news image
news 10 April 2024

Apa itu Google Ads? Fungsi, Elemen dan Cara Setup

 

Salah satu cara untuk mengoptimasi website adalah dengan beriklan pada pencarian berbayar (paid search), hal ini lah yang bisa dilakukan oleh Google Ads. Oleh karena itu, seiring perkembangan pemasaran digital, Google Ads sudah banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk meningkatkan awareness hingga trafik website bisnisnya.

 

Lebih lanjut, Google Ads adalah salah satu layanan iklan berbayar yang dikembangkan oleh Google, tujuannya adalah untuk menampilkan website pada halaman pencarian (SERP) ketika seseorang memasukkan kata kunci tertentu pada mesin pencari seperti Google. Karena berbayar, untuk menggunakannya kamu perlu membayar dengan pay per click, atau membayar sesuai dengan tujuan iklanmu.

 

Supaya lebih memahami apa itu Google Ads, elemen dan cara menggunakannya, yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya disini.

 

Apa itu Google Ads?

Seperti yang sudah dijelaskan singkat sebelumnya, Google Ads adalah layanan periklanan berbayar yang ditampilkan secara online yang dikembangkan dan berjalan di Google. Dengan menggunakan layanan ini, maka informasi yang tersedia pada websitemu akan muncul pada hasil pencarian di Google.

 

Hal itu karena Google mengizinkan orang-orang yang sudah kamu targetkan untuk melihat iklan dan menemukan situs kamu di SERP dengan kata kunci yang sudah kamu targetkan.

 

Layanan ini memiliki sistem berbayar atau disebut dengan pay per click (PPC), atau membayar per satu kali tayangan/impresi (CPM) dari iklan yang sudah ditayangkan. Google Ads juga tidak hanya melayani iklan pencarian tetapi juga iklan digital lain seperti, YouTube, Blog, dan Google Display Network (GDN).

 

Kelebihan Google Ads dibandingkan platform iklan lainnya adalah bisa mengontrol biaya beriklan sesuai dengan anggaran yang dimiliki masing-masing bisnis. Bahkan di Google Ads tidak membatasi biaya maksimum maupun minimum, kamu juga bisa memilih placement iklan sesuai dengan kebutuhan.

 

Fungsi Google Ads

Fungsi Google Ads yang utama adalah meningkatkan awareness bisnis secara online, namun ada beberapa fungsi lain Google Ads yang perlu kamu ketahui, antara lain:  

  1. Meningkatkan Visibilitas

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa Google Ads berfungsi untuk meningkatkan awareness, hal ini juga menjadi fungsi utama Google Ads yaitu, meningkat visibilitas.
     

  2. Mengarahkan Trafik yang Berkualitas

    Dengan menjalankan Google Ads, kamu juga bisa menargetkan audiens yang berkualitas dan sesuai dengan segmentasi bisnismu. Selain, menargetkan audiens yang sesuai, kamu juga bisa menargetkan kata kunci yang relevan dan spesifik sesuai dengan kebutuhan bisnis. Dengan begitu hasil dari iklan akan menghasilkan trafik yang berkualitas.
     

  3. Menyesuaikan Budget

    Salah satu kelebihan Google Ads yang juga menjadi fungsinya adalah biaya iklan yang dapat menyesuaikan dengan budget bisnis. Bahkan Google Ads tidak menggunakan batasan budget minimal maupun maksimal, tetapi dengan menggunakan sistem pay per click (PPC). Sehingga, pengguna iklan Google Ads hanya membayar dari klik atau impression (CPM) dari audiens.
     

  4. Meningkatkan Penjualan

    Last but not least, fungsi terakhir dari Google Ads yang paling penting adalah meningkatkan penjualan dan lead. Dengan iklan di Google Ads, menargetkan audiens yang tepat, maka penjualan juga bisa ditingkatkan. Tidak hanya penjualan tetapi juga lead untuk melakukan pendaftaran, bergabung dan lain sebagainya. Lead ini juga bisa dimanfaatkan untuk re-marketing sebagai pengguna yang sudah pernah berinteraksi atau memiliki niat membeli pada produk yang ditawarkan melalui iklan Google Ads.

