news image
news 17 Januari 2024

Cara Mengatasi Disk Space Penuh pada WordPress dengan Mudah 

 

Salah satu penyebab dari website sulit diakses atau lambat saat diakses adalah disk space hosting yang sudah penuh. Tentunya hal ini akan mengganggu kenyamanan pengunjung saat mengakses website.

 

Maka dari itu, sebagai pengguna dan pemilik website khususnya yg berbasis WordPress, harus mengantisipasi hal ini dan segera mengatasi jika disk space penuh. Lantas, bagaimana cara mengatasi disk space penuh pada WordPress? Simak selengkapnya, pada artikel kali ini yang akan membahas cara-caranya.

 

Akibat Disk Space Penuh 

Biasanya sebelum menggunakan layanan hosting berbasis WordPress, penyedia hosting akan memberikan info mengenai batas penggunaan disk space.

 

Mungkin pada awal pemakaian tidak ada masalah. Namun, seiring berjalannya waktu tentu kamu perlu memperbanyak file, folder, gambar, video yang menggunakan disk space. Apabila file yang tersimpan sudah melewati batas penggunaan maka akan ada beberapa masalah yang ditimbulkan akibat disk space WordPress penuh, diantaranya sebagai berikut:

 

  • Tidak dapat mengirim atau menerima email dari situs website yang kamu miliki.
  • Kesulitan mengirim atau mengunggah gambar pada media library website.
  • Kesulitan untuk memperbarui konten pada halaman dan pos.
  • Gagal migrasi ke hosting lain.
  • Pengunjung tidak dapat mengakses situs website.

 

Cara Mengatasi Disk Space Penuh pada WordPress

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penyedia hosting biasanya memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Jadi, untuk menggunakan disk space untuk menyimpan file dalam website tergantung bagaimana kita mengelolanya dengan baik. Maka dari itu, cara mengatasi disk space penuh pada WordPress bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

 

  1. Gunakan Gambar dengan Ukuran Kecil

    Cara pertama mengatasi disk space penuh pada WordPress dengan menggunakan gambar yang berukuran kecil. Hal ini dilakukan bertujuan untuk menggunakan kapasitas disk space hosting lebih hemat.

    Gambar kecil bisa dilakukan dengan cara mengompres dengan ukuran lebih kecil atau menggunakan format .webp. Dengan begitu, ketika upload gambar pada website tidak akan memakan ruang yang besar.
     

  2. Gunakan Plugin Sesuai dengan Kebutuhan

    WordPress sendiri memiliki banyak pilihan plugin, namun sebaiknya tetap gunakan plugin sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya, disk space penuh juga bisa disebabkan dengan plugin yang terpasang pada website.

    Maka dari itu, cara mengatasi disk space WordPress penuh adalah menggunakan plugin yang sesuai dengan kebutuhan dan efisien untuk website milikmu.
     

  3. Kurangi Mengunggah Video pada Website

    Video bisa jadi salah satu file yang memakan banyak space. Meski mengunggah video akan menjadikan website lebih menarik, tetapi sebaiknya kurangi mengunggah video yang berukuran besar.

    Cara mengatasi disk space penuh karena video, bisa dilakukan dengan menggunakan link pihak ketiga seperti, YouTube, Vimeo, dan tempat-tempat video lainnya.
     

  4. Menghapus File yang Kurang Penting

    Cara mengatasi disk space penuh pada WordPress berikutnya adalah dengan mengecek media library. Kamu bisa mulai menghapus file yang kurang penting di media library. Dengan begitu, kamu bisa menghemat space hosting agar tidak cepat penuh.
     

  5. Menghapus Cache Hosting

    Cache merupakan data yang telah disimpan untuk mempercepat akses pada website. Namun, disamping fungsinya cache juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab disk space cepat penuh. Sehingga, cara untuk mengatasi disk space penuh, bisa dilakukan dengan menghapus cache secara rutin.

    Di WordPress seperti cPanel memiliki pilihan untuk dapat menghapus cache secara otomatis, atau kamu bisa melakukan secara manual pada control panel hosting.
     

  6. Kosongkan Email yang Tidak Digunakan

    Cara berikutnya, apabila kamu pengguna WordPress dan menggunakan email untuk berlangganan hosting, kamu perlu mengosongkan email yang tidak digunakan lagi seperti, spam atau email lama yang sudah tidak diperlukan lagi.
     

  7. Menghapus Draft Blog dan Halaman

    Sama halnya dengan menghapus plugin yang kurang penting, menghapus draft pos blog dan halaman juga dapat menghemat penggunaan disk space.

    Jika kamu memiliki draft yang belum dipublikasikan atau tidak jadi dipublikasikan, sebaiknya dihapus untuk mengatasi disk space penuh. Sehingga, kamu juga bisa meningkatkan kinerja website.

 

Bikin Website dengan Hosting Terbaik!

Itu lah beberapa cara mengatasi disk space penuh pada WordPress dengan mudah. Dengan mempraktikkan 7 cara yang sudah dijelaskan pada artikel ini, disk space pada hosting WordPress milikmu akan dijamin lebih lega, sehingga kecepatan dan kinerja website akan tetap terjaga.

 

Jika dari cara-cara di atas belum dapat mengatasi kendala disk space penuh, maka kini saatnya upgrade website ke hosting dengan kualitas tinggi!

 

Percayakan pada NEO WordPress, layanan hosting WordPress instan dengan performa tinggi, aman, dan sumber daya fleksibel. Cukup dengan Rp50 ribu per bulan kamu sudah mendapatkan:

 

  • Hosting instan tanpa repot atur server, hosting, maupun control panel
  • Dengan teknologi Kubernetes website selalu aktif, lebih aman, dan minim gangguan di level server. 
  • Skalabilitas tinggi, bebas upgrade maupun downgrade CPU, RAM, dan storage sesuai kebutuhan. 
  • Fitur cache bawaan yang bisa mempercepat waktu load website. 
  • Sanggup tampung hingga 2 juta pengunjung bulanan. 

 

Selain itu, kamu juga bisa memilih NEO Dedicated Hosting. Layanan hosting dengan sumber daya dedicated dan storage lega jadi disk space tidak gampang penuh. Selain itu kamu memiliki opsi juga untuk memilih control panel premium cPanel atau Plesk yg bisa menyesuaikan kebutuhan kamu.

 

Jadi, kamu tidak perlu khawatir meskipun lonjakan trafik tinggi. Mulai langganan dari 210K, kamu sudah bisa mendapatkan CPU 1 core, RAM 2 GB dan storage 60GB, menariknya hosted domainnya sudah unlimited meskipun berlangganan dengan paket paling murah. Jadi, tunggu apalagi? 

 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai layanan hosting Biznet Gio kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com