news image
news 5 Desember 2023

Extendify - Web Builder Instan WordPress Bikin Website Tanpa Rumit

Pada WordPress, tampilan website diatur oleh tema dan template. Tema adalah kumpulan file yang menentukan tata letak website, termasuk warna, font, dan elemen desain lainnya. Sedangkan, template adalah file individual yang menentukan tampilan dan perilaku bagian tertentu dari sebuah halaman web, seperti halaman utama, header, footer, atau kontak. 


 

Secara umum, tema WordPress dapat dianggap sebagai kumpulan template. Namun biasanya, tema juga membuat proses kustomisasi tampilan membutuhkan usaha lebih. Ini terjadi karena tema ditulis menggunakan bahasa pemrograman. Sehingga untuk mengubah tampilan tema kamu harus memahami bahasa yang membentuk sebuah tema terlebih dahulu. 

 

Ini tentu akan memperlambat proses pembuatan website apalagi jika kamu merupakan pendatang baru di dunia website. Salah satu cara cepat untuk mengubah tema adalah dengan menggunakan plugin Extendify. Apa itu Extendify? Apa saja fiturnya dan bagaimana cara menggunakannya? Baca selengkapnya disini. 
 

Apa Itu Extendify? 

Sejak WordPress versi 5, WordPress memperkenalkan Gutenberg yang dapat mempermudah pembuatan halaman website. Gutenberg adalah editor konten bawaan WordPress yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola konten website menggunakan antarmuka drag-and-drop yang intuitif.  
 

Plugin Extendify disini akan memperluas kemampuan Gutenberg sekaligus mempercepat proses desain halaman website. Extendify adalah plugin yang menambahkan perpustakaan pola, template, dan tata letak halaman ke Gutenberg, sehingga pengguna dapat dengan mudah membuat halaman yang kompleks dan menarik tanpa perlu menulis kode. 
 

Jadi, dengan menggunakan Gutenberg, pengguna akan mendapatkan kumpulan template melimpah siap pakai yang bisa digunakan untuk membuat tampilan website menarik. Setiap template yang ada juga bisa di-edit dengan mudah menggunakan Gutenberg sehingga tampilannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan website. 
 

Fitur-fitur Extendify 

Mempercantik tampilan website hanyalah salah satu dari fitur Extendify. Secara lengkap Extendify juga dapat membantu proses pembuatan website. Berikut ini adalah fitur-fitur Extendify. 

 

  1. Web Builder instan dengan ribuan template gratis

    Extendify menyediakan web builder dengan fitur Library. Fitur ini menyediakan berbagai elemen desain yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik tampilan website. Terdapat berbagai pilihan template, block, dan layout yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan website.
     


    Elemen desain yang tersedia di fitur Library bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti hero, call to action, product, pricing, dan lainnya. Selain itu template yang disediakan juga dapat disesuaikan dengan tipe website, misalnya template untuk website toko online, untuk blog, untuk profil perusahaan, dan sebagainya.

    Selain itu jika kamu sudah memiliki tema favorit sendiri kamu tidak perlu khawatir, karena Extendify bersifat theme agnostic. Ini menyebabkan tema apapun akan kompatibel dengan Extendify asalkan tema tersebut mendukung Gutenberg.
     

  2. Buat website lebih cepat dengan fitur Launch

    Fitur Extendify Launch akan membantu pengguna untuk mengatur website dari awal secara mudah, disini kamu bisa menentukan jenis website yang ingin dibuat, tampilan website yang diinginkan, serta halaman-halaman yang perlu dibuat. Dengan tampilan yang mudah dimengerti ini, proses pembuatan website dari nol dapat dengan mudah dilakukan.
     


    Selain itu fitur ini juga akan menginstal plugin yang dibutuhkan. Misalnya jika kamu ingin memiliki website toko online, maka Extendify Launch akan secara otomatis menginstal plugin WooCommerce untuk mempermudah pengelolaan dan pembuatan website toko online.
     

  3. Kelola website dengan mudah dibantu Assistant

    Dengan fitur Extendify Assist, kamu akan memiliki dashboard tersendiri berisi tugas-tugas yang perlu dilakukan untuk melengkapi website, halaman jelajah untuk memahami cara penggunaan WordPress, hingga halaman knowledge base yang berisi pengetahuan teknis mengenai website.
     


    Selain itu fitur ini juga memberikan rekomendasi plugin yang perlu diinstal, misalnya Google Site Kit untuk meningkatkan SEO dan traffic. Sekaligus quick link untuk mengakses fitur-fitur yang sering digunakan.
     

  4. Isi konten website dengan bantuan AI

    Extendify memberikan fitur AI Text Generator berbasis Chat-GPT yang mempermudah pembuatan konten website. Kamu bisa meminta bantuan AI untuk membuat headline yang menarik, menulis artikel, sekaligus membantu proses pembuatan copy pada website.

     


    Kamu bisa membuat berbagai draft, jika sebelumnya kamu sudah membuat tulisan, kamu juga bisa meminta bantuan AI untuk mempercantik, mempersingkat, maupun memperpanjang tulisan kamu. Ini akan secara cepat mempermudah pembuatan konten pada website. 

