan control panel yang berisi kumpulan tool untuk mempermudah pengelolaan server dan website pada satu dashboard dengan UI yang user-friendly.

 

Sedangkan pada VPS biasanya tidak memiliki fitur control panel bawaan dan pengunjung bisa memilih untuk menggunakan control panel atau tidak. Melalui artikel ini kamu akan mengetahui kenapa serta beberapa kelebihan menggunakan VPS dengan control panel atau tanpa control panel.

 

Perbedaan menggunakan VPS dengan Control Panel dan Tanpa Control Panel

VPS pada dasarnya memiliki resource dedicated yang bisa digunakan oleh satu tenant dan bisa digunakan untuk mengelola website dan aplikasi. Memiliki resource yang dedicated ini jugalah yang menyebabkan VPS memiliki performa yang tinggi. Namun, VPS membutuhkan kemampuan teknikal yang lebih tinggi karena VPS pada dasarnya adalah sebuah server kosong yang hanya terinstal OS.

 

Lalu untuk mengelola server tersebut pengguna akan diberikan akses ke server melalui SSH dan Web Console. Kedua metode ini akan memberikan tampilan CLI jadi pengguna harus memasukkan command untuk mengelola server. Mengelola server dengan command bagi sebagian orang khususnya pemula membuat pengelolaan server menjadi lebih sulit karena itu muncul solusi yaitu dengan menggunakan control panel.

 

Control panel membuat pengaturan server menjadi lebih mudah karena menampilkan satu dashboard dengan tampilan graphical user interface (GUI) yang mudah dimengerti. Pengguna bisa mengelola website ataupun aplikasi pada VPS dengan mudah tanpa perlu memasukkan command atau coding apapun.

 

Bagi kamu yang ingin mendapatkan kemudahan dalam menggunakan VPS dimana kamu bisa mengelola server dan website dan menerapkan pengaturan keamanan dengan mudah menggunakan control panel dapat mempermudah pengelolaan website. Selain itu menggunakan control panel juga akan mempermudah pengelolaan email serta beberapa fitur yang bisa diotomatisasi tanpa menggunakan coding apapun sehingga opsi VPS dengan control panel lebih ramah pengguna.

 

Kelebihan Menggunakan VPS Tanpa Control Panel

Sebelumnya sudah dikatakan bahwa menggunakan VPS tanpa control panel akan memberikan keleluasaan penuh kepada pengguna untuk mengelola server dengan akses root. Akses root inilah yang tidak dimiliki oleh shared hosting dan terbatas dengan apa yang tersedia pada control panel yang diberikan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan menggunakan VPS tanpa control panel.


  1. Lebih hemat: VPS tanpa control panel biasanya lebih ringan dan memiliki performa yang lebih baik karena tidak terbebani oleh resource yang digunakan oleh control panel. Misalnya cPanel, control panel yang cukup populer ini membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 5 GB sedangkan untuk syarat penggunaan cPanel minimal memiliki sisa 20 GB di ruang penyimpanan.


  2. Lebih aman: Tanpa control panel, risiko terkena serangan seperti man in the middle dan brute force yang menargetkan control panel akan berkurang. Hal ini bisa terjadi karena untuk menggunakan control panel harus open port dan memiliki kredensial seperti username dan password. Jika digunakan tanpa control panel, VPS dapat diakses dengan menggunakan SSH key yang mengenkripsi akses dan lebih aman.

  3. Konfigurasi lebih luas: Tanpa control panel, VPS bisa diakses dan digunakan untuk fungsi yang lebih luas. Hal ini bisa terjadi karena control panel biasanya sudah memiliki menu-menu yang memiliki fungsi tertentu, ini bisa menyebabkan kapabilitas yang dimiliki VPS dengan control panel terbatas dan hanya bisa digunakan untuk menu-menu yang tersedia.

