news image
news 8 Januari 2024

Apa itu WooCommerce? Pengertian, Kelebihan dan Cara Instal

 

Jika ingin mengembangkan website dan berencana membuat website toko online, maka WooCommerce adalah salah satu plugin yang menjadi pilihan tepat. Lebih lanjut, plugin WooCommerce adalah plugin yang memberikan layanan untuk pembuatan website toko online. Plugin ini sendiri hanya bisa dipasang dan ditemukan pada WordPress.

 

Dengan berbagai fitur yang melengkapinya, WooCommerce mampu melakukan transaksi, display products, analytic performa toko, dan lain sebagainya.

 

Untuk selengkapnya, yuk simak ulasan apa itu WooCommerce, fitur-fitur, kelebihan dan cara installnya.

 

Apa itu WooCommerce?

Lalu, apa itu WooCommerce? WooCommerce adalah plugin yang memiliki fungsi untuk membuat toko online dengan berbagai fitur lengkap yang akan mendukung bisnis online, agar lebih efektif dan juga efisien.

 

Fitur yang lengkap ini bisa digunakan penjual untuk menjual produk atau jasanya melalui website. Adapun fitur yang dimiliki WooCommerce seperti, keranjang, pembayaran, laporan, analytic performa toko, manajemen produk, dan fitur toko online lainnya.

 

Jadi, pada dasarnya WooCommerce adalah salah satu rekomendasi plugin di WordPress yang diperuntukan untuk perorangan atau bisnis yang ingin membuat media penjualan sendiri melalui toko online di website.

 

Kelebihan WooCommerce

Selain dapat membuat website toko online yang mudah dan cepat, WooCommerce juga memiliki banyak kelebihan lainnya yang membuatnya berbeda dengan plugin yang lain. Berikut beberapa kelebihan dari WooCommerce:

 

  1. Memiliki Fitur Lengkap dan Unggulan

    Kelebihan Woocommerce adalah memiliki fitur lengkap. Fitur ini tentunya guna untuk mendukung penjual maupun pembeli dalam bertransaksi.

    Fitur unggulan ini termasuk laporan penjualan, pengiriman, hingga payment gateway. Fitur ini juga diklaim bisa meningkatkan conversion rate, karena penjual dapat berbelanja langsung sesuai dengan kebutuhannya melalui website.
     

  2. Mobile Friendly

    Tahukah menurut data, banyak pengguna yang mengakses internet melalui mobile. Ini lah yang juga menjadi kelebihan dari Woocommerce, karena plugin ini mobile friendly sehingga, para pelanggan dan penjual dapat mengakses web toko online dimanapun hanya dengan menggunakan jaringan internet dan mobile phone.
     

  3. Tingkat Keamanan Tinggi

    Kelebihan berikutnya dari Woocommerce adalah memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Tentunya, hal ini penting sebab, website toko online akan menyimpan berbagai data penting penting seperti, data penjualan, customer, informasi produk dan lain sebagainya.

    Maka dari itu, menggunakan Woocommerce adalah pilihan yang tepat. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir dengan keamanan website toko online, dan data-data penting pastinya terjaga dengan baik.
     

  4. Mudah Dikustomisasi

    Selain fitur yang lengkap, kelebihan Woocommerce juga ada pada kemudahan kustomisasi. Sebagai pemula kamu juga tidak perlu khawatir, karena kustomisasi Woocommerce bisa dilakukan dengan mudah tanpa coding.

    Kamu bisa kustom berbagai extension untuk penjual seperti, support chat, pembayaran, shipping dan lain sebagainya. Bahkan Woocommerce ini memiliki 400 lebih extension yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
     

  5. Memfasilitasi Banyak Produk

    Keunggulan lainnya dari Woocommerce adalah kategori produk yang beragam. Hal ini tentu akan memudahkan penjual untuk memasarkan produknya.

    Woocommerce juga memiliki banyak tema yang bisa disesuaikan dengan produk, lebih dari 1000 pilihan tema mulai dari, restoran, hotel, makanan, dan lain sebagainya.

 

Alasan Kenapa Harus WooCommerce?

Setelah mengetahui kelebihan WooCommerce, tentunya sudah cukup alasan untuk memakai Woocommerce bukan? Selain, fitur yang lengkap dan pasti memenuhi kebutuhan untuk membuat website toko onlinemu, Woocommerce juga terbukti memiliki keamanan yang tinggi untuk menjaga data customer dan data penjualan.

 

Itu lah kenapa sudah banyak pengguna yang yang menggunakan. Hingga sekarang, sudah lebih dari 5 juta pengguna aktif yang menggunakan WooCommerce untuk website toko online.

 

Hal ini juga disebabkan karena WooCommerce bisa digunakan di WordPress dan bisa langsung diterapkan pada website. Sehingga tidak heran jika WooCommerce lebih familiar dan unggul dibandingkan plugin lainnya bagi pengguna WordPress.

 

Cara Install WooCommerce

Jika kamu menggunakan WordPress untuk website, dan berencana untuk menggunakan WooCommerce untuk web toko online, maka kamu perlu memahami cara install plugin WooCommerce di WordPress.  

 

Adapun cara install plugin WooCommerce di WordPress adalah sebagai berikut:

 

  1. Login pada WordPress sesuai dengan nama domain website, dan tambahkan /wp-admin. Lalu, klik login.
  2. Instalasi plugin WooCommerce, pilih plugin pada sidebar dan klik new kemudian tuliskan WooCommerce pada pencarian.
  3. Tunggu hasil instalasi WooCommerce di WordPress.
  4. Konfigurasi dan kustomisasi setting WooCommerce seperti menambah produk, mengatur harga produk, dan sebagainya.
     

Bikin Website Toko Online Sendiri

Dengan WooCommerce membuat website toko online menjadi lebih mudah dan murah. Penjual pun dapat menjangkau calon pembeli lebih luas dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh WooCommerce secara gratis. Namun, sebelum menggunakan WooCommerce pastikan kamu sudah memiliki website berbasis WordPress, ya.

 

Pasalnya, WooCommerce ini hanya bisa digunakan pada website yang berbasis WordPress. Nah, untuk berlanggganan WordPress yang lengkap, terjangkau dan terbaik percayakan pada NEO WordPress.  

 

Hanya dengan 50 ribu rupiah per bulan kamu bisa menikmati layanan WordPress dengan berbagai keunggulan diantaranya:  

 

  • Automasi kubernetes yang memungkinkan website selalu aktif dan minim gangguan di level server.
  • Anti downtime, karena peningkatan sumber daya komputasi secara seamless.
  • Memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari domain, SSL, bandwidth gratis, dan lain sebagainya.
  • Free AI Web Builder untuk pembuatan konten secara instan dengan text generator berbasis Chat GPT.
  • Tetap stabil dan mampu menampung jutaan visitor tiap bulan.
  • Support assistant yang akan selalu siap untuk membantu menangani segala tugas.

 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur baru NEO WordPress kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com