news image
news 8 Maret 2024

Apa itu AI: Pengertian, Jenis dan Perannya untuk Web Development

 

Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, kini sudah banyak digunakan juga teknologi kecerdasan buatan atau biasa disebut dengan AI (Artificial Intelligence). AI juga mulai banyak ditemukan untuk membantu kegiatan sehari-hari. Contoh AI yang sering dipakai adalah asisten virtual Google, Siri pada iOs, ChatGPT dan lain sebagainya. Tentu dengan kehadiran perkembangan teknologi ini, cukup menarik perhatian terutama perannya pada kehidupan sehari-hari kita.

 

AI memang diciptakan untuk membantu dan memudahkan pekerjaan manusia, sehingga banyak orang yang mulai mencoba hingga menggunakannya dalam menyelesaikan pekerjaan. Salah satunya para web developer. Siapa sangka, jika AI juga memiliki peran penting untuk membantu pekerja web development. 

 

Sebagai tambahan informasi juga, AI tidak semuanya berbentuk seperti asisten virtual seperti, Siri, Google Assistant dll, tetapi lebih dari itu AI juga dapat diterapkan untuk komputasi dan teknologi yang lebih modern. Sehingga tidak heran jika AI juga digunakan oleh web developer untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya.

 

Lantas, apa itu AI dan bagaimana perannya dalam membantu web development? Yuk, simak artikel ini hingga selesai. 

 

Apa itu AI? 

AI atau Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan pada sistem komputer yang dirancang dengan kecerdasan yang dapat menyerupai atau meniru kegiatan manusia. Kemudian, AI juga dapat membuat komputer untuk mengidentifikasi pola, belajar dari pengalaman, menentukan keputusan, serta membantu manusia untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan cepat.  

 

Lebih lanjut, AI juga memiliki kemampuan seperti manusia contohnya, memahami bahasa, belajar, dan beradaptasi dalam berbagai situasi. Saat ini AI juga sudah cukup populer bagi kalangan pekerja di bidang komputer, teknologi maupun internet. Salah satunya adalah web development.

 

Bagi pemula, AI bisa digunakan untuk membuat website tanpa harus coding. Ada berbagai jenis tool AI yang dapat dimanfaatkan untuk membuat website bisnis, personal maupun proyek lainnya.

 

Jenis-Jenis AI

Sebelum mengetahui peran AI untuk web development, ketahui dulu yuk jenis-jenis AI. Ada beberapa jenis AI yang didasarkan kemampuan dan fungsinya berikut ini:  

  1. AI Lemah (Weak AI) adalah AI yang memiliki keterbatasan kemampuan dalam melakukan tugas tertentu. Contoh AI Lemah adalah Siri atau Google Assistant.  
  2. AI Kuat (Strong AI) adalah kebalikan dari Weak AI, AI jenis ini memiliki kemampuan yang menyerupai atau setara dengan kecerdasan manusia. Namun, contoh dari Strong AI ini belum ada, dan kabarnya sedang tahap pengembangan.  
  3. AI Narrow (AI Sempit) adalah AI yang dirancang untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang lebih spesifik. Contohnya, seperti bermain games, mengenali gambar, dan lain sebagainya.  
  4. AI Broad (AI Luas) adalah AI yang ditugaskan untuk belajar dari pengalaman seperti, mobil otonom. 

 

Bagaimana AI Membantu Web Development?

Penerapan AI bisa digunakan apa saja, termasuk dalam pengembangan web. Bagi developer pemula tentunya hal ini sangat mempermudah. Apalagi dengan adanya berbagai tool AI yang bisa diikuti dengan langkah-langkah mudah dan cepat. Berikut peran AI dalam membantu pengerjaan web development.

 

  1. Melakukan Coding Cepat dan Mudah

    Cara kerja AI untuk website development yang pertama adalah dapat membuat coding lebih cepat dan mudah. Jika kamu sebagai pemula web developer pun tidak perlu khawatir, pasalnya dengan AI kamu bisa meng-automasi tugas yang berkaitan dengan coding.

    Coding menjadi salah satu hal penting dalam mengembangkan website, namun sebagai pemula ini tentu menjadi kesulitan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir sebab, AI dapat membantumu dengan cara kerjanya yang cepat dan mudah.
     

