news image
news 21 Juni 2023

Mengenal Apa Itu Reverse Proxy: Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya

Internet telah menjadi bagian integral dari kehidupan modern kita, dengan jutaan orang menggunakan internet setiap hari untuk melakukan berbagai aktivitas online. Namun, tentu saja internet yang digunakan miliaran orang memiliki risiko penggunaan yang cukup tinggi. Serangan siber dan peretasan dapat terjadi kapan saja dan mengakibatkan kerugian finansial dan reputasi yang serius bagi individu maupun organisasi.

 

Salah satu cara untuk mengurangi risiko keamanan ini adalah dengan menggunakan proxy server. Proxy server adalah server yang bertindak sebagai perantara antara pengguna internet dan server tujuan. Ketika pengguna internet melakukan permintaan, proxy server menerima permintaan tersebut dan meneruskannya ke server tujuan. Kemudian, server tujuan akan memberikan respons ke proxy server, dan proxy server akan meneruskannya kembali ke pengguna internet.

 

Namun bagaimana jika kita menginginkan hal yang sebaliknya dimana sistem ini akan memproksi lalu lintas dari klien ke server. Ini disebut reverse proxy, reverse proxy akan memberikan banyak banyak manfaat misalnya dapat meningkatkan keamanan, performa, dan keandalan layanan. Melalui artikel ini kita akan membahas mengenai pengertian reverse proxy, cara kerja, dan kelebihannya.

 

Tapi sebelum memahami apa itu reverse proxy, kamu harus memahami terlebih dahulu apa itu proxy server.

 

Apa Itu Proxy Server?

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, proxy, proxy server, atau juga sering disebut forward proxy merupakan sebuah atau kumpulan server yang mengetengahi lalu lintas antara pengguna dan internet. Mudahnya ketika pengguna ingin mengakses sebuah website maka sebelum masuk ke internet maka terlebih dahulu melewati proxy server, sehingga yang berhubungan langsung dengan website adalah proxy bukan server pengguna.

 

Hal ini dapat memberikan beberapa keuntungan di sisi pengguna terutama terlihat dalam melindungi infrastruktur jaringan dari serangan siber dan peretasan. Proxy server dapat melindungi jaringan dari serangan DDoS dengan memblokir lalu lintas yang mencurigakan. Proxy server juga dapat melindungi jaringan dari serangan virus dan malware dengan memblokir akses ke situs web yang terinfeksi.

 

Baca juga: Apa itu Proxy Server? Pengertian, Manfaat, hingga Jenis-Jenisnya

 

Selain itu, proxy server dapat membantu mengoptimalkan performa jaringan. Dengan menggunakan proxy server, pengguna internet dapat mengakses situs web yang disimpan di cache, sehingga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memuat sebuah website. Proxy server juga dapat digunakan untuk load balancing, memastikan bahwa lalu lintas internet didistribusikan secara merata ke server yang tersedia.

 

Apa Itu Reverse Proxy?

Reverse proxy adalah sebuah server yang bertindak sebagai perantara antara klien dan server tujuan. Ketika klien melakukan permintaan, reverse proxy akan menerima permintaan tersebut dan akan mengirimkannya ke server tujuan. Kemudian, server tujuan akan memberikan respons ke reverse proxy, dan reverse proxy akan meneruskannya kembali ke klien.

 

Walaupun tidak kentara, proxy dan reverse proxy berbeda, proxy biasa berada di sisi klien untuk memastikan bahwa tidak ada server yang bisa berkomunikasi langsung dengan klien. Sedangkan reverse proxy berada di sisi server untuk memastikan bahwa tidak ada klien yang pernah berkomunikasi langsung dengan server.

 

Cara Kerja Reverse Proxy

Reverse proxy bekerja sebagai perantara antara server tujuan dan pengguna internet. Ketika pengguna internet melakukan permintaan, reverse proxy menerima permintaan tersebut dan meneruskannya ke server tujuan. Kemudian, server tujuan memberikan respons ke reverse proxy, dan reverse proxy meneruskannya kembali ke pengguna internet.

