Akses Website Lebih Cepat dengan NEO DNS


DNS memiliki kaitan yang erat dengan IP address dari setiap website yang ada di internet. Setiap website membutuhkan layanan DNS untuk mengidentifikasi IP address. Bisa dibilang DNS memiliki peran yang vital pada sebuah website. Semakin cepat layanan DNS yang Anda miliki, maka website Anda akan semakin mudah diakses. Salah satu solusi untuk mempercepat layanan DNS adalah dengan menerapkan teknologi Anycast pada sistem DNS Anda. Teknologi Anycast membuat akses query domain jadi semakin cepat sehingga dapat mempermudah akses website sekaligus meningkatkan user experience bagi pengunjung website.


Apa itu Anycast DNS?

Sebelum membahas Anycast lebih lanjut, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu DNS. Domain Name System atau DNS adalah sistem yang menyimpan informasi nama domain dalam bentuk distributed database. Fungsi DNS adalah untuk mempermudah user ketika ingin mengakses sebuah website. Lalu bagaimana cara kerja DNS? Ketika user melakukan pencarian alamat sebuah website, nama domain yang diketikkan pada web browser akan diterjemahkan oleh DNS menjadi IP address yang dipahami komputer. Misalnya, ketika Anda ingin mengakses website Biznet Gio, cukup dengan mengetikkan Biznetgio.com, maka Anda sudah dapat terhubung dengan website Biznet Gio tanpa harus mengetahui IP address website tersebut.

Sistem pengelolaan DNS yang umumnya digunakan adalah sistem Unicast DNS. Dalam sistem tersebut, satu DNS server memiliki satu IP address dan setiap query DNS secara spesifik akan diarahkan ke satu server DNS. Sedangkan, pada sistem Anycast DNS satu IP address diarahkan ke beberapa server sekaligus atau sekelompok server DNS. DNS server yang dituju merupakan server terdekat yang stabil. Setiap DNS query, akan direspon dengan jalur paling optimal sehingga proses transmisi dapat bekerja dengan cepat. Mekanisme Anycast memperkecil angka latensi sekaligus meningkatkan kecepatan jaringan dan uptime pada saat DNS resolving. Dapat disimpulkan, DNS yang menggunakan teknologi Anycast adalah DNS tercepat dan paling unggul.

NEO DNS merupakan layanan Managed DNS Server pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi Anycast DNS. Dengan menggunakan layanan NEO DNS, Website dapat diakses dengan cepat dimana saja, baik secara lokal maupun internasional. Hal tersebut dikarenakan database pada NEO DNS secara otomatis akan tereplikasi ke 12 Data Center yang tersebar di Indnesia dan seluruh dunia.


Keunggulan DNS dengan teknologi Anycast

  1. Replikasi Database ke Berbagai Data Center

    Sistem Anycast menyediakan beberapa server untuk mereplikasi database yang sama. Artinya, jika terjadi kegagalan pada salah satu server DNS, maka sistem secara otomatis akan berpindah ke server lain, tanpa harus menunggu proses pemulihan dari server tersebut. Hal ini membuat Anycast DNS sangat andal dan selalu tersedia (high availability) dengan memiliki beberapa Data Center.
  2. Jaringan yang Minim Latensi dan Super Cepat

    Fitur automatic load balancing pada Anycast akan membagikan beban network traffic secara otomatis ke semua server yang tersedia. Performa jaringan menjadi lebih cepat dengan beban traffic yang lebih merata. Website dengan load access yang sangat tinggi juga dapat ditangani dengan cepat. Anycast akan langsung melakukan routing ke server DNS dengan jaringan terdekat. Hal tersebut membuat akses query domain semakin cepat dan berdampak kepada peningkatan user experience bagi pengunjung website.
  3. Pengelolaan DNS Server yang Lebih Aman

    Sistem keamanan server NEO DNS dari Biznet Gio lebih terjamin dengan adanya proses monitoring yang dilakukan secara terus menerus. Apabila terjadi serangan pada server DNS ataupun gangguan jaringan, tindakan pencegahan akan dilakukan secara menyeluruh dengan memaksimalkan routing jaringan dari Anycast.
  4. Konfigurasi DNS yang Mudah

    Sistem konfigurasi yang mudah bagi pengguna DNS Manager, dimana beberapa server DNS dapat terkonfigurasi sekaligus secara bersamaan melalui satu control panel yang terintegrasi. Sehingga, Anda dapat mengelola server DNS dalam satu dashboard tanpa harus mengedit berbagai file konfigurasi yang telah tersebar di mana-mana.


anycast-dns-blog-3

NEO DNS secara otomatis akan memlih server terdekat untuk mempercepat akses client ke website.


NEO DNS dapat langsung digunakan hingga 10 records secara GRATIS. Layanan ini juga dapat Anda nikmati jika Anda menggunakan domain pada layanan NEO Web. Bagi Anda yang memiliki kebutuhan untuk mengelola DNS dengan jumlah records yang lebih banyak, Anda dapat memanfaatkan layanan DNS Manager PRO dengan biaya Rp 25.000,- per bulan. Cukup klik https://web.neo.id dan miliki DNS Manager dengan segala keunggulan Anycast. Untuk Informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui sales@biznetgio.com atau kunjungi www.biznetgio.com.