news image
news 31 Mei 2022

Wordpress adalah Content Management System (CMS) paling populer di dunia. Pada tahun 2022, 65,2% website di seluruh dunia menggunakan Wordpress. Ini sangat wajar mengingat Wordpress adalah salah satu CMS yang sangat SEO-Friendly dengan berbagai pilihan plugin serta pilihan keamanan untuk website.

Selain itu, Wordpress bersifat open-source, artinya semua pengembang bisa saja memodifikasi platform tersebut dan juga Wordpress dapat digunakan secara gratis. Artikel ini akan menjelaskan apa itu SEO serta beberapa plugin pilihan untuk membuat website semakin SEO-Friendly.


Apa itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yaitu suatu teknik agar website lebih baik di mata mesin pencari khususnya Google karena Google adalah mesin pencari paling populer yang digunakan 85,55% pengguna internet di dunia.

Sebuah website yang SEO-Friendly biasanya akan muncul di halaman pertama pencarian Google. Hal ini juga berarti semakin SEO-Friendly website yang kamu miliki maka akan semakin banyak pengunjung yang mengunjungi website-mu. Pada kenyataannya hampir 53% pengunjung website berasal dari organic traffic atau traffic yang berasal dari pencarian di mesin pencari. Karena itu memiliki website yang SEO-Friendly adalah sebuah keharusan karena dengan begitu kesempatan website cepat berkembang lebih tinggi.


Apa itu Plugin?

Salah satu cara untuk membuat website lebih baik dari hampir semua aspek adalah menggunakan plugin. Plugin sendiri merupakan sebuah tools untuk meningkatkan tampilan dan fungsi dari sebuah website. Memasang plugin yang sesuai pada website juga sekaligus berguna untuk meningkatkan user experience pengunjung.

Dengan lebih dari 55.000 plugin yang tersedia pada Wordpress yang tentunya bisa kamu gunakan untuk meningkatkan hampir segala aspek pada website menjadikan website yang kamu miliki semakin ramah pengguna. Penggunaan plugin yang tepat juga sekaligus meningkatkan peluang Search Engine Result Page (SERP) website kamu lebih tinggi.


Plugin SEO Terbaik Untuk Website

Berikut adalah 5 plugin SEO terbaik yang bisa kamu pasang pada website Wordpress:

1. Yoast SEO

Yoast SEO adalah plugin SEO yang paling populer yang bisa kamu install sekarang juga. Plugin yang satu ini bisa kamu gunakan secara gratis untuk membantu kamu dalam membuat website semakin SEO-Friendly. Terdapat juga Yoast SEO Premium yang merupakan versi berbayar dari Yoast SEO dengan beberapa fitur premium yang tidak akan kamu temukan pada versi gratis.

Kelebihan dari Yoast SEO adalah memiliki fitur bantuan untuk menargetkan keyword yang relevan sesuai laman atau konten website. Selain itu Yoast SEO bisa menganalisis konten tulisan yang telah kamu buat pada website untuk mengoptimasi konten agar bisa dibaca lebih natural.

Yoast SEO juga bisa kamu gunakan untuk menganalisis laman yang telah dibuat, menganalisis keyword dan tulisan, menganalisis meta title dan meta description pada konten hingga memiliki alat untuk membuat sitemaps. Terakhir Yoast SEO juga secara otomatis menghubungkan website dengan Google Search Console.

2. SEO Ultimate

SEO Ultimate menawarkan fitur pendukung SEO yang komprehensif. Memiliki banyak fitur untuk menunjang website lebih teroptimasi secara SEO. Seperti Yoast SEO, SEO ultimate juga memiliki versi premium yang tentu saja memiliki fitur jauh lebih banyak dibanding versi gratisnya.

Dengan menggunakan plugin ini kamu bisa mendapatkan set-up keyword otomatis, memiliki fitur internal link untuk menautkan link pada website yang sama, dan kamu juga bisa menggunakan SEO Ultimate untuk mengubah robots.txt secara langsung untuk lebih mengoptimasi website kamu di Google.

3. All in One SEO Pack

Berikutnya adalah All in One SEO Pack (AIOSEO). plugin SEO terbaik berikutnya ini memiliki fitur yang cukup lengkap untuk menunjang website sekaligus sebagai marketing toolkit. Kamu bisa memasang XML sitemaps, mengoptimasi halaman web, mendapatkan SEO meta title, SEO meta tag, dan SEO meta description. Kamu juga akan mendapatkan saran keyword dari konten milikmu.

Selain itu AIOSEO juga memiliki fitur lengkap untuk membantu pembuatan konten seperti kemampuan untuk menganalisis tulisan pada konten dan juga kemampuan untuk mengintegrasikan website dengan media sosial. Serta tak lupa dengan AIOSEO kamu juga bisa menautkan website pada Google Search Console.

4. Google XML Sitemaps

Salah satu fitur yang paling penting untuk meningkatkan SEO adalah menggunakan sitemaps pada website. Sitemaps ini sendiri berfungsi untuk membuat website lebih cepat untuk terindeks oleh Google. Google XML Sitemaps secara otomatis akan meng-generate url pada website untuk di indeks ke Google.

Beberapa fitur dari Google XML Sitemaps adalah dapat secara otomatis memperbarui sitemaps setiap terdapat konten baru yang kamu update di website, mudah dipahami dan digunakan, dan yang paling penting kamu cukup memasang dan melakukan setup pertama kali, setelah itu Google XML Sitemaps dapat bekerja secara otomatis.

5. Squirrly SEO

Terakhir, plugin SEO terbaik untuk website Wordpress adalah Squirrly SEO. Plugin yang satu ini lebih diciptakan untuk pemula. Squirrly SEO dapat dengan mudah digunakan, selain itu plugin ini memberikan fitur optimasi SEO on-page yang cukup lengkap serta fitur-fitur umum seperti optimasi keyword, meta title, meta tag, dan meta description untuk membantu konten agar lebih baik di mesin pencari.

Fitur Squirrly SEO lainnya adalah memiliki live assistant yang akan membantu kamu untuk mengoptimasi konten website serta serta seperti yang telah disebutkan di awal yaitu memiliki metode yang sangat mudah untuk diikuti perihal optimasi peringkat Google.

Selain memasang plugin tersebut ada hal lain pada website yang wajib kamu dapatkan seperti memiliki website yang memiliki uptime tinggi dan mendukung protokol keamanan minimal SSL. Semua kelebihan ini bisa kamu dapatkan dengan NEO WEB HOSTING dari Biznet Gio. Dengan menggunakan NEO Web Hosting kamu akan mendapatkan domain gratis, SSL gratis, anti virus Immunify360, serta panel cPanel untuk mempermudah pengelolaan website dan jaminan uptime SLA 99,9 %. Kunjungi Portal Biznet Gio atau hubungi support@biznetgio.com sekarang!