Memasuki revolusi industri 4.0 para pelaku bisnis dari berbagai industri juga turut berevolusi dengan melakukan transformasi pada infrastruktur bisnis mereka ke arah digital. Faktor keamanan memang menjadi elemen yang perlu diperhatikan ketika hendak melakukan transformasi pada bisnis Anda. Terlebih, resiko ancaman cyber security juga terus meningkat. Salah satu isu yang sedang ramai diperbincangkan adalah isu seputar peretasan database perusahaan yang terjadi beberapa waktu lalu. Celakanya, data yang bocor merupakan data yang sifatnya konfidensial seperti informasi terkait data pribadi konsumen. Dalam situasi seperti ini, perusahaan tidak hanya rugi secara finansial tetapi juga mengalami penurunan tingkat kepercayaan konsumen karena sistem keamanan yang kurang andal.

Oleh karena itu, transformasi digital juga perlu didukung dengan strategi yang komprehensif mulai dari pemantauan, pemeliharaan, audit yang rutin hingga pengujian keamanan infrastruktur secara berkala. Bagi beberapa institusi atau perusahaan, untuk mewujudkan hal tersebut biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama dan memerlukan sumber daya khusus untuk mengelola aspek cybersecurity. Agar dapat menghindari seluruh kerumitan tersebut, salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan layanan Managed Security Service.


Managed Security Service Lebih Efektif, Mengapa?


Managed Security Service sendiri merupakan pendekatan sistematis dan terpadu dalam mengelola strategi keamanan dengan respons yang tepat terhadap berbagai ancaman keamanan seperti pencurian data ataupun malware. Pendekatan ini tergolong lebih efektif dalam mendukung keberlangsungan operasional bisnis karena,

  1. Perlindungan yang didapatkan lebih optimal jika dibandingkan dengan sistem keamanan internal. Anda dapat dengan mudah memberikan proteksi kemanan yang lebih baik pada infrastruktur cloud tanpa harus mengkhawatirkan kurangnya sumber daya ataupun waktu.

  2. Penanganan juga langsung dilakukan oleh para ahli cybersecurity yang telah berpengalaman menangani berbagai masalah keamanan digital. Manajemen perusahaan dapat fokus pada pengembangan bisnis tanpa harus mengkhawatirkan resiko pada sistem.

  3. Dengan menerapkan layanan Managed Security Service berarti Anda dapat memberikan proteksi kemanan dengan tingkat kepercayaan yang lebih baik kepada konsumen Anda. Hal ini dapat menjadi keunggulan dari bisnis Anda dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Terlebih, dalam berbagai industri bisnis, keamanan data pribadi konsumen merupakan infromasi yang sifatnya confidential.

Singkatnya, layanan managed security service akan menyediakan pengawasan secara intens pada infrastruktur cloud yang Anda gunakan untuk menjaga keamanan sistem. Berikut ini merupakan beberapa fitur utama yang dimiliki oleh layanan Managed security service.


  • • Security Hardening

    security hardening

    Sebagai salah satu metode dari security hardening, Biznet Gio menggunakan framework dari lembaga keamanan internet dunia yakni Center of Internet Security (CIS). Fitur ini dapat mendeteksi dan menonaktifkan layanan dan port yang tidak berguna. Melalui metode hardening CIS, sistem akan dikonfigurasikan berdasarkan rekomendasi dari para ahli cybersecurity. Selain CIS, terdapat beberapa framework lain seperti NIST, Red Hat Hardening dan EC-Council yang dapat Anda pilih untuk meminimalisir resiko kesalahan operasional, konfigurasi, pencurian data serta menghasilkan sistem audit yang lebih transparan.


  • • Vulnerability Assessment and Penetration Testing

    vulnerability test

    Vulnerability Assessment dan Penetration Testing merupakan evaluasi yang komprehensif untuk mengidentifikasi celah keamanan. Fitur ini dapat mengidentifikasi ancaman dan resiko seperti malware ataupun brute force yang mungkin menyerang infrastruktur Anda. Assessment dan Testing ini idealnya dilakukan secara berkala untuk memastikan dan meningatkan keamanan aplikasi dan jaringan perusahaan Anda.


  • • Incident Response

    incident responese

    Ancaman cybersecurity seperti pencurian data, instrusi, rootkit, website defacement, denial of service, dan ancaman lainnya dapat disebabkan oleh kelalaian user ataupun infrastruktur yang lemah. Selain memberikan edukasi pada level individu, setiap perusahaan perlu melakukan identifikasi terhadap aset mana saja yang sifatnya critical dan memerlukan proteksi ekstra. Fitur yang terintegrasi untuk menangani dampak dari gangguan atau ancaman merupakan solusi untuk menghadirkan respon yang cepat dan tepat terhadap ancaman cybersecurity. Biznet Gio menggunakan pendekatan NIST, SANS, dan EC-Council sebagai standar dalam melakukan pemulihan sistem agar kembali berjalan normal.


  • • IT Infrastructure Protection

    infra protection

    Perlindungan yang komprehensif terhadap seluruh lapisan jaringan infrastruktur IT perusahaan serta pengamanan operasional sehari-hari. Mulai dari pengelolaan end user dengan berbagai fitur seperti vulnerability scanning dan patching, Anti-Malware hingga proteksi keamanan untuk email dan jaringan Anda. Selain itu, proteksi kemanan infrastruktur IT dari Biznet Gio juga dilengkapi dengan Security Information & Event Management (SIEM) yang akan memberikan notifikasi jika sewaktu-waktu terjadi kebocoran data, brute force, atau serangan lainnya. Notifikasi dari SIEM akan langsung diketahui oleh Team Expert Biznet Gio sehingga kami dapat memberikan response yang cepat dan tepat selama 24/7.


Sistem yang Aman – Value Bisnis Meningkat


Bagi pengguna layanan Cloud dari Biznet Gio, Managed Security Service merupakan solusi yang cepat dan tepat untuk memberikan proteksi keamanan ekstra. Layanan Cloud dari Biznet Gio telah memenuhi standar sertifikasi manajemen keamanan ISO 2700 dan PCI-DSS sebagai wujud komitmen Biznet Gio dalam menjalankan operasi manajemen keamanan.

Mempersiapkan proteksi keamanan yang lebih pada infrastruktur cloud Anda merupakan investasi jangka panjang untuk keberlangsungan bisnis. Selain itu, penerapan Managed Security Service juga akan memaksimalkan value dari bisnis Anda dengan pengamanan ekstra dan up-to-date. Team ahli cybersecurity Biznet Gio telah berpengalaman di bidang kemanan informasi serta memenuhi standar dari GLBA & HIPAA, PCI-DSS serta FISMA/NIST

Selain memberikan proteksi keamanan untuk infrastruktur cloud Anda, Biznet Gio juga menyediakan pelayanan dan support yang sigap selama 24 jam dengan respons yang cepat. Untuk informasi lebih lanjut dapat segera menghubungi tim sales@biznetgio.com.