news image
news 15 Maret 2024

Kenali Perbedaan Web Hosting dan VPS Agar Tidak Salah Pilih

 

Jika kamu seorang developer atau pengembang website, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah hosting atau virtual private server (VPS). Sebab, saat mulai mengembangkan website kamu perlu memilih salah satu antara web hosting atau memakai VPS yang termasuk dalam cloud computing.

 

Saat ini, banyak pelaku bisnis yang sudah memanfaatkan sistem cloud ini untuk mengembangkan bisnisnya. Namun, diantara dua pilihan tersebut, tahukah kamu perbedaan dan perbandingannya?

 

Nah, kamu perlu menyimak artikel ini hingga akhir, untuk mengetahui lebih dalam perbedaan web hosting dan VPS, supaya dalam pengembangan website kamu tidak salah pilih. Tanpa berlama-lama, berikut penjelasannya!

 

Apa itu Web Hosting?

Sebelum membandingkan antara web hosting dan VPS, ada baiknya untuk mengetahui definisinya masing-masing terlebih dahulu. Pertama, apa itu web hosting? Pada dasarnya, web hosting adalah tempat untuk menyimpan file dan data pada sebuah website agar website dapat diakses melalui internet.

 

Web hosting adalah jenis layanan cloud computing yang bekerja pada beberapa server sekaligus. Kelebihannya hosting bisa menggunakan beberapa server sehingga sumber daya yang digunakan lebih efisien, tetapi juga menjadi kelemahan karena dalam satu server bisa digunakan oleh beberapa user sekaligus.

 

Biasanya web hosting menyediakan beberapa jenis paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna seperti, CPU, RAM, storage serta dilengkapi dengan kemudahan untuk mengelola layanan hosting menggunakan control panel seperti cPanel atau Plesk.

 

Selain didasarkan pada kebutuhan, web hosting juga dibedakan menurut jumlah usernya. Jika sumber daya digunakan bersama atau lebih dari satu orang maka disebut dengan shared hosting, sedangkan jika sumber daya digunakan untuk satu pengguna saja disebut dedicated hosting. 

 

Apa itu VPS?

VPS atau Virtual Private Server adalah salah satu jenis hosting yang menerapkan teknologi virtualisasi untuk memisahkan server fisik menjadi beberapa server virtual.

 

Hal ini bertujuan untuk mengisolasi resource server agar tidak dapat diakses oleh pengguna lain. Jika kamu menggunakan VPS maka kamu memiliki kontrol sepenuhnya pada server. Sumber daya server juga tersedia secara eksklusif dan bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

 

Agar lebih memahami, cara kerja VPS bisa kamu analogikan dengan rumah kontrakan atau indekos. Jika kamu sewa rumah kontrakan tersebut, maka kamu juga bisa bebas mengatur furnitur atau hiasan.

 

Hal ini juga sama dengan VPS, jika berlangganan kamu bisa mengisi slot kosong VPS tersebut sesuai dengan kebutuhan website. 

 

Perbedaan Web Hosting dan VPS

Setelah memahami definisi dari web hosting maupun VPS, kamu juga perlu mengetahui perbedaan dari aspek lainnya.  

Hal ini penting sebagai pertimbangan sebelum memilih web hosting maupun VPS untuk website-mu. Langsung saja yuk simak, perbedaan web hosting dan VPS yang perlu kamu ketahui:

 

  1. Harga
    Perbedaan web hosting dan VPS yang pertama dapat dilihat dari segi harganya. Harga berlangganan web hosting khususnya shared lebih murah jika dibandingkan dengan VPS. Hal ini disebabkan, VPS memiliki keunggulan dimana sumber daya yang diberikan dedicated dan fleksibilitas yang lebih tinggi karena diberikan akses root.

    Sementara, web hosting memiliki harga lebih murah karena sumber daya tidak bersifat dedicated untuk satu pengguna. Walaupun demikian web hosting memiliki kelebihan lainnya seperti fitur gratis domain untuk website.
     
  2. Performa
    Jika dibandingkan dengan web hosting, VPS memiliki performa yang lebih baik. VPS memberikan kebebasan bagi pengguna untuk mengoperasikan dan kustomisasi layanan. Hal ini tentunya juga sebanding dengan konsekuensinya, pengguna harus memiliki skill khusus untuk bisa memahami pengaturannya.
     
  3. Fleksibilitas
    Dari segi fleksibilitas, maka VPS lebih unggul dibandingkan dengan web hosting. Dengan resource dedicated yang diberikan, pengguna memiliki kontrol penuh untuk mengatur arsitektur atau operasional server.

