Persiapan Migrasi ke Cloud

Saat ini para pemain perusahaan lama mulai memikirkan cara untuk memindahkan CAPEX menjadi OPEX, salah satunya mulai mempelajari penggunaan Cloud sebagai pengganti server physical mereka.

Tentu banyak pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum mulai mengimplementasikan Cloud untuk menjalankan bisnis mereka seperti isu keamanan, tim IT yang belum siap dan sebagainya.

Berikut beberapa tips untuk perusahaan yang akan mulai menggunakan teknologi Cloud:

  1. Divisi IT harus melakukan riset dan study terhadap perkembangan teknologi Cloud yang sedang berkembang. Staf IT juga perlu mendapatkan pelatihan dan membuat perencanaan yang matang sebelum melakukan migrasi server. Karena migrasi server ke environment baru merupakan hal yang paling dihindari dari tim IT.
  2. Tingkatkan kemanan informasi dan aplikasi. Cari tahu informasi terkait security dari provider Cloud yang Anda gunakan dan pastikan juga sudah memiliki sertifikasi seperti PCI-DSS.
  3. Pelajari scope yang disediakan provider Cloud. Hal ini untuk memastikan informasi penting perusahaan tidak akan terlihat oleh siapa pun dan hanya dapat diakses oleh user tertentu.
  4. Mulailah dari sekarang, teknologi Cloud merupakan teknologi masa depan dimana nantinya semua pelaku bisnis akan beralih. Mulailah membuat perencanaan strategis untuk melakukan migrasi dan membuat analisis mengenai keuntungan menggunakan Cloud Computing.

Kesimpulannya proses migrasi ke Cloud Computing akan memotivasi perusahaan agar menjadi lebih baik, selamat datang di era virtualisasi.