 

Elemen Google Ads

Ada beberapa elemen yang dimiliki oleh Google, namun yang paling penting ada tiga elemen yaitu, keywords, ads, dan landing page. Elemen-elemen ini yang harus diperhatikan agar dapat mencapai objektif sesuai dengan target.

 

Adapun elemen-elemen lainnya seperti, judul, deskripsi, URL tautan, sitelinks, target, dan juga pengukuran.  

 

Dengan memahami elemen ini, kamu bisa lebih mudah untuk mengelola Google Ads secara efisien dan efektif. Berikut penjelasan masing-masing elemen:

 

  1. Keywords

    Salah satu elemen penting dari Google Ads adalah keywords. Pada tampilan iklan, kamu bisa menargetkan keywords yang spesifik dan relevan, dengan begitu Google hanya akan menampilkan iklan pada saat keywords tersebut dicari oleh audiens.

    Namun, perlu diketahui juga bahwa kita tidak bisa mengetahui secara pasti keywords apa yang dimasukkan oleh audiens. Maka dari itu, Google Ads memiliki pembagiannya yaitu, exact match, phrase match, dan broad match.
     

  2. Ads Copy

    Berikutnya ada ads copy atau teks yang ditampilkan pada iklan untuk menarik audiens yang sudah ditargetkan. Ad Copy ini biasanya terdiri dari judul, deskripsi, dan elemen teks lain seperti media lainnya.

    Lebih lanjut, Ad copy ini dibuat bertujuan untuk mempengaruhi audiens agar melakukan action tertentu, seperti, klik, membeli, mendaftar, bergabung, atau menghubungi.
     

  3. URL Tautan

    Elemen berikutnya ada URL tautan, biasanya tautan ini berisi website yang dapat diakses oleh audiens setelah mengklik iklan. Terdapat tiga jenis URL tautan pada Google Ads yaitu, URL options, Final URL dan juga Display URL.

    URL options adalah tautan yang memungkinkan pengiklan untuk menyesuaikan tampilan URL pada iklan. Sementara final URL adalah landing page audiens mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk atau jasa yang ditawarkan melalui situs website. Syarat untuk final URL ini harus relevan dan valid dengan iklan yang dijalankan.

    Sementara display URL adalah URL yang tampil dan bisa dilihat oleh audiens yang diatur oleh pengiklan, biasanya namanya pun disesuaikan dengan lebih deskriptif. Terlepas dari itu, Semua jenis URL ini harus memiliki domain yang sama.

 

Cara Setup Google Ads

Setelah mengetahui fungsi dan manfaat Google Ads, apakah kamu tertarik untuk meningkatkan visibilitas bisnismu secara online? Simak cara setup Google Ads berikut ini: 

 

  1. Buat Akun Google Ads

    Langkah pertama dalam setup Google Ads adalah membuat akun. Akses situs web Google Ads dan ikuti langkah-langkah pendaftaran akun. Pastikan untuk mengisi informasi yang benar dan relevan mengenai bisnismu.
     

  2. Tentukan Tujuan Campaign

    Sebelum mulai membuat kampanye, tentukan tujuan bisnismu terlebih dahulu. Apakah ingin meningkatkan penjualan, lalu lintas situs web, atau awareness? Memahami tujuan bisnis yang akan diiklankan akan membantu untuk mengarahkan campaign dengan lebih efektif.
     

  3. Pilih Keywords yang Relevan

    Keywords adalah salah satu elemen penting yang menentukan keberhasilan dalam Google Ads. Pastikan untuk meriset kata kunci terlebih dahulu, untuk menemukan keyword yang relevan dengan bisnis dan memiliki volume pencarian yang tinggi. Kamu juga bisa menggunakan platform website keyword research seperti, Ahrefs, Google Keyword Planner, Semrush dan lain sebagainya.
     

  4. Buat Grup Iklan

    Setelah menetapkan tujuan dan mengidentifikasi keywords, langkah berikutnya membuat kampanye dan grup iklan. Tentukan jenis kampanye yang sesuai dengan tujuan, seperti Kampanye awareness, Kampanye CPC (Cost-Per-Click), atau Kampanye CPM (Cost-Per-Mille).
     