    Contoh kustomisasi yang bisa dilakukan dengan VPS adalah pemilihan control panel. Pengguna bebas memilih cPanel, Webuzo, VestaCP dan lain sebagainya. Sementara, web hosting tidak memiliki pilihan penyesuaian kare secara bawaan sudah ditentukan oleh penyedia hosting.
     
  4. Keamanan
    Perbedaan berikutnya ada pada segi keamanan. VPS sendiri diklaim sebagai layanan hosting yang aman, namun hal ini masih didasarkan pada penggunanya. Jika pengguna memiliki skill khusus dalam pengoperasian VPS, maka situs web akan lebih aman.

    Jika dibandingkan dengan VPS, web hosting juga dianggap aman karena biasanya penyedia hosting sudah menerapkan keamanan kepada web hosting, seperti misalnya fitur anti-virus serta daily backup untuk mengamankan data.

 

Tabel Perbedaan Web Hosting dan VPS  

Agar lebih mudah memahami perbedaan web hosting dan VPS, kami menyajikan data dalam bentuk tabel berikut ini:

 

PerbedaanWeb HostingVPS
DefinisiMerupakan layanan yang menyediakan ruang server untuk menyimpan situs web dan aplikasi secara online. Server ini biasanya dibagi-bagi antara banyak penggunaMerupakan bentuk hosting di mana server fisik dibagi menjadi beberapa server virtual yang beroperasi secara mandiri. Setiap VPS memiliki sumber daya (CPU, RAM, storage) yang terpisah dan dapat diatur sendiri.
Isolasi Terdapat tingkat isolasi yang rendah karena server dibagi-bagi oleh banyak pengguna, sehingga satu masalah di satu situs web dapat mempengaruhi kinerja situs web lain di server yang sama.Menyediakan isolasi yang lebih tinggi karena setiap VPS beroperasi secara independen. Masalah pada satu VPS tidak akan memengaruhi VPS lainnya. 
Akses Akses ke server terbatas, biasanya melalui control panel atau antarmuka web. Pengguna memiliki akses terbatas untuk mengkonfigurasi server.Pengguna memiliki akses root atau administrator penuh ke VPS, memungkinkan konfigurasi dan instalasi yang lebih fleksibel. 
SkalabilitasTerbatas oleh sumber daya fisik yang tersedia di server bersama. Kemampuan untuk meningkatkan sumber daya terbatas. Lebih mudah untuk menskalakan sumber daya karena setiap VPS memiliki sumber daya yang terpisah dan dapat diatur sendiri sesuai kebutuhan oengguna
KeamananDikelola oleh layanan penyedia hosting, selain itu pengguna juga dapat memberikan perlindungan tambahan walaupun terbatas pada apa yang diberikan control panel.Keamanan dikelola secara mandiri oleh pengguna VPS sehingga membutuhkan skill teknis khusus.
BiayaLebih murah karena sumber daya dibagi-bagi oleh banyak pengguna, sehingga biaya per pengguna lebih rendah. Lebih murah karena sumber daya dibagi-bagi oleh banyak pengguna, sehingga biaya per pengguna lebih rendah.Lebih mahal karena setiap VPS menyediakan sumber daya yang terpisah dan dapat diatur sendiri. Namun, biaya ini bisa sebanding dengan fleksibilitas dan keamanan yang lebih baik. 

 

Jadi Pilih Web Hosting atau VPS?

Itu lah penjelasan tentang perbedaan web hosting dan VPS. Jika kamu menginginkan keunggulan fleksibilitas dan kustomisasi tanpa batas maka VPS menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika kamu menginginkan skalabilitas tinggi tanpa harus memiliki skill khusus, maka cloud hosting adalah jawabannya.

 

Baca juga: Mengenal Perbedaan antara NEO Web Hosting, NEO Dedicated Hosting, dan NEO WordPress

 

Nah, jika kamu sudah menentukan pilihan, kini saatnya untuk memilih layanan terbaik. Kabar baiknya ada NEO Lite dan NEO Web Hosting yang bisa kamu percayakan.

 

NEO Lite merupakan VPS Indonesia berkecepatan tinggi dengan kapasitas yang bisa kamu tingkatkan kapan saja. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir keamanan situs web, sebab layanan ini sudah dilengkapi dengan proteksi keamanan berlapis menggunakan Firewall dan DDoS protection.

 

Sementara, untuk NEO Web Hosting ini cocok untuk kamu yang ingin mengembangkan web bisnis UMKM, web portofolio, maupun web untuk company profile. Mulai dari 20Ribu rupiah kamu sudah bisa berlangganan NEO Web hosting ini, lho! Selain mendapatkan domain pilihan, SSL dan antivirus gratis, kamu juga bisa mengelola cPanel dengan mudah, serta performa SSD yang kencang untuk menampung beban kerja yang tinggi. 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur baru NEO Lite dan NEO Web Hosting kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com