Apa Itu CentOS dan Apa saja Kelebihannya!

Sistem operasi yang populer digunakan di kalangan developer adalah Linux, hal ini tentu saja bukan tanpa alasan karena Linux memiliki keleluasaan untuk mengubah hampir semua elemen pada sistem operasinya sendiri. Source code pada sistem operasi Linux bersifat terbuka dan bisa diakses dan dimodifikasi siapa saja atau lebih sering disebut sebagai open-source.


Linux yang bersifat open-source ini juga menjadi alasan kenapa terdapat banyak sistem operasi lain yang berbasis Linux seperti CentOS, ubuntu, Red Hat, ataupun Mint. Sistem operasi berbasis Linux ini biasanya disebut Linux Distribution atau Linux Distro. Linux Distro sendiri merupakan sistem operasi yang dibuat berdasarkan Kernel Linux atau termasuk Kernel Linux.


Salah satu distro Linux yang populer dan sering digunakan khususnya untuk mengelola server dan web hosting adalah CentOS. Melalui artikel ini kamu akan mengetahui apa itu CentOS serta kelebihannya.

Apa itu CentOS

CentOS adalah salah satu distro Linux yang sering digunakan di server dan hosting, hal ini dikarenakan CentOS lebih aman dan stabil. CentOS berasal dari kode sumber Red Hat Enterprise Linux (RHEL).


CentOS merupakan singkatan dari Community Enterprise Operating System, yang pertama kali dirilis pada tahun 2004 sebagai turunan RHEL. CentOS merupakan sistem operasi gratis dan mendapatkan dukungan yang besar dari komunitas, dan mempertahankan kompatibilitas dengan RHEL. Sejak 2014, CentOS telah bergabung dengan Red Hat tetapi tetap terpisah dari RHEL.

Perbedaan CentOS dan RHEL

CentOS Sebenarnya sangat mirip dengan RHEL hal ini dikarenakan CentOS menggunakan sumber dari RHEL. RHEL merupakan distro Linux yang ditujukan untuk pasar komersial dan dibuat oleh Red Hat. Karena ditujukan untuk pasar komersial, tentu saja RHEL tidak disebarluaskan dengan gratis.


Perbedaan antara RHEL dan CentOS dari sini seharusnya sudah jelas. RHEL adalah distribusi Linux tingkat perusahaan dengan dukungan komersial, dan CentOS adalah distribusi Linux gratis dan didukung komunitas yang tujuannya adalah untuk mendorong pengembangan dan adopsi CentOS agar lebih baik dan dapat digunakan secara massal.


Red Hat sendiri tidak merekomendasikan penggunaan CentOS untuk lingkungan produksi karena CentOS tidak seperti RHEL yang dibuat dengan kerja sama antara Red Hat dengan produsen perangkat keras untuk memastikan distro RHEL bekerja lebih tepat sasaran. Pengetesan CentOS semuanya dilakukan oleh dan untuk komunitas.

Varian CentOS 

Saat ini terdapat dua varian utama CentOS yaitu CentOS Linux dan CentOS Stream. Khususnya pada CentOS Linux, seluruh dukungannya akan dihentikan oleh CentOS dan mulai kedepannya CentOS hanya akan berfokus pada CentOS Stream. Dukungan CentOS Linux akan dihentikan antara 2021 hingga 2024.

  1. CentOS Linux

    CentOS Linux adalah bentukan ulang dari source RHEL. Pada dasarnya CentOS Linux adalah RHEL tapi dikembangkan dan didukung oleh komunitas. CentOS Linux adalah downstream dari RHEL karena itu CentOS akan mendapatkan pembaruan sesudah RHEL mengeluarkan update terbaru.

    Nomor versi dari CentOS Linux mengikuti rilis dari RHEL yang merupakan basis CentOS Linux. Misalnya CentOS 8 adalah bentukan ulang dari RHEL 8. Dukungan untuk CentOS Linux 8 akan berakhir pada Desember 2021 sedangkan untuk CentOS Linux 7 akan berakhir pada Juni 2024.
  2. CentOS Stream

    CentOS Stream merupakan varian CentOS yang selanjutnya akan menjadi fokus utama CentOS. Berbeda dengan CentOS Linux yang merupakan downstream dari RHEL, CentOS Stream merupakan upstream dari RHEL yang akan dirilis kemudian, ini berarti source code CentOS Stream akan menjadi minor update untuk RHEL.

    Karena merupakan upstream, maka penamaan CentOS juga mengikuti RHEL, CentOS Stream 8 adalah upstream dari RHEL 8 dan CentOS Stream 9 adalah upstream dari RHEL 9. CentOS Stream juga akan mendapatkan support yang lebih panjang dari CentOS Linux karena masa berlaku hidupnya akan segera berakhir. 

Kelebihan CentOS

CentOS mulai dikembangkan pada tahun 2004 dan mengalami perkembangan luar biasa hingga menjadi distro Linux yang paling banyak digunakan, sebelum menjadi bagian dari Red Hat pada tahun 2014. Saat ini CentOS sangat sering digunakan oleh berbagai entitas mulai dari pribadi hingga perusahaan. Jika kamu sedang memilih sistem operasi untuk cloud server ataupun web hosting maka sistem operasi ini bisa kamu pilih karena memberikan banyak kelebihan, berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Keamanan

    Tentu saja aspek keamanan merupakan salah satu hal terpenting dalam sebuah sistem operasi dan CentOS merupakan salah satu sistem operasi yang memiliki fitur keamanan yang komprehensif. Salah satu fitur keamanan untuk menghadapi serangan siber adalah Security-Enhanced Linux atau SELinux.