  4. Harga lebih murah: VPS tanpa control panel biasanya lebih murah daripada VPS yang dilengkapi dengan control panel. Ini dikarenakan control panel yang memiliki fitur lengkap biasanya berbayar dan dari segi harga lebih mahal. Walaupun juga tersedia opsi control panel yang gratis tapi biasanya memiliki fitur yang dibatasi.

 

Kelebihan Menggunakan VPS dengan Control Panel

Setelah mengetahui kelebihan menggunakan VPS tanpa control panel bagaimana dengan VPS yang dilengkapi control panel? Pada penggunannya, menggunakan VPS dengan control panel dapat mempermudah pengelolaan website.

 

Berbeda jika menggunakan VPS tanpa control panel yang membutuhkan pengetahuan teknis. Selain itu berikut ini merupakan kelebihan dari menggunakan VPS dengan control panel.

 

  1. Manajemen VPS lebih mudah: Dengan menggunakan control panel, pengelolaan VPS menjadi lebih mudah karena pengguna tidak perlu lagi menggunakan command line interface (CLI) yang membutuhkan pengetahuan teknis. Control panel menyediakan antarmuka grafis (GUI) yang mudah digunakan.

  2. Fitur lengkap: Control panel memberikan fitur yang lengkap namun dengan penggunaan yang mudah. Kamu bisa mendapatkan fitur lengkap untuk mengelola email dan website, menambahkan aplikasi pihak ketiga, memasang CMS, dan lain-lain.

  3. Memiliki fitur keamanan bawaan: Dengan menggunakan control panel, VPS bisa lebih aman karena memiliki fitur firewall bawaan, dan beberapa fitur lainnya seperti antivirus dan two-factor authentication sehingga menyebabkan VPS dengan control panel lebih aman dari serangan siber.

  4. Monitoring dan statistik: Control panel VPS biasanya menyediakan fitur monitoring server yang memberikan data statistik lengkap mengenai penggunaan sumber daya VPS, seperti CPU, RAM, dan penggunaan disk, dan jaringan. Bahkan juga terdapat fitur notifikasi jika seandainya terjadi anomali pada sumber daya server seperti sumber daya penuh atau bekerja kurang optimal. Ini dapat menjadikan pengguna dapat mengoptimalkan performa server. 

 

Walaupun menggunakan VPS tanpa control panel dapat menghemat biaya dan resource, namun, VPS tanpa control panel mungkin tidak cocok untuk semua orang. VPS dengan control panel biasanya lebih mudah digunakan oleh pemula yang tidak paham server maupun coding sekalipun akan tetapi ingin memiliki performa yang lebih tinggi. Ini terjadi karena control panel memiliki antarmuka yang user-friendly dengan setiap menu yang jelas serta memiliki dokumentasi yang lengkap.

 

VPS Dengan Control Panel atau Tanpa Control Panel 

Sekian artikel tentang kelebihan mengelola VPS dengan control panel maupun tanpa control panel. Opsi tanpa control panel cocok jika kamu memiliki budget sangat terbatas dan ingin menghemat resource namun memiliki pengaturan penuh dari VPS. Sedangkan opsi dengan control panel cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan beragam kemudahan dalam mengelola server dan website. Jika kamu menginginkan opsi control panel, VPS NEO Lite bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu karena sudah dilengkapi lisensi control panel cPanel gratis.

 

Baca juga: Cara Menggunakan VPS untuk Pemula

 

Layanan VPS hosting performa tinggi namun memiliki harga terjangkau yaitu NEO Lite bisa kamu dapatkan dengan harga Rp50.000 dan kamu bisa mendapatkan VPS NEO Lite dengan sumber daya komputasi 1 core CPU, 1 GB RAM, dan 60 GB storage dengan kebebasan memilih OS yang disukai dan didukung gratis bandwidth hingga 10 Gbps. Khusus untuk paket NEO Lite MM 8.4 dengan harga Rp245.000 kamu akan mendapatkan lisensi cPanel Solo© Cloud yang bisa di klaim secara gratis melalui Portal Biznet Gio.

 

Kunjungi Portal Biznet Gio sekarang juga. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami di support@biznetgio.com.