Mengadopsi infrastruktur cloud dapat menjadi pertimbangan untuk menunjang performa sistem yang andal dan skalabilitas yang tinggi. Apalagi, di era Big Data seperti sekarang ini keandalan infrastruktur, performa komputasi, dan kecepatan network yang digunakan menjadi elemen yang penting untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan. Jika melihat tingginya kebutuhan komputasi untuk berbagai layanan bisnis, public cloud dapat menjadi pilihan yang tepat karena mampu menawarkan kapasitas dengan fleksibilitas yang tinggi. Akan tetapi, public cloud umumnya memiliki keterbatasan dari segi control dan desain network. Sedangkan, jika menggunakan resource yang dedicated seperti private cloud, kapasitasnya hanya tersedia dalam jumlah yang besar serta membutuhkan budget yang lebih tinggi.

Biznet Gio menjawab kebutuhan ini dengan menghadirkan GIO Public 2.0, sebuah layanan public cloud yang menyediakan infrastruktur dengan skema dedicated resource pool untuk yang mendukung skalabilitas dan fleksibilitas yang tinggi. Berbeda dengan versi sebelumya, GIO Public 2.0 menawarkan berbagai fitur dan keunggulan seperti control yang fleksibel, custom sized Virtual Machine (VM), serta NSX Edge Router yang sebelumnya hanya tersedia pada layanan private cloud. Dashboard vCloud Director 10 akan mempermudah Anda dalam mengelola dan mengimplementasikan berbagai instances sekaligus menunjang kompleksitas sistem layanan bisnis Anda. Singkatnya, GIO Public 2.0 menyediakan layanan cloud yang lebih andal dengan arsitektur baru, sistem keamanan yang lebih baik, serta improvement pada UI/UX dengan segala fitur extension VMware. Lalu, apa saja keunggulan tersebut?

  1. Resource Planning yang Fleksibel

    GIO Public 2.0 menghadirkan user portal vCloud Director 10 yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan ukuran dari setiap VM, mulai dari kebutuhan yang sifatnya basic hingga berbagai kebutuhan komputasi yang lebih kompleks. Selain itu, melalui satu dashboard vCloud Director, Anda juga dapat memantau ketersediaan resource secara real-time serta mengimplementasikan template Operating System yang berbeda untuk setiap VM Anda.

  2. Didesain dengan Ketersediaan yang Tinggi (High Availability)

    Dengan mengaktifkan Anti-affinity rules, Anda dapat mengatur lokasi virtual machine (VM) pada physical server apakah akan diletakkan pada satu lokasi server yang sama atau berbeda. Skema VMware yang high availability (HA) akan melakukan migrasi pada VM dari server yang bermasalah ke server yang lebih aman dengan cepat jika terjadi kegagalan pada physical server.

  3. Network Connectivity yang Lebih Lengkap

    Dengan NSX Edge Router, Anda dapat merancang konfigurasi network traffic yang andal untuk menampung beban kerja yang lebih tinggi hingga 1.000.000 pengunjung dalam waktu yang bersamaan. Layanan router NSX Edge juga telah dilengkapi dengan fitur Load Balancing untuk membagi traffic dari beberapa jaringan untuk menjaga beban kerja sistem layanan Anda. Selain itu, tersedia jenis layanan standalone ataupun HA yang dapat diupgrade kapan saja sesuai dengan kebutuhan.

  4. Fitur Keamanan

    Jaringan yang Anda gunakan semakin terjamin keamanannya dengan mengimplementasikan SSL VPN dan IPSec VPN pada setiap firewall VMware Anda. Berbagai fitur built-in pada GIO Public 2.0 seperti monitoring pada resource, keamanan, firewall, load balancer dan VPN yang akan meningkatkan fleksibilitas dalam mengelola sistem keamanan pada sistem Anda.

GIO Public versi sebelumnya menggunakan Cloud Portal Business Manager (CPBM) dimana Anda hanya dapat menggunakan pilihan VM dengan spesifikasi CPU dan RAM yang telah ditentukan. Kini Anda dapat meng- custom spesifikasi dari VM yang akan Anda gunakan melalui dashboard vCloud Director pada GIO Public 2.0. Untuk melihat fitur dan fasilitas yang di upgrade pada GIO Public 2.0, dapat Anda temukan melalui tabel dibawah ini:



Bagi Anda yang sebelumnya telah menggunakan platform GIO Public dan ingin melakukan upgrade ke platform GIO Public 2.0, kami memberikan berbagai fasilitas eksklusif yang dapat mempermudah proses migrasi Anda, diantaranya:

  1. Konsultasi gratis dengan Cloud Expert Biznet Gio untuk melakukan optimasi resource dan budget saat migrasi ke GIO Public 2.0
  2. Perencanaan dan skema migrasi GIO Public 2.0 melalui fasilitas free Managed Support.

Untuk melakukan diskusi lebih lanjut mengenai rencana migrasi dari GIO Public 1 atau informasi selengkapnya mengenai GIO Public 2.0, silahkan menghubungi Sales Account Representative kami melalui email sales@biznetgio.com. Dengan senang hati kami siap membantu Anda.