news image
news 4 Juli 2022
Melansir dari Clutch.co46% usaha kecil belum memiliki situs website, 12% merasa tidak mungkin untuk membuat website, dan 10% masih belum yakin mengenai manfaat website terhadap bisnisnya. 

Padahal, memiliki website dapat membuka peluang bisnis yang lebih besar. Apa saja keuntungan mempunyai website bagi pelaku bisnis? Simak ulasannya berikut.

1. Menjangkau market yang lebih besar 

Baik menjual produk maupun jasa, website akan menjadi tempat menarik untuk mempromosikannya. Sama halnya dengan brosur, website merupakan platform yang menjadi katalog atau brosur online bagi bisnis. Bila brosur harus diperbarui dan dicetak setiap ada perubahan harga dan produk baru, pengguna website hanya perlu login dan melakukan perubahan online. Selanjutnya, perubahan pun akan langsung bisa dilihat orang visitors 

Tidak hanya itu, website juga menjadi wadah yang tepat untuk memperlihatkan produk-produk yang kamu tawarkan agar terlihat lebih menarik. Dengan memasukkan portofolio atau galeri foto produk maupun testimoni, maka pelanggan akan semakin tertarik untuk mengetahui tokomu lebih lanjut. 

Website juga dapat dikunjungi oleh seluruh pengguna internet dari berbagai belahan dunia selama 24/7 tanpa jeda sehingga membuka peluang untuk memperluas pasar.  

Selain itu, website juga dapat muncul di mesin pencarian bila kamu mau memanfaatkan optimisasi keyword. Melansir dari Minewhat, 60% orang melakukan riset online dan membaca ulasan produk sebelum melakukan pembelian. Dengan demikian, ini dapat menjadi selling point yang besar. 

2. Meningkatkan kredibilitas 

Secara tidak langsung, memiliki website  akan meningkatkan kredibilitas usaha kamu, terlebih usaha kecil. Sebab, pelanggan kerap mempertimbangkan kelengkapan platform yang dimiliki oleh online shop saat hendak berbelanja, misalnya marketplace apa saja yang dimiliki, apakah memiliki website, dan lain sebagainya. Adanya website juga dapat mendorong tingkat kepercayaan yang lebih besar pada bisnis kamu.  

Bila sudah memiliki website, ada baiknya kamu memperhatikan dan mendesain ulang dengan tampilan yang lebih profesional, namun tetap user-friendly. Hal ini dilakukan agar pengunjung dan calon pembeli merasa nyaman dengan website-mu, tetapi tetap tidak kesulitan saat mencari dan ingin melakukan pembelian.  

3. Lebih hemat 

Pada umumnya, bisnis kecil harus memiliki toko offline atau toko fisik agar dapat dikunjungi dan dikenal masyarakat sekitarnya. Namun, kamu harus mempertimbangkan bila membuka  toko offline, maka kamu harus menyiapkan budget lebih untuk menyewa toko atau lahan, membayar listrik, serta meluangkan waktu untuk menjaga bila tidak ingin mengeluarkan uang untuk mempekerjakan orang lain. 

Selain itu, adanya website juga membuat waktu kamu lebih efisien.  Kamu tidak perlu repot-repot menjelaskan mengenai keunggulan produk satu per satu kepada pelanggan. Karena mereka akan membacanya lebih detail melalui deskripsi yang sudah disediakan.  

4. Mudah diakses 

Berbeda dengan toko offline atau toko fisik yang hanya dapat menjangkau pelanggan dari wilayah terdekat, website dapat dikunjungi oleh siapa saja dari berbagai wilayah. Tak hanya itu, walaupun toko dalam kondisi libur, pelanggan pun tetap dapat mengakses website untuk melihat produk yang ditawarkan dan melakukan transaksi. 

5. Sarana iklan hemat  

Kamu bisa memanfaatkan website sebagai sarana iklan gratis bila mengoptimisasinya dengan benar, misalnya memanfaatkan trik search engine optimization (SEO) atau search engine marketing (SEM). Sehingga toko online kamu berkesempatan untuk dilihat pelanggan di urutan teratas pada halaman pertama pencarian. 

Itulah 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan jika memiliki website untuk bisnis. Dari berbagai manfaat di atas, kamu bisa mempertimbangkan lebih lanjut untuk menggunakan website sebagai platform untuk memperluas pasar kamu dengan budget yang tidak begitu besar.  

Bila memiliki website, pastikan kamu menggunakan layanan hosting yang mempu menampung performa traffic kamu dengan baik, misalnya dengan layanan NEO Dedicated Hosting dari Biznet Gio. 

NEO Dedicated Hosting merupakan layanan web hosting yang dedicated dengan fasilitas bandwidth hingga 10 Gbps sehingga membuat akses website akan semakin lancar. Selain itu, NEO Dedicated Hosting juga sudah memberikan penggunanya fasilitas control panel  Plesk  dengan beragam fitur extension dengan tampilan yang mudah dimengerti dan digunakan . 

Dapatkan layanan NEO Dedicated Hosting mulai dari Rp180.000/bulan untuk mengoptimalkan website bisnismu melalui Portal Biznet Gio atau support@biznetgio.com