Mempunyai bisnis sendiri merupakan hal yang di idam idamkan oleh setiap orang tanpa terkecuali , setiap harinya orang berlomba lomba untuk menciptakan inovasi inovasi terbaru untuk dapat dijadikan sebuah bisnis,

Disamping ide bisnis yang baru, teknologi yang akan diadopsi untuk bisnis mempunyai peranan penting bagi bisnis itu sendiri. Salah satu teknologi yang banyak digunakan orang untuk memulai bisnis adalah Cloud Computing yang mempunyai banyak keutungan yang dapat di manfaatkan untuk memulai bisnis.

Merancang teknologi saat memulai bisnis anda secara konvensional membutuhkan banyak waktu, disamping anda harus membuat planning, anda perlu menentukan spesifikasi server, membeli server dengan proses procurement yang lama, menyimpan server di data center atau menyiapkan ruangan penyimpanan server sendiri dengan memikirkan suhu ruangan, kelambaban udara bahkan redundancy listrik, belum lagi internet.

Selain hal hal teserbut masih banyak hal yang anda harus lakukan sesuainya, namun dengan Cloud Computing anda hanya harus focus pada Bisnis anda bukan bukan pada hal tersebut, anda hanya perlu menentukan spesifikasi server dan memilih operating system yang anda inginkan, dalam beberapa menit server anda sudah siap digunakan.

Hal lain yang membuat Cloud Computing lebih efektif dan effisien adalah anda dapat memulai dengan spesifikasi yang terkecil dan ketika bisnis anda sudah growth anda dapat merubahnya kembali dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Dibanding dengan server konvensional, apabila anda upgrade,anda membeli hardware terlebih dahulu, lalu datang ke data center, matikan server dan upgrade memory atau harddisk anda, yang sangat memakan waktu juga tenaga anda.

Selain 2 hal itu beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk menggunakan Cloud Computing saat memulai bisnis adalah tidak memerlukan modal (CapEx), anda hanya perlu membayarnya bulanan dan menjadikannya biaya operational bisnis anda (OpEx).

Keunggulan terkahir dari Cloud Computing yang anda bisa manfaatkan adalah Pay-As-You-Go yaitu anda cukup membayar yang anda gunakan.

Beberapa keunggulan tersebut dapat anda manfaatkan untuk memulai bisnis, jadi sudah siapkah anda untuk memulai bisnis?