 

Cara Membuat Website Menggunakan Extendify

Untuk menggunakan Extendify, kamu perlu menginstal dan mengaktifkan plugin tersebut. Plugin ini tersedia secara gratis untuk 10 template pertama. Tapi jika kamu ingin menggunakan seluruh fitur Extendify secara maksimal kami bisa menggunakan NEO WordPress yang sudah termasuk fitur-fitur premium Extendify. 

 

Untuk langkah-langkah pembuatan website menggunakan Extendify kamu bisa mengikuti metode berikut:

 

  1. Order layanan NEO WordPress dan pastikan centang “I want to install Extendify in this instances for free” 
     

     

  2. Kemudian login ke WordPress menggunakan kredensial yang dimiliki. Setelah login, kamu akan menemukan tampilan Website Launch
     


    Pilih jenis website yang diinginkan, pada contoh kali ini kita akan membuat website e-Commerce.
     

  3. Tentukan nama dari website
     

     

  4. Pilih tujuan kamu membuat website. Disini karena kita membuat website e-Commerce maka pilih “Sell Product”. Kamu bisa memilih lebih dari satu.
     

     

  5. Selanjutnya kamu bisa memilih desain seperti apa yang ingin diterapkan.
     

     

  6. Lalu pilih halaman apa saja yang ingin kamu buat.
     

     

  7. Terakhir akan muncul halaman seperti ini yang berarti website sudah berhasil dibuat.
     

     

  8. Selanjutnya kamu akan diarahkan pada halaman Website Assistant. Disini kamu bisa mendapatkan rekomendasi yang dipersonalisasi khusus untukmu berdasarkan jenis website.
     


    Kamu bisa melakukan beberapa tugas yang bisa dilengkapi, rekomendasi plugin, serta tutorial penggunaan WordPress.
     

  9. Untuk membuat halaman website kamu bisa menggunakan design library. Klik sub menu Pages, kemudian pilih halaman yang ingin diubah atau klik Add New jika ingin membuat halaman baru. Kemudian kamu akan diarahkan untuk memilih template yang sesuai.

     


    Pilih tipe website, pilih jenis template yang ingin dimunculkan, pada contoh kita memilih Hero yang berisi gambar background, CTA, dan teks headline. Hero berfungsi untuk menarik perhatian pengunjung dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan, seperti mendaftar atau membeli produk.
     

  10. Setelah memilih template, kamu bisa bebas mengubah gambar, tulisan, dan layout pada halaman tersebut.
     

     

  11. Jika seandainya kamu kebingungan dengan headline dan copy yang ingin ditulis kamu bisa meminta bantuan AI untuk membuat tulisan yang menarik. Caranya klik ikon ✨ pada sudut kanan editor.

     



    Kemudian kamu memilih beberapa opsi seperti improve writing untuk membuat tulisan, fix spelling & grammar untuk memperbaiki tata bahasa, dan beberapa opsi lainnya.

    Kamu juga bisa membuat yang diinginkan. Misalnya “Buat headline text untuk toko baju streetwear yang menarik”. Kemudian hasil teks generated bisa langsung diterapkan pada halaman dengan mengklik replace selected block text.



     

  12. Setelah selesai mengedit halaman sesuai keinginanmu tinggal klik Publish dan halaman website yang baru berhasil ditambahkan. 



     
  13. Selesai, lakukan cara yang sama untuk setiap halaman yang ingin dibuat! 

 

Bangun Website Impian Sekarang! 

Dengan adanya plugin seperti Extendify, membuat tampilan website yang menarik dan profesional menjadi lebih mudah dan instan. Pengguna WordPress dari berbagai latar belakang dan tingkat keahlian kini dapat menghadirkan tampilan website yang tidak hanya menarik secara visual tapi juga fungsional dan user-friendly. Extendify, dengan fitur-fiturnya yang inovatif, membuka jalan bagi siapa saja untuk menciptakan website impian mereka dengan lebih mudah dan efisien. 
 

Fitur Extendify sudah langsung bisa kamu nikmati dengan berlangganan layanan hosting WordPress instan NEO WordPress. Dengan beberapa fitur unggulan seperti:

 

  • Website yang siap tampung hingga 2 juta pengunjung per bulan. 
  • Website minim downtime dengan teknologi Kubernetes yang sekaligus buat website lebih stabil, cepat, dan aman. 
  • Fitur cache bawaan yang bisa mempercepat waktu load website. 
  • AI Web Builder premium gratis ribuan pilihan template dengan kategori komprehensif untuk berbagai jenis website. 
  • Fitur Launch untuk mempermudah pembuatan website dari nol sesuai kebutuhan website. 
  • Website Assistant yang bisa memberikan rekomendasi lengkap terkait website, mulai dari task-task yang perlu dilakukan, rekomendasi plugin, hingga tips dan tutorial website. 
  • Generative AI berbasis Chat-GPT bantu bikin copy dan tulisan pada website lebih mudah. 

 

 

Dapatkan NEO WordPress sekarang juga dengan harga Rp50.000/bulan. Kamu sudah mendapatkan resource fleksibel yang dapat ditambah sebebasnya, mulai dari CPU 2 Core, RAM 2 GB, dan 10 GB Storage. 

 

NEO WordPress juga dilengkapi gratis domain sementara, gratis sertifikat SSL, dan gratis bandwidth 10 Gbps tanpa kuota traffic dan biaya tersembunyi. Kunjungi Portal Biznet Gio sekarang! Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur baru NEO WordPress kamu bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com