news image
news 3 Juli 2023

Sering Diragukan, Ini Beberapa Kelebihan dan Alasan Pilih Domain .MY.ID

Dalam era digital yang semakin maju ini, memiliki identitas online yang kuat merupakan salah satu kunci keberhasilan. Selain provider hosting, memilih domain yang tepat merupakan satu dari sekian langkah penting yang harus dipertimbangkan saat membuat website. Sebab, domain merupakan pintu gerbang virtual yang dapat membuka berbagai peluang bisnis, personal branding, dan eksistensi online.  
 

Saat ini, banyak sekali ekstensi domain yang dapat dipilih dan digunakan sesuai dengan budget pengguna. Di tengah banyaknya pilihan domain yang tersedia, salah satu opsi menonjol adalah domain .my.id. Walau belum sepopuler domain .com, .id, namun domain .my.id menawarkan keunikan dan keunggulan tersendiri. Apa saja keunggulan domain ini? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini, ya! 

 

Mengenal domain my.id 

Domain my.id adalah jenis domain top level domain (TLD) yang berakhir dengan ekstensi .my.id. Resmi dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), domain ini pun dibuat khusus untuk Indonesia pada 17 September 2019 dan menawarkan identitas lokal yang kuat, serta sudah diakui oleh Google.  
 

Uniknya, dalam konteks domain, “my” adalah kependekan dari “myself” atau "saya sendiri", sedangkan “id” merujuk pada Indonesia. Jadi, domain my.id sebenarnya menggambarkan gagasan “milik saya sendiri di Indonesia”. Tak heran, banyak pengguna domain my.id memperuntukkannya sebagai website personal, seperti blog pribadi, toko online, web portofolio, atau alamat email pribadi.  

 

Kelebihan domain my.id 

Sayangnya, masih banyak orang yang meragukan website dengan domain .my.id. Padahal, website dengan domain ini terbilang unik. Nah, berikut ini merupakan beberapa kelebihan dalam menggunakan domain my.id, antara lain: 

  1. Sebagai identitas website kualitas 

    Salah satu kelebihan utama domain my.id adalah kemampuannya untuk menciptakan identitas online yang kuat dan terhubung langsung dengan Indonesia. Dengan menggunakan domain my.id, pemilik website akan memberikan pesan kepada pengunjung bahwa website kamu adalah bagian integral dari komunitas lokal. Identitas lokal yang kuat ini dapat meningkatkan kepercayaan dan keterhubungan dengan audiens di Indonesia sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membantu membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan dan mitra bisnis. 
     

  2. Ketersediaan nama website yang masih banyak 

    Domain my.id menawarkan kesempatan untuk mendapatkan nama domain yang lebih singkat, relevan, dan mudah diingat. Dalam dunia online yang padat, memiliki nama domain yang efektif sangat penting untuk membedakan website dari pesaing dan memudahkan pengunjung dalam mengingat alamat situs website. Dengan domain my.id, pemilik website bisa memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan nama yang sesuai dengan merek atau tujuan bisnis website tersebut. 
     

  3. Dukungan untuk personal branding 

    Selain dua kelebihan sebelumnya, domain my.id juga terbilang sangat cocok untuk membangun identitas personal branding yang kuat. Jika kamu merupakan seorang profesional, influencer, atau pekerja kreatif yang ingin memperkuat kehadiran portofolio online pribadi, memiliki domain my.id dengan nama kamu sendiri dapat memberikan keunikan dan memperkuat citra website. Hal ini tentunya membantu untuk membuat website terlihat lebih menonjol di antara komunitas online dan memberikan kepercayaan kepada audiens bahwa website tersebut merupakan sumber yang dapat diandalkan dan terkait dengan Indonesia. 
     

  4. Target market website  

    Jika bisnis dalam website menargetkan pasar Indonesia atau pasar lokal, maka menggunakan domain my.id memberikan keuntungan kompetitif yang signifikan. Pengguna internet di Indonesia cenderung lebih memilih dan mempercayai situs web dengan domain lokal. Dengan menggunakan domain my.id, menunjukkan komitmen website pada target market di Indonesia, yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan potensial, memperluas jangkauan bisnis, dan menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan audiens lokal. 
     

  5. Harga terjangkau dan aksesibilitas 

    Domain my.id umumnya memiliki biaya pendaftaran dan pembaruan yang lebih terjangkau dibandingkan dengan beberapa domain internasional. Ini membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi individu dan bisnis dengan anggaran terbatas. Selain itu, proses pendaftaran dan manajemen domain my.id relatif mudah dan dapat diakses oleh siapa saja, bahkan bagi pem ilik yang memiliki sedikit pengetahuan teknis. 
     

  6. Memperkuat ekosistem digital  

    Dengan menggunakan domain my.id, kamu juga berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan ekosistem digital lokal di Indonesia. Dalam era digital yang semakin maju, memiliki lebih banyak website dengan domain lokal dapat mendorong industri web hosting, penyedia layanan digital, dan sektor terkait lainnya untuk tumbuh dan berkembang di tingkat lokal. Tentunya hal ini ke depannya akan berdampak positif pada ekonomi digital dan menciptakan lapangan kerja di dalam negeri. 
     

  7. Meningkatkan SEO 

    Domain my.id dapat memberikan keuntungan dalam hal optimasi SEO Indonesia. Mesin pencarian, seperti Google, sering memberikan preferensi pada situs web dengan domain lokal ketika menampilkan hasil pencarian untuk pengguna di suatu negara. Dengan menggunakan domain my.id, pemilik website memiliki peluang lebih besar untuk muncul dalam hasil pencarian yang relevan dengan keyword lokal dari domain tersebut berasal. Dengan demikian, dapat membantu meningkatkan visibilitas dan lalu lintas organik ke website pemilik. 

     

Kekurangan domain my.id 

Sama seperti domain lainnya, domain my.id juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Pertama, domain ini terbatas secara geografis hanya untuk Indonesia sehingga jika kamu ingin memperluas bisnis ke pasar internasional, domain ini mungkin tidak ideal. Selain itu, persepsi terhadap domain my.id mungkin terbatas dan dianggap kurang profesional di luar Indonesia. Terakhir, domain my.id mungkin kurang mendukung karakter atau bahasa non-Indonesia.  

 

Meskipun demikian, jangan jadikan hambatan bila memang ingin menggunakan ekstensi domain my.id untuk website mengingat domain ini terbilang unik dan akan mudah diingat oleh siapapun. 


Untuk mendapatkan ekstensi domain .my.id, kamu bisa memilih provider yang tepercaya dan aman, seperti layanan NEO Domain dari Biznet Gio. Layanan ini telah dilengkapi dengan DNS Manager berteknologi Anycast pertama di Indonesia yang bisa didapatkan dengan gratis. 


Tak hanya domain my.id, NEO Domain juga menyediakan berbagai pilihan domain TLD hingga dan berbagai domain lokal lainnya, seperti .ID, .CO.ID, dan lain sebagainya. Untuk diketahui, Biznet Gio sudah menjadi registrar dari PANDI yang merupakan badan penyelenggara yang bertugas untuk mengelola, mengoperasikan, dan memelihara berbagai pilihan domain lokal. 


Gimana, apakah kamu tertarik? Yuk, kunjungi laman Portal Biznet Gio untuk mendapatkan domain website kamu sekarang!