news image
news 5 April 2024

Apa itu SEMRush? Definisi, Kelebihan dan Cara Menggunakannya

 

Ada banyak tools yang bisa membantu seorang digital marketer untuk memaksimalkan dan menganalisa digital marketing. Salah satu tools yang banyak digunakan dan populer adalah SEMRush. 

 

SEMRush adalah tools yang dapat digunakan untuk menganalisis digital marketing, dan juga menjadi strategi untuk optimasi search engine marketing (SEM) dan search engine optimization (SEO). Lebih lanjut, SEMRush memiliki banyak fitur yang berfungsi untuk menganalisa dan mengoptimalkan SEO agar bisa berada di halaman pertama di search engine seperti, Google.

 

Fitur-fitur SEMRush juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan info secara detail mengenai kinerja website dan SEO. Diantaranya, analisa kompetitor, keyword research, dan lain-lain.

 

Lalu, bagaimana cara menggunakan SEMRush? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel ini yang akan membahas pengertian, kelebihan, dan juga cara menggunakan SEMRush.

 

Apa itu SEMRush?

Sebelum membahas lebih dalam tentang SEMRush, ketahui dulu apa itu SEMRush. Lalu, apa itu SEMRush? SEMRush adalah salah satu tools atau platform software yang biasanya digunakan untuk mengoptimalkan SEO maupun SEM.

 

Fungsi SEMRush yang utama adalah mampu memberikan data hasil dan menganalisis kinerja website, analisa kompetitor, dan juga mengoptimalkan konten dengan keyword research.

 

SEMRush dikembangkan oleh Oleg Schegolev dan Dmitry Melnikov pada tahun 2008, dan hingga saat ini tools ini sudah memiliki database lebih dari 46 juta domain dan 120 juta kata kunci.

 

Selain itu, SEMRush juga bisa digunakan untuk search engine marketing atau paid ads dengan fiturnya seperti, pay per click (PPC), analisa iklan berbayar melalui SEM, dan juga content marketing campaign.

 

Bagaimana SEMRush Mengoptimasi SEO?

SEMRush menjadi salah satu tools yang paling populer digunakan oleh digital marketer. Tools ini sendiri mampu mengoptimasi SEO secara optimal dengan fitur-fiturnya. SEMrush adalah platform all-in-one yang menyediakan berbagai fitur untuk analisis kompetitor, riset kata kunci, audit situs, dan banyak lagi. Berikut ini beberapa fitur andalan SEMRush untuk mengoptimasi SEO:

 

  1. Analisa SEO: SEMRush memiliki fitur yang dapat menganalisa SEO secara optimal termasuk, mencari keywords, analisa backlink, dan audit SEO.  
  2. Keyword research: SEMRush juga memiliki fitur pencarian kata kunci dari database, kata kunci ini juga memiliki info detail seperti, volume search yang bisa menghasilkan trafik tinggi.  
  3. Audit website: fitur ini bermanfaat untuk memberikan info secara mendetail seputar teknis SEO dan pengaruhnya pada rangking website di mesin pencari.  
  4. Analisis kompetitor: salah satu fitur unggulan SEMRush yang berfungsi untuk memonitor kompetitor seperti, keywords apa saja yang ditarget, dan strategi SEO apa saja yang dijalankan.  
  5. Riset backlink: fitur ini berfungsi untuk melakukan identifikasi sumber backlink dan juga memahami struktur backlink dari kompetitor.  

 

Kelebihan SEMRush

Dengan beragam fitur yang ditawarkan, SEMrush memiliki kelebihan dan manfaat yang bagi para penggunanya yang ingin meningkatkan visibilitas online terutama untuk website. Berikut beberapa kelebihan utama yang membuat SEMrush menjadi pilihan utama bagi para digital marketer:

 

  1. Analisis Kompetitor yang Komprehensif

    Salah satu keunggulan utama SEMrush adalah kemampuannya untuk memberikan analisis dan monitoring kompetitor yang mendetail tentang strategi SEO. Dengan fitur seperti Organic Research dan Backlink Gap, pengguna dapat melihat kata kunci yang ditargetkan oleh kompetitor, strategi dan susunan backlink, serta strategi konten yang dimiliki kompetitor. Dengan kelebihan Ini memungkinkan penggunanya untuk mengidentifikasi peluang yang belum dieksplorasi dan merencanakan strategi yang lebih efektif.
     

