5 Page Builder Website Terbaik untuk WordPress


Dahulunya membuat website membutuhkan kemampuan coding yang mumpuni, namun sekarang, tanpa kemampuan teknis dasar pun siapa saja bisa dengan mudah membuat website dengan bantuan beberapa tools, misalnya seperti penggunaan tema, template, dan page builder.

Sebelumnya kita sudah pernah membuat artikel tentang rekomendasi tema sesuai dengan kebutuhan website. Pada artikel tersebut kamu akan mengetahui bahwa kebanyakan dari rekomendasi tema tersebut kompatibel dengan beragam page builder, melalui artikel ini kamu akan mengetahui apa itu page builder dan rekomendasi page builder terbaik untuk mempermudah membuat website.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tema WordPress Gratis! | Biznet Gio (bgnweb.xyz)


Apa itu Page Builder

Page builder merupakan tools berupa plugin yang bisa digunakan untuk kustomisasi elemen-elemen pada sebuah halaman web. Pada WordPress, page builder memungkinkan kamu untuk membuat, mengedit, dan menyesuaikan tata letak situs web tanpa membuat coding apa pun.

Salah satu keunggulan dari page builder adalah kemudahan untuk menambahkan elemen-elemen pada website dengan fitur drag and drop. Berbeda dengan tema yang memiliki ratusan kustomisasi yang kemungkinan bisa membuat pengguna bingung, namun dengan menggunakan page builder kamu bisa dengan mudah untuk menentukan hal apa saja yang ingin kamu ubah atau tambahkan pada sebuah halaman web.

Selain itu kebanyakan tema-tema populer di WordPress memiliki kompatibilitas terhadap berbagai page builder. Hal ini berfungsi untuk memastikan page builder tetap tampil estetik dengan memanfaatkan elemen-elemen dari tema. Karena itu sebelumnya pastikan tema yang akan kamu gunakan juga kompatibel dengan page builder.

Kenapa Sebaiknya Menggunakan Page Builder?

Terdapat beragam kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika membuat website menggunakan page builder, berikut ini adalah beberapa alasannya:

  • Lebih cepat mengedit dan mengkustomisasi tampilan website. Perubahan pada website dapat langsung diimplementasikan karena alih-alih menulis kode kamu bisa menggunakan fitur drag and drop pada page builder dan langsung melihat perubahan yang telah dilakukan.

  • Kompatibel terhadap berbagai tema WordPress. Menggunakan tema tentu akan memperindah website, tapi karena tema biasanya memberikan banyak fitur dan kustomisasi yang kompleks dan justru akan membuat pengguna bingung. Disinilah fungsi page builder, tema yang kompatibel dengan page builder akan mempermudah untuk mengkustomisasi tampilan website sesuai dengan tema yang digunakan.

  • Berbagai pilihan fitur website. Menambahkan fitur khusus untuk website biasanya membutuhkan waktu yang lama walaupun kamu adalah seorang expert coding, namun dengan menggunakan page builder fitur-fitur itu sudah tersedia built-in dan dapat dengan mudah kamu tambahkan ke halaman web.

Rekomendasi Page Builder WordPress Terbaik

Berikut ini kami sudah merangkum 5 page builder terbaik yang bisa digunakan pada website WordPress sekarang juga.

  1. Elementor



    Elementor merupakan salah satu page builder paling populer di WordPress dengan total instalasi aktif diatas 5 juta. Plugin page builder ini bisa dengan mudah kamu instal ke WordPress dan juga bisa dengan mudah kamu gunakan karena menawarkan fitur yang lengkap termasuk fitur drag and drop untuk menambahkan elemen apapun pada website.

    Elementor dapat kamu gunakan secara gratis walaupun juga terdapat versi premium dengan beberapa fitur lebih luas. Dengan menggunakan versi gratis dari Elementor ini kamu sudah mendapatkan drag and drop website editor, 40 widget, 30 elemen, 60 preset layout, dan 30 template gratis termasuk tampilan editor responsif yang akan memberikan tampilan website ke beberapa tipe dan ukuran perangkat.

    Selain itu untuk membuat website toko online, Elementor juga akan memberikan widget e-commerce khusus yang terintegrasi dengan plugin WooCommerce, salah satu plugin untuk membuat toko online yang paling populer di dunia. WooCommerce sebelumnya juga pernah kita bahas pada tautan dibawah ini.

    Baca juga: 5 Plugin e-Commerce Terbaik untuk Membuat Website Toko Online


  2. Divi


    Divi awalnya merupakan sebuah tema yang dibuat oleh Elegant Themes, Divi merupakan tema yang populer digunakan untuk WordPress karena memberikan ratusan pilihan template dan integrasi ke berbagai ekstensi tambahan. Selain itu tema Divi juga kompatibel digunakan untuk membuat berbagai tipe website, mulai dari blog pribadi, profil perusahaan, hingga toko online.

