NEO Virtual Compute Lebih Aman dengan CIS Hardened Images

Faktor keamanan selalu menjadi perhatian khususnya dari masyarakat awam tentang gagasan komputasi awan. Sementara faktanya, komputasi awan dikelola dan dijaga oleh pihak profesional melalui serangkaian standar keamanan untuk semua penggunanya di kelas enterprise, perbankan, bahkan pemerintahan. Keamanan selalu menjadi aspek utama dari penyedia layanan komputasi awan NEO Cloud pada jajaran produk dan solusinya. Salah satunya melalui implementasi standar manajemen keamanan bersertifikasi ISO 27001 dan PCI-DSS.

Tak cukup sampai di situ, aspek keamanan ini kini turut didukung dengan tersedianya alternatif untuk menggunakan virtual image yang dikokohkan (hardened images) berdasarkan standar dari lembaga keamanan internet dunia, Center of Internet Security (CIS), yang bisa digunakan oleh para pengguna NEO Virtual Compute. Dengan demikian, NEO Virtual Compute menawarkan keamanan yang lebih tinggi jika dibandingkan produk serupa di industri.

Apa itu CIS Hardened Image?

OS image itu sendiri adalah sebuah sistem data yang berjalan di atas Virtual Machines (VM) untuk menjalankan virtual environment yang bekerja selayaknya sebuah komputer fisik.

Dalam sebuah OS image, setiap sistem operasi memiliki ratusan konfigurasi yang rumit dan membutuhkan waktu yang cenderung lebih lama untuk dilakukan pengokohan (hardening). Karena pada umumnya, sistem operasi dirancang untuk memprioritaskan kenyamanan ketimbang keamanan para penggunanya. Mengokohkan OS image bisa membantu meningkatkan keamanan dengan cara menonaktifkan layanan dan port yang tidak berguna, menghapus program yang tidak dibutuhkan, dan membatasi akses administrative.

Untuk itu, CIS menawarkan sebuah image siap pakai yang telah terkonfigurasi berdasarkan rekomendasi para ahli cybersecurity dari pihaknya.

CIS Hardened Image di NEO Virtual Compute

CIS Hardened Images disediakan sesuai standar CIS Benchmark di mana pengguna NEO Cloud mempunyai pilihan untuk menggunakan sistem operasi yang sudah diperkokoh dan tangguh, tanpa perlu konfigurasi dan tanpa biaya tambahan.

CIS Hardened Image ini telah tersedia di NEO Cloud region JKT dan WJV:

  1. CentOS 7.5 CIS 1.0
  2. Ubuntu 18.04 LTS CIS 1.0

Menggunakannya, pengguna akan mendapatkan tiga manfaat utama yakni:

Terkonfigurasi untuk standar CIS Benchmarks
Sesuai dengan pengembangan dan ulasan dari para ahli cybersecurity dunia yang direkomendasikan oleh CIS sehingga pengguna tidak perlu lagi khawatir dengan metode yang digunakannya.

Lebih Aman
CIS Hardened Image dapat membantu ancaman umum seperti DDoS, kesalahan otorisasi, dan trust boundary yang saling tumpang tindih.

Mengurangi Biaya
Dengan fleksibilitasnya, virtual image menawarkan solusi komputasi yang lebih dapat disesuaikan dari kebutuhan para penggunanya.