    SELinux pada CentOS adalah mekanisme akses kontrol yang bisa memberikan aturan-aturan untuk mengakses file atau proses sesuai dengan aturan yang di set oleh pengguna. Jadi jika seandainya terjadi serangan, penyerang hanya memiliki akses ke file atau proses yang sudah diatur tersebut. Hal ini tentu saja mengurangi kerentanan sistem terhadap serangan siber.

    CentOS lebih aman secara bawaan bahkan ketika pertama kali diinstal. Hal ini juga menyebabkan CentOS lebih disukai karena tidak membutuhkan konfigurasi yang rumit untuk mendapatkan fitur keamanan tersebut. Selain itu, CentOS secara teratur mendapat pembaruan langsung dari Red Hat dan membuat pembaruan keamanan bisa hadir lebih cepat.
  2. Kompatibel dengan Banyak Control Panel

    CentOS kompatibel dengan banyak control panel yang dapat digunakan untuk mengelola server dan hosting pada satu dashboard dengan lebih mudah dan cepat. Beberapa control panel yang mendapatkan dukungan termasuk cPanel, Plesk, WebMin, DirectAdmin, Spacewalk, CWP, ISPConfig, Virtualmin, Vesta CP, dan lainnya.

    Dengan menggunakan control panel manajemen server dapat dilakukan dengan mudah seperti misalnya untuk meng-host beberapa situs di server serta menjaga semua proses pada server dapat dikelola dengan mudah. Pengelolaan email, website, FTP, dan fitur keamanan dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan beberapa klik bahkan untuk tugas yang seharusnya kompleks sekalipun.

    Kamu juga bisa menggunakan control panel untuk menginstal aplikasi CMS seperti WordPress, Joomla, maupun Drupal dengan mudah. Selain itu control panel juga dilengkapi dengan sistem pengelolaaan DNS, back-up, pemantauan resource,database, hingga antivirus. 
  3. Dokumentasi dan Komunitas yang Kuat

    CentOS didukung oleh komunitas yang besar dan kuat, selain itu karena hampir digunakan oleh mayoritas penyedia layanan hosting, dokumentasi dan tutorial untuk CentOS bisa didapatkan dengan mudah oleh semua orang. Didukung oleh komunitas yang besar juga menyebabkan troubleshoot untuk CentOS dapat lebih mudah untuk ditemukan.

    Pihak CentOS sendiri sudah memberikan panduan yang cukup lengkap untuk sistem operasi mereka yang bisa diakses melalui tautan CentOS Wiki berikut. Selain itu Biznet Gio juga memberikan panduan mengenai CentOS yang bisa diakses melalui Knowledge Base Biznet Gio.
  4. Dukungan Software Hingga 10 Tahun

    Dalam membuat dan menjalankan aplikasi salah satu hal yang paling penting adalah stabilitas dan dukungan untuk platform. Jika pada perkiraannya aplikasi akan berumur 5 tahun namun sistem operasi hanya akan menerima pembaruan selama dalam waktu 3 tahun tentu saja pengembangan aplikasi akan beberapa masalah keamanan khususnya ketika menghadapi sistem operasinya.

    Karena itu CentOS menawarkan masa pakai sistem operasi yang lebih panjang, misalnya seperti CentOS 7 yang dirilis pada 7 Juli 2014 dan masih akan mendapatkan update software hingga 30 Juni 2024. Jadi CentOS memberikan dukungan terhadap CentOS hingga 10 tahun. CentOS lebih stabil dan matang karena memiliki siklus rilis lebih lama, aplikasi tidak perlu diperbarui sesering mungkin dan Ini memungkinkan pengembang dan perusahaan untuk menghemat uang karena mengurangi biaya yang terkait dengan waktu pengembangan tambahan.

    Pada layanan Biznet Gio pun dukungan terhadap CentOS juga mengikuti dukungan dari pihak CentOS yang berarti untuk CentOS akan mendapatkan dukungan hingga 30 Juni 2024. Untuk mengetahui dukungan layanan Biznet Gio terhadap versi CentOS kamu bisa mengklik tautan di bawah ini. 

Baca juga: Operating System CentOS - Lifecycle Matrix

 

Sebagai penutup, menggunakan CentOS tentu saja akan memberikan ketahanan yang lebih panjang terhadap pengembangan aplikasi maupun website karena masa dukungan yang panjang, rilis yang lebih stabil, dukungan komunitas yang besar, hingga fitur keamanan bawaan yang lengkap. Biznet Gio sendiri menyediakan layanan NEO Lite, layanan VPS yang memiliki kebebasan untuk memilih sistem operasi yang lengkap dan termasuk CentOS.

Layanan NEO Lite ini memiliki infrastruktur server dan jaringan dengan redundansi tinggi dan bandwidth up to 10 Gbps tanpa biaya egress untuk mendukung performa aplikasi terbaik. NEO Lite juga hadir dengan sumber daya komputasi dedicated terkonfigurasi (preconfigured) dan SSD storage super cepat yang dapat di scale up dengan mudah. Didukung dengan layanan support pelanggan responsif 24/7 yang selalu siap untuk menjawab permasalahan teknis apapun terkait layanan untuk memaksimalkan performa website dan aplikasi milikmu.

Dengan harga Rp50.000/bulan, kamu sudah mendapatkan NEO Lite dengan 1 vCPU, 1 GB RAM, dan 60 GB SSD Storage. Kunjungi Portal Biznet Gio atau hubungi support@biznetgio.com sekarang!

The Best Solution for Your Business Needs

Start Now