Merawat Data dari Rentannya Bencana

Secara geografis, Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng tektonik dunia: Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik. Belum lagi jika harus disebutkan 140 gunung berapi aktif yang mengelilingi seantero Nusantara. Bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, dan lain sebagainya, merupakan force majeure yang berada di atas kemampuan manusia untuk dicegah.

Ketidakmampuan kita sebagai manusia biasa pun tidak menjadikan bencana untuk berpasrah diri. Kita beradaptasi, berevolusi, dan berinovasi dari tahun ke tahun untuk meredam kerusakan bencana agar kerugian yang berdampak tidak terlalu besar.

Bertahan dan mengantisipasi bencana selalu menjadi bagian dari rencana besar kami untuk terus mendukung para pelanggan. Pun seperti manusia pada umumnya, Biznet Gio juga beradaptasi. Kami melihat implementasi dari penanggulangan bahaya adalah hal yang paling masuk akal demi keberlangsungan data para pelanggan kami. Maka dari itu, kami menyematkan fitur multi-region pada layanan NEO Object Storage (NSS) dari NEO Cloud.

NSS yang merupakan layanan penyimpanan berbasis objek yang menghadirkan fasilitas geo-redundancy storage (GRS) yang pertama di Indonesia. Anda sebagai pelanggan akan diberikan dua URL akses (endpoint) untuk mengakses data yang telah tereplikasi di dalam dua atau lebih data center yang berbeda secara geografis.

Sebelumnya, Anda sebagai pelanggan hanya dapat menggunakan satu endpoint dari salah satu data center Biznet Gio, yakni di antara Jakarta (Midplaza) atau West Java (Technovillage). Satu endpoint dapat dimanfaatkan untuk membuat tiga replikasi yang berbeda.

Setelah fitur multi-region resmi kami perkenalkan, Anda dapat memanfaatkan kedua endpointnya dengan endpoint primer yang memiliki jumlah replikasi paling banyak. Contohnya, adalah jika berlangganan NSS Multiregion 1, maka yang diutamakan adalah endpoint West Java.

Ketika endpoint primer Anda padam, endpoint sekunder di fitur Single Region tetap dapat diakses namun tidak dapat dimodifikasi (read only access). Sementara endpoint sekunder di fitur Multiregion dapat melakukan modifikasi (read and write access).

Saat ini Biznet Gio memiliki dua data center (Midplaza dan Technovillage), dan berencana akan menambah satu data center tambahan lagi. Melihat potensinya, besar kemungkinan akan ada endpoint tambahan untuk memperkokoh ketangguhan dari layanan-layanan yang ada.

Dengan fitur multi-region di NEO Object Storage, Anda tidak perlu khawatir gagal dalam mengakses data jika terjadi bencana di salah satu data center yang terdampak. Karena data berbasis objek tetap dapat diakses melalui replikasi di data center lainnya yang berarti data kamu dapat selalu bisa diakses kapanpun dan di manapun juga. Fitur ini bisa didapatkan mulai dari Rp 1.000/GB.

Untuk berlangganan NSS Multi-region, silakan merujuk ke Portal NEO Anda lalu arahkan ke catalog > Object Storage > dan pilih tipe replikasi yang diinginkan.

Rp1.000,-/GB

Pilihan penyimpanan dengan tiga replikasi data.

  1. NSS Single Region (tiga replikasi di Midplaza atau Technovillage)


Rp2.000,-/GB

Pilihan penyimpanan dengan redundancy endpoint dan juga redundancy data. Saat primary region bermasalah, pelanggan tetap bisa mengakses data di secondary region dengan "read only access”.

2. NSS Multiregion 1 (2 replikasi di Technovillage, dan 1 replikasi di Midplaza)

3. NSS Multiregion 2 (2 replikasi di Midplaza, dan 1 replikasi di Technovillage), dan


Rp3.000,-/GB
Pilihan penyimpanan dengan redundancy endpoint juga redundancy data. Saat primary region bermasalah, pelanggan tetap bisa mengakses data di secondary region dengan "full access" seperti saat mengakses primary region.

4. NSS Multiregion 3 (2 replikasi di Technovillage, dan 2 replikasi di Midplaza)



(Photo: Joshua Sortino | Unsplash)