  2. Keyword Research

    SEMrush memiliki fitur riset kata kunci yang relevan dan berpotensi memberikan trafik tinggi pada website. Fitur Keyword Magic Tool memiliki ribuan database kata kunci bersama dengan metrik penting seperti volume pencarian, tingkat kesulitan, dan nilai klik. Kelebihan ini membantu pengguna untuk meningkatkan visibilitas website di SERP.
     

  3. Audit Website

    Kelebihan berikutnya, SEMRush memiliki kemampuan untuk audit website. Dengan kelebihan ini, SEMRush bisa mendeteksi kesehatan situs web. Dengan alat audit situs SEMrush, pengguna dapat dengan mudah mengidentifikasi masalah teknis, konten duplikat, dan masalah lain yang dapat mempengaruhi kinerja SEO. Dengan memperbaiki masalah pada situs web, maka pemilik website dapat meningkatkan peringkat web di mesin pencari.
     

  4. Monitoring Kinerja SEO yang Real-Time

    SEMrush memiliki berbagai fitur yang digunakan untuk memantau kinerja SEO secara real-time. Pengguna SEMRush dapat melacak perubahan peringkat kata kunci, lalu lintas organik, dan banyak lagi. Kelebihan ini memungkinkan pengguna untuk mengukur dampak dari setiap tindakan yang diambil atau mengubah sesuai dengan kebutuhan.
     

  5. Analisis Mendalam dan Detail

    SEMrush memiliki kelebihan dalam analisi data yang mendalam dan detail, kelebihan ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan analisis mendalam tentang berbagai aspek strategi SEO. Analisis yang dipaparkan meliputi analisis kata kunci hingga riset kompetitor, SEMrush menyediakan semua informasi yang dibutuhkan, sehingga pengguna bisa memutuskan untuk melakukan strategi yang lebih baik.

 

Cara Menggunakan SEMRush

Buat kamu yang tertarik menggunakan SEMRush untuk optimasi SEO, berikut cara menggunakan SEMRush yang bisa kamu ikuti:  

 

  1. Buat akun SEMRush terlebih dahulu dengan klik Sign Up. Agar lebih mudah kamu juga bisa login langsung menggunakan akun Gmail.  
  2. Setelah mendaftar atau login, kamu bisa masuk pada dashboard SEMRush. Pada dashboardnya akan terlihat berbagai fitur seperti, keyword Magic Tool untuk riset keyword.  
  3. Kemudian, masukkan keyword yang ingin kamu targetkan pada Enter Keyword, lalu ubah pencarian menjadi Indonesia, dan klik tombol Search.  
  4. Setelah itu, SEMRush akan menampilkan hasil riset keyword yang sudah kamu masukkan sebelumnya, dan ada beberapa info detail pada kata kunci seperti, Broad Match, Phrase Match, Exact Match dan Related. Selain itu juga, terdapat metrik lain yang berhubungan dengan kata kunci yaitu, search volume, intent, trend, keyword difficulty, dan lain-lain. 
  5. Kemudian, setelah itu SEMRush akan memberikan rekomendasi kata kunci yang paling tepat untuk optimasi konten yang sudah kamu buat.  

 

Itulah pembahasan mengenai SEMRush dari mulai definisi, kelebihan hingga cara menggunakannya. Perlu diketahui juga bahwa SEMRush bisa digunakan secara free namun ada batas jumlah keyword pencarian dalam satu hari. Nah, jika kamu tertarik menggunakannya dengan fitur lengkap, kamu bisa berlangganan berbayar tools ini.

 

Namun, meskipun kamu sudah menggunakan SEMRush untuk optimasi SEO, dan meningkatkan ranking website, tetap tidak akan optimal jika websitemu lemot dan sering down, Google pun tidak akan memprioritaskan websitemu.

 

Tidak perlu khawatir, karena ada NEO Dedicated Hosting yang bisa membantumu! Dengan sumber daya komputasi terdedikasi RAM, CPU dan storage yang menjamin tetap stabil meskipun trafik sedang tinggi. Selain itu, cloud hosting satu ini juga kompatibel dengan berbagai bahasa pemrograman, serta akses cPanel/Plesk yang memudahkan kamu dalam mengelola website.  

 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur baru NEO Dedicated Hosting kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com.