 

Untuk lebih mudahnya silakan perhatikan ilustrasi berikut ini:

 

 

Berikut ini adalah penjabarannya:

  • Pengguna internet mengirim permintaan ke server tujuan.
  • Reverse proxy menerima permintaan dari pengguna internet.
  • Reverse proxy memeriksa permintaan dan memutuskan apakah permintaan tersebut harus diteruskan ke server tujuan atau tidak. Misalnya, reverse proxy dapat memblokir permintaan jika permintaan tersebut tidak sesuai dengan kebijakan keamanan yang telah ditetapkan.
  • Jika permintaan diteruskan, reverse proxy akan meneruskannya ke server tujuan. Reverse proxy akan mengirim permintaan dengan alamat IP reverse proxy, bukan alamat IP pengguna internet.
  • Server tujuan menerima permintaan dan memberikan respons ke reverse proxy.
  • Reverse proxy menerima respons dari server tujuan dan meneruskannya kembali ke pengguna internet. Respons juga akan dikirimkan dengan alamat IP reverse proxy, bukan alamat IP server tujuan.

 

Manfaat Reverse Proxy

Sebagai filter lalu lintas jaringan, reverse proxy dapat memberikan beberapa manfaat, berikut ini adalah beberapa diantaranya.

 

  1. Membuat Privasi lebih tinggi

    Dengan menggunakan reverse proxy, alamat IP asli pengguna internet disembunyikan, sehingga sulit bagi penyerang untuk melacak identitas pengguna internet.
     

  2. Performa jaringan lebih cepat

    Selain itu, reverse proxy juga dapat melakukan fungsi load balancing, memastikan bahwa lalu lintas internet didistribusikan secara merata ke server yang tersedia. Hal ini dapat membantu mempercepat waktu respon dari server dan menghindari overload pada server tertentu.
     

  3. Melindungi dari serangan siber

    Dalam konteks keamanan, reverse proxy juga dapat membantu melindungi server tujuan dari serangan DDoS, serangan virus dan malware, serta peretasan. Reverse proxy dapat memblokir akses ke situs web yang terinfeksi atau menghalangi lalu lintas yang mencurigakan.
     

  4. Mempercepat waktu akses website

    Reverse proxy dapat bertindak sebagai cache, ketika mengelola lalu lintas yang diterima dari klien, reverse proxy dapat menyimpan data yang sering diminta di dalam cache, tanpa perlu meminta server untuk memberikan data yang diinginkan. Hal ini juga sekaligus akan mempercepat waktu akses ke website.
     

  5. Dekripsi Data Lebih Cepat

    Sebagian besar website sekarang telah menggunakan protokol HTTPS yang lebih aman. Tapi hal ini juga berarti semua data akan dienkripsi. Oleh karena itu server harus mendekripsi lalu lintas yang diterima sehingga dapat menyajikan data yang sesuai ke klien. Untuk mengatasi masalah ini, reverse proxy dapat digunakan untuk mendekripsi data, mengurangi beban server.

 

Pakai Reverse Proxy Buat Akses Website Lebih Cepat

Secara keseluruhan, reverse proxy adalah solusi keamanan dan performa yang efektif untuk infrastruktur jaringan. Dengan menggunakan reverse proxy, pengguna internet dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam mengakses internet. Reverse proxy dapat diterapkan dengan beberapa langkah tergantung dengan jenis web server yang kamu miliki. Pada tutorial dibawah ini akan dijelaskan bagaimana membuat reverse proxy menggunakan web server Apache dan Nginx.

 

Baca juga: Konfigurasi Reverse Proxy Nginx dan Apache

 

Menggunakan reverse proxy juga secara langsung akan meningkatkan user experience pengguna ketika mengakses website. Salah satu keuntungan lainnya dengan menggunakan reverse proxy adalah membantu mengoptimalkan bandwidth sehingga tidak perlu khawatir dengan beban bandwidth yang kamu miliki.

 

Apalagi jika kamu menggunakan layanan Biznet Gio seperti elastic cloud server NEO Virtual Compute dan VPS NEO Lite yang memberikan gratis bandwidth hingga 10 Gbps tanpa kuota traffic dan tanpa biaya tersembunyi. Kamu juga bisa menerapkan reverse proxy pada kedua produk ini. Kunjungi masing-masing halaman produk untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk kami. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar layanan kami hubungi kami via live chat atau hubungi sales@biznetgio.com.