    Dikarenakan kepopuleran Divi, Elegant Themes memutuskan untuk membuat Divi sekaligus menjadi page builder yang mempermudah para developer untuk membuat tampilan website yang estetik tanpa harus memikirkan kerumitan membuat coding. Dengan 50 elemen siap pakai yang bisa diubah dengan mudah, Divi menawarkan fitur drag and drop yang cukup mudah diimplementasikan walau kurang presisi. Namun Divi memberikan fitur tambahan yaitu Wideframe yang bisa digunakan untuk menambahkan modul secara lebih mudah ke halaman web.

    Dari segi harga Divi merupakan page builder premium, jadi kamu harus mendapatkan lisensi berbayar untuk menggunakan Divi, walaupun Divi sebenarnya menawarkan uji coba gratis 30 hari, namun setelah itu kamu akan diminta untuk berlangganan dengan biaya yang sebenarnya cukup murah yaitu $89 per tahun dan $249 untuk lisensi seumur hidup. Jika seandainya kamu tidak berlangganan, plugin Divi akan otomatis mati dan halaman web yang dibangun dengan Divi juga akan menghilang selama plugin tidak aktif.

  3. Brizy


    Selanjutnya adalah page builder yang sedang naik daun yaitu Brizy. Page builder WordPress yang satu ini sangat kaya akan fitur khususnya fitur drag and drop dengan detail pilihan menu yang lengkap, namun disusun dengan rapi dan hanya memunculkan apa yang dibutuhkan serta mudah digunakan. Pada awal menggunakan Brizy kamu akan diberikan beberapa pilihan template yang bisa dijadikan acuan untuk membangun halaman web.

    Plugin page builder untuk WordPress ini memberikan berbagai pilihan seperti 500 pre-made block, 4000 ikon, hingga content adjustment siap pakai, dan tentu saja sudah mendukung website responsif. Brizy dapat digunakan secara gratis dengan fitur-fitur yang pada umumnya sudah terbuka. Namun tentu saja untuk mengubah bagian footer kamu harus mempunyai lisensi Brizy Pro dengan harga mulai dari $49 per tahun.

  4. Beaver


    Page Builder yang satu ini terkenal dengan kesederhanaannya. Walaupun sederhana dan simpel, Beaver tetap memberikan pilihan fitur yang lengkap dan bisa diandalkan. Salah satu keunggulan dari Beaver dibanding page builder lain adalah, Beaver meng-generate hasil layout menjadi CSS/HTML bukan shortcode seperti page builder lain.

    Beaver juga memberikan integrasi dengan WooCommerce untuk mempermudah membangun website toko online. Selain itu Beaver juga dilengkapi kemudahan untuk menambahkan modul serta layanan customer support. Perbedaan lain antara Beaver dan page builder lain khususnya Divi adalah kamu tidak akan kehilangan layout yang sudah kamu atur di Beaver bahkan setelah menghapus plugin-nya, lalu kamu bisa membuat halaman web tanpa Beaver dan dikombinasikan dengan tema lainnya.

  5. WP Page Builder


    Rekomendasi terakhir dari WP Page Builder yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah membuat website adalah WP Page Builder. Berbeda dengan keempat rekomendasi sebelumnya, WP Page Builder lebih ditujukan untuk developer. Opsi page builder gratis ini menyederhanakan proses pembuatan halaman web dengan tampilan editor visual lengkap.

    WP Page Builder juga memiliki dukungan terhadap WordPress Widget  dan kompatibel dengan beberapa tema WordPress. WP Page Builder pada dasarnya bisa digunakan dengan gratis dengan beragam fitur template, block, kustomisasi warna, font, dan layout yang lengkap. Namun jika ingin mengeluarkan tenaga penuh dari WP Page Builder, kamu bisa menggunakan WP Page Builder Pro dengan harga mulai dari $39 per tahun.

Sekian rekomendasi page builder WordPress kali ini. Menggunakan page builder tentu akan memangkas dan mempercepat waktu pembuatan website, dari yang sebelumnya harus menggunakan kode-kode untuk menambahkan elemen ke halaman web, dengan menggunakan page builder proses tersebut dapat dipercepat dengan fitur drag and drop.

Plugin tersebut dapat langsung diinstall pada layanan NEO WordPress tanpa perlu repot melakukan pemesanan dan konfigurasi hosting/server terlebih dahulu. Dengan menggunakan NEO WordPress kamu bisa mendapatkan WordPress versi terbaru secara instan yang kompatibel dengan berbagai plugin WordPress termasuk plugin page builder hingga tema. Dilengkapi juga dengan fitur upgrade sumber daya komputasi dengan mudah untuk dukung performa website yang lebih cepat dan responsif.

NEO WordPress juga dilengkapi gratis SSL, domain, dan bandwidth besar tanpa kuota. Dapatkan NEO WordPress dengan harga Rp50.000/bulan dengan spesifikasi 2 vCPU, 2 GB RAM, dan 10 GB Storage. Kunjungi Portal Biznet Gio sekarang, untuk informasi lebih lanjut hubungi kami via live chat di sudut kanan website Biznet Gio atau hubungi sales@biznetgio.com.

The Best Solution for Your Business Needs

Start Now