  2. Analisa Data

    AI dalam pengembangan website dimulai dengan analisis data yang mendalam. Ini melibatkan penggunaan algoritma pembelajaran mesin untuk menganalisis data pasar, tren desain, dan preferensi pengguna untuk memahami kebutuhan dan keinginan yang mendasari.
     

  3. Optimasi Konten

    AI digunakan untuk mengoptimalkan konten website, termasuk teks, gambar, dan video. Algoritma AI membantu dalam merencanakan, membuat, dan mengedit konten sehingga sesuai dengan preferensi pengguna dan mampu menarik perhatian audiens target.
     

  4. Optimasi yang Responsif 

    Dengan bantuan AI, pengembang website dapat mengoptimalkan responsivitas website untuk berbagai perangkat dan ukuran layar. Algoritma AI membantu dalam menyesuaikan tata letak, resolusi gambar, dan elemen desain lainnya agar sesuai dengan berbagai kondisi perangkat.
     

  5. Pengembangan yang Berkelanjutan

    Selain itu, dalam pengembangan website AI juga digunakan untuk pengembangan berkelanjutan website. Ini termasuk penggunaan teknologi AI untuk otomatisasi tugas-tugas pengembangan, pengoptimalan performa website, dan integrasi fitur-fitur baru berbasis AI yang meningkatkan fungsionalitas dan interaktivitas website seiring waktu.
     

  6. Meningkatkan Pengalaman Pengguna

    AI digunakan untuk menciptakan pengalaman user atau pengguna yang dipersonalisasi. Ini dapat mencakup fitur-fitur seperti rekomendasi konten yang disesuaikan, pengalaman belanja yang disesuaikan, atau bahkan chatbot yang menanggapi kebutuhan dan pertanyaan pengunjung secara individu.
     

  7. Quality Assurance

    Cara AI dalam pengembangan website juga dapat dilihat dari kemampuannya dalam melakukan quality assurance. Dengan kemampuan ini, AI mampu memberikan jaminan kualitas yang baik. Cara kerja AI untuk membangun website dimulai dari algoritma yang sudah ada dalam mesin pencari. Sehingga, sebagai pebisnis maupun pengembang website dapat meningkatkan kinerja bisnis agar semakin baik. 

 

Memaksimalkan Website dengan AI dan NEO WordPress!

Itu dia ulasan lengkap mengenai apa itu AI, mulai dari pengertian, jenis, dan juga perannya dalam membantu web development. Saat ini, sudah banyak tool AI yang dapat membantu web developer mulai dari pemula hingga profesional untuk membuat website.

 

Sebagai pemula, kamu juga tidak perlu khawatir, sebab AI bisa membantumu mulai dari coding hingga generate content.

 

Baca juga: Extendify - Web Builder Instan WordPress Bikin Website Tanpa Rumit

 

Nah, supaya website lebih maksimal, lengkapi dengan NEO WordPress. Layanan hosting WordPress instan yang dilengkapi dengan fitur AI Web Builder untuk kemudahan pengembangan website. Dengan beberapa fitur unggulan seperti:   

 

  • Website yang siap tampung hingga 2 juta pengunjung per bulan.  
  • Website minim downtime dengan teknologi Kubernetes yang sekaligus buat website lebih stabil, cepat, dan aman.  
  • Fitur cache bawaan yang bisa mempercepat waktu load website.  
  • AI Web Builder premium gratis ribuan pilihan template dengan kategori komprehensif untuk berbagai jenis website.  
  • Fitur Launch untuk mempermudah pembuatan website dari nol sesuai kebutuhan website.  
  • Website Assistant yang bisa memberikan rekomendasi lengkap terkait website, mulai dari task-task yang perlu dilakukan, rekomendasi plugin, hingga tips dan tutorial website.  
  • Generative AI berbasis Chat-GPT bantu bikin copy dan tulisan pada website lebih mudah.  

 

Dapatkan NEO WordPress sekarang juga dengan harga Rp50.000/bulan. Kamu sudah mendapatkan resource fleksibel yang dapat ditambah sebebasnya, mulai dari CPU 2 Core, RAM 2 GB, dan 10 GB Storage.  

 

NEO WordPress juga dilengkapi gratis domain sementara, gratis sertifikat SSL, dan gratis bandwidth 10 Gbps tanpa kuota traffic dan biaya tersembunyi. Kunjungi Portal Biznet Gio sekarang! Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur NEO WordPress kamu bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com