  5. Tambahkan Call to Action

    Iklan yang ingin kamu jalankan tentunya harus menarik dan relevan dengan keywords yang ditargetkan. Pastikan untuk menambahkan call to action (CTA) agar audiens melakukan tindakan berikutnya, seperti membeli, mendaftar, bergabung dan lain-lain. CTA harus mencakup penawaran dan mengajak tindakan yang jelas untuk pengguna, seperti "Belanja Sekarang" atau "Hubungi Kami".
     

  6. Atur Anggaran dan Penjadwalan

    Tentukan anggaran harian dan atur penjadwalan iklan agar sesuai dengan kebutuhan bisnis. Selain itu, kamu juga bisa mengatur iklan untuk ditampilkan hanya pada waktu tertentu atau hari tertentu dalam seminggu.
     

  7. Analisis Performa dan Monitoring Iklan

    Setelah kampanye atau iklan aktif, berikutnya penting untuk terus memantau dan menganalisis performa iklan. Kamu bisa menggunakan fitur report Google Ads untuk melacak jumlah klik, konversi, dan biaya. Berdasarkan analisis tersebut, kamu juga bisa mengoptimalkan kampanye atau iklan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
     

Beriklan di Google Ads dengan Website

Sekian artikel kali ini mengenai apa itu Google Ads dan cara setup-nya. Sebelum mulai beriklan, sebaiknya pastikan untuk meningkatkan kualitas website terlebih dahulu, salah satunya adalah memastikan website sudah responsif responsif. 

 

Selain itu, pastikan juga website memiliki performa yang cepat dan stabil. Ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan layanan hosting yang aman dan berkecepatan tinggi. Seperti misalnya layanan hosting WordPress instan dari Biznet gio yaitu NEO WordPress

 

NEO WordPress merupakan layanan hosting instan berbasis Kubernetes yang bisa memastikan website memiliki performa tinggi, akses cepat, less mantenance, dan lebih aman secara bawaan. Jadi pengguna bisa fokus untuk mengembangkan website tanpa perlu repot dengan konfigurasi server dan hosting. 

 

Selain itu berikut adalah beberapa kelebihan NEO WordPress:

 

  • Berjalan pada cluster Kubernetes, WordPress dapat terhindar dari downtime dan setiap perubahan pada WordPress bisa dilakukan secara seamless. 
  • NEO WordPress mampu mempertahankan performa tinggi bahkan ketika mendapatkan lonjakan traffic yang tinggi. 
  • Infrastruktur Kubernetes menunjang High Availability tanpa perlu konfigurasi manual.  
  • Secara bawaan, menggunakan cluster Kubernetes membuat website lebih aman.  
  • Skalabilitas tinggi baik secara vertikal maupun horizontal. Pada layanan NEO WordPress upgrade dan downgrade sumber daya seperti pod aplikasi ataupun pod database maupun menambah jumlah pod dapat dilakukan dengan sekali klik.  
  • Layanan NEO WordPress bersifat serverless sehingga pengguna tidak perlu mengatur server dan hosting secara manual karena sudah di automasi Kubernetes.  
  • Khusus untuk layanan NEO WordPress, hanya butuh 60 detik dari proses pembelian hingga WordPress siap pakai.  
  • Fasilitas lengkap baik untuk tahap staging maupun production karena dilengkapi gratis generated domain, SSL, dan bandwidth hingga 10 Gbps serta selalu mendapatkan WordPress terbaru.  
  • Dilengkapi fitur AI Web Builder yang memiliki ribuan template premium gratis yang bisa digunakan untuk membuat tampilan website yang menarik.  
  • Membuat konten pada website juga lebih mudah menggunakan fitur Generative AI berbasis Chat GPT.  
  • Tanpa optimasi apapun NEO WordPress siap tampung hingga 2.000.000 traffic per bulan. 

 

Dapatkan NEO WordPress sekarang juga dengan harga cukup Rp50.000 dengan sumber daya yang bisa kamu upgrade sepuasnya.

 

  

Untuk informasi lebih lengkap mengenai layanan NEO WordPress kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com.