Mengenal Managed Service Serta Manfaatnya

Perubahan perilaku pasar yang semakin erat dengan persaingan dalam pemanfaatan teknologi dan Internet, menuntut pelaku bisnis agar dapat terus berinovasi terhadap pengembangan layanan atau produk dengan lebih cepat (time to market). Di samping itu juga dalam proses pengembangan aplikasi dan layanan memerlukan pengelolaan infrastruktur TI baik fisik ataupun virtual yang optimal, aman, tepat, dan terencana dengan baik. Pengelolaan infrastruktur seperti server virtual, basis data (database), sistem operasi dan jaringan dapat menjadi tantangan tersendiri menimbang besaran waktu dan kapasitas SDM yang dibutuhkan serta belum tentu dimiliki oleh semua pelaku bisnis di mana kapasitas waktunya akan lebih dialokasikan terhadap peningkatan daya saing produk serta nilai tambah dari sebuah layanan.

Melalui layanan Managed Service untuk kebutuhan TI seperti pengelolaan dan pengoprasian infrastruktur fisik maupun virtual dapat secara signifikan membantu beban kerja departemen TI dari sebuah perusahaan tanpa perlu menambahkan secara spesifik manpower yang hanya fokus menangani perangkat keras dan virtual semata. Peran Managed Service saat ini hadir untuk mendelegasikan fungsi operasional sehari-hari departemen TI sebuah perusahaan di mana salah satu fokus areanya dapat membantu sebagaian ataupun secara menyeluruh untuk mengoperasikan dan menjamin ketersediaan sistem dari layanan sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan tersebut, dengan begitu departemen TI dapat mengalokasikan SDM dan waktunya untuk lebih fokus melakukan inovasi dan formulasi pengembangan bisnis itu sendiri.

Melihat kebutuhan tersebut, Managed Service sangat cocok bagi suatu organisasi yang ingin secara efektif dan efisien tanpa memerlukan alokasi sumber daya tambahan pada departemen TI untuk melakukan pengoperasian, peremajaan, pembaharuan dan mitigasi sistim dan infrastruktur secara berkala serta terstruktur sehingga perusahaan tersebut dapat lebih fokus ke pengembangan layanan.

Mengapa Managed Service begitu penting?

Faktor yang paling signifikan kehadiran solusi Managed Service adalah dapat memberikan peningkatan produktivitas di lingkungan TI tanpa mengkompromikan performa infrastruktur. Biznet Gio Cloud, sebagai Cloud Service Provider (CSP) mampu mereduksi resiko pengelolaan TI perusahaan anda melalui serangkaian prosedur operasional dan pengalaman menyeluruh pada bidang TI yang sudah terbukti di industri sehingga menjadikan managed service Biznet Gio Cloud sebagai solusi terbaik untuk menjawab keterbatasan sumber daya TI di suatu perusahaan.

Dalam contoh kasus yang ditemui, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang finansial membutuhkan infrastruktur dan pengelolaan yang dapat diandalkan untuk pasar Indonesia. Sementara spesifikasi yang dibutuhkan besar dan lingkup kerjanya masif, tim TI yang mengelola hanya beranggotakan dua orang. Di sini Managed Service dari Biznet Gio Cloud mengimplementasi solusi perancangan infrastruktur, konfigurasi, hingga sistem keamanannya. Setelah implementasi tersebut, layanan Managed Service juga mengelola infrastruktur, basis data, dan backup berkala yang dilakukan secara komprehensif untuk operasional perusahaan sehari-hari.

Managed Service di Biznet Gio Cloud

Semakin kompleksnya kebutuhan TI di suatu perusahaan, tidak selalu memerlukan investasi tambahan yang dapat meningkatkan belanja modal perusahaan. Biznet Gio Cloud memiliki solusi untuk berbagai kebutuhan TI melalui rangkaian produk berbasis solusi dan layanan Managed Services atau biasa disebut Penyedia Layanan Pengelolaan Lengkap (PLPL). Solusi Managed Services Biznet Gio Cloud tidak hanya memudahkan dalam pengelolaan TI Anda namun juga meningkatkan performa bisnis secara efisien melalui skema alih daya.

Dengan solusi Managed Service, Biznet Gio Cloud mampu membantu perusahaan untuk mentransformasikan kebutuhan bisnis yang termasuk produk, solusi, topologi, implementasi, dan hal lainnya berdasarkan praktik terbaik dari berbagai sektor bisnis.

Dalam praktiknya, solusi layanan dan konsultasi yang ditawarkan berfokus pada area: Virtualization and Cloud, Business Continuity, Open Source and Security, dan Database, Web Hosting and Network.


Luasnya koridor bisnis dalam industri Teknologi Informasi membuka pintu kesempatan bagi para penyedia layanan untuk menyesuaikan spesialisasinya dengan kebutuhan pasar. Berangkat dari fokus area yang telah didefinisikan sebelumnya, Biznet Gio Cloud mengelaborasi lingkup kerja yang lebih spesifik untuk mendukung inti bisnis pelanggan tetap berjalan secara efisien.

Adapun yang menjadi lingkup kerja dari layanan Managed Service kami adalah seperti yang di tuangkan pada gambar di bawah ini:


Dengan terus berevolusinya kebutuhan teknologi di tengah bisnis Indonesia, penyedia layanan pun dituntut untuk terus berinovasi, dan Biznet Gio Cloud dengan bangga dapat membantu kebutuhan anda. kami berkomitment dengan memberikan layanan konsultasi secara cuma-cuma terkait dengan layanan Managed Service yang ada pada kami dengan menghubungi sales@biznetgio.com.