news image
news 23 September 2019

Membangun sebuah layanan atau aplikasi memiliki pendekatan yang berbeda pula untuk menjaga dan mengelolanya. Dalam pendekatan yang lebih analitikal, menjaga sebuah layanan umumnya berangkat dari metrik-metrik yang dapat diukur dari sebuah sistem monitoring. Sistem monitoring ini memberikan informasi dan wawasan kepada para pengguna yang bisa dimanfaatkan untuk membuat keputusan strategis perihal sebuah aplikasi/layanan.

Kebutuhan untuk memecahkan masalah menggunakan solusi berbasiskan teknologi pun terus berkembang. Namun bukan berarti setiap sistem yang diciptakan tidak memiliki celah. Kegagalan dan kesalahan sistem bisa terjadi kapanpun, jika dirasa performa menurun dalam akses atau memproses data dan request, maka monitoring report mampu menunjukkan metrik mana yang mengalami kekurangan resource. Sehingga pengguna dapat membuat keputusan untuk melakukan scaling baik secara vertikal ataupun horizontal.

Untuk mendeteksi dan mencegah kegagalan adalah dengan memahami dan mengenal sistem yang digunakan. Maka dari itu, Biznet Gio Cloud menawarkan layanan Monitoring Report yang mampu menyajikan insight terkini tentang CPU, RAM, bandwidth, Input/Output, storage, dan lain sebagainya.

Monitoring report bulanan ini disajikan oleh tim Managed Support yang mudah dipahami sehingga pelanggan mampu menganalisis performa operasional yang mendetail. Jika terjadi kesalahan/kegagalan sistem, pelanggan bisa dapat dengan mudah menggali sumber permasalahan yang menyebabkannya dan mengeleminasi kemungkinan terjadinya hambatan dari layanan yang terdampak.

Metriks yang diamati

Agar memastikan performa sistem layanan Anda terus berada di tingkat optimalnya, metrik-metrik yang diamati ialah:

Uptime
Adalah angka presentasi dari seberapa tangguh sebuah sistem bekerja.

CPU load
Besarnya presentasi penggunaan CPU ketika menjalankan berbagai aplikasi.

RAM usage
Besarnya penggunaan RAM ketika menjalankan berbagai aplikasi.

IOPS
Pengukuran performa (baca/tulis) dari sebuah media peyimpanan.

Network Bandwidth
Seberapa banyak data yang ditransfer dalam sebuah jaringan.

Storage usage
Besaran data yang tersimpan dalam sebuah media penyimpanan.


Memiliki pemahaman penuh tentang sistem dan server, menandakan pelanggan bisa memastikan kesehatan dan performanya. Dengan memahami dan mengontrol kinerja sehari-hari, pelanggan bisa mendeteksi dan memprediksi keputusan strategis yang bisa menghemat waktu dan materi.

Misalnya sebuah bisnis media online tidak bekerja dengan baik dan sering kali sangat lambat dalam mengeksekusi permintaan pengunjung, hal ini mungkin akan membutuhkan waktu berhari-hari hingga pengunjung melakukan komplain. Hal ini bisa dicegah jika saja pemilik situs secara rutin memperhatikan hal-hal yang relevan terkait masalah ini.

Lebih dari sekadar monitoring

Monitoring report yang baik dapat memperingatkan pelanggan tentang masalah yang akan timbul, memungkinkan mereka untuk menyelesaikan masalah dengan segera dan meminimalkan resiko performa berjalan lambat. Monitoring ini dirangkum dan dikurasi oleh tim Managed Support setiap bulannya untuk diulas dan dipelajari oleh pelanggan.

Memahami kebutuhan industri yang semakin bergerak dinamis, setiap entitas bisnis pun bisa mendapatkan lebih dari sekadar laporan bulanan, tetapi juga langkah mitigasi instan untuk membuat segalanya menjadi lebih mudah. Solusi ini ditawarkan oleh layanan Managed Service dari tim Biznet Gio Cloud yang didedikasikan untuk menjaga dan mengelola kerberlangsungan fungsi divisi TI sebuah perusahaan.

Dengan monitoring report dan pengelolaan dari tim Managed Service, pelanggan tidak perlu lagi mencurahkan segala waktunya untuk memantau dan kembali mengoptimalkan kinerja sistem dan server. Karena tim Managed Service mendedikasikan seluruh waktunya untuk menjaga dan mengelolanya selama 24/7.

Jika terjadi sebuah masalah, pelanggan akan menerima notifikasi peringatan, serta mendapatkan notifikasi penangan yang sesuai dari jajaran para ahli di tim Managed Service. Praktik ini akan mendorong produktivitas perusahaan pelanggan, yang mungkin merupakan alasan yang sangat penting mengapa sebuah bisnis memerlukan monitoring report. Biznet Gio Cloud menawarkan layanan konsultasi seara cuma-cuma terkait dengan layanan Managed Service untuk menyesuaikan bisnis Anda dengan menghubungi sales@biznetgio.com.