Perbedaan SWH, VPS, Cloud Computing dan Dedicated Server

Dunia IT melaju pesat, menembus batas batas geografis dunia, apa yang terjadi dibelahan bumi barat dengan cepat dapat didengar di belahan bumi selatan, tiada lagi batas batas antara Negara teknologi pendukung pun semakin pesat khususnya di dalam dunia hosting,seiring perkembangan jaman pada dunia hosting terdapat beberapa tipe hosting yang dapat anda implementasikan sesuai dengan kebutuhan anda.

Hosting adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website , aplikasi atau lain lain sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, program, script dan database.

Sebelum memutuskan untuk hosting sesuatu, anda harus pastikan pilihan anda sesuai dengan kebutuhan karena bukan tidak mungkin anda akan salah memilih tipe hosting yang mungkin wasting budget, ketidak efektifan dan effisiensi penggunaan hosting.

Beberapa tipe hosting yang ada saat ini dalah SWH (Shared Web Host), VPS (Virtual Private Server), Cloud Computing dan Dedicated Server

SWH (Shared Web Hosting)

IMAGES

SWH adalah layanan hosting dimana anda mendapatkan sebuah account yang disana anda dapat menyimpan file website, database dan email anda, software yang familiar digunakan oleh SWH adalah cPanel dan PleskPanel kelebihan dari SWH adalah murah dan praktis namun kerugiannya adalah tingkat privasi yang kurang dan performanya dibanding anda menggunakan tipe lain dari hosting dan pada dasarnya yang diprovide oleh share web hosting adalah space.

Pada shared webhost anda tidak diperkenankan menggunakan akses root sehingga anda tidak bisa menginstall aplikasi dengan dependency unik yang tidak ada pada server tersebut, namun biasanya pengelola SWH sudah menggunakan cPanel atau PleskPanel dimana hampir support semua aplikasi terbaru dan selalu update, kekurangan lain dari SWH adalah ketika server overload atau mengalami sesuatu maka account anda disana juga terancam, karena resource yang sharing dan tidak flexible.

VPS (Virtual Private Server)

IMAGES

VPS adalah layanan yang menyewakan server virtual, perbedaan dengan SWH adalah anda memiliki kebebasan menentukan sistem operasi dan mempunyai akses root sehingga anda dapat customize server tsebut., Layanan ini harganya umumnya sedikit di atas web hosting. Namun VPS tidak bisa mengakomodir kebutuhan koneksi privat antar server. Jadi ketika anda membutuhkan konfigurasi yang lebih optimal untuk security dan keandalan web online anda VPS tidak bisa lagi memenuhi.

Pada dasarnya SWH Merupakan bagian dari VPS, VPS dapat menginstall software panel yang dapat membagi resource menjadi SWH.

Biasanya layanan VPS yang karena umumnya infrastrukturnya terdiri dari beberapa server fisik yang di share dengan software virtualisasi sehingga bisa menampung banyak guest OS. Artinya secara kualitas tidak berbeda dengan web hosting, kelebihannya hanya anda memiliki kebebasan menentukan OS dan platformnya saja.

Cloud Computing

IMAGES

Berbeda dengan SWH dan VPS, Cloud Computing nenawarkan fleksibilitas yang lebih, dimulai dari customization server, anda dapat dengan bebas menggunakan os apapun dan software apapun tanpa keterbatasan, selain itu cloud computing juga flexible dengan networks dan security, jika pada VPS anda tidak bisa buat system dengan aplikasi dan database tersebut melewati private networks, pada cloud computing hal tersebut sangat mudah diaplikasikan.

Untuk feature security cloud computing harusnya sudah mempunyai firewall seperti GIO Cloud anda dapat konfigurasi security tergantug kebutuhan anda, mulai dari blocking port, blocking ip address, batasi akses dan lain lain.

Keunggulan dari Cloud Computing adalah anda dapat membuat system yang support loadbalancing yang dapat membagi traffic ke setiap vmnya jika anda mempunyai website aplikasi yang sudah mature dan diakses oleh banyak orang dan system yang sudah high availability dibelakangnya.

Untuk website atau aplikasi yang kecil pun cloud computing bisa menjadi pilihan karena fleksibilitas dari cloud computing, anda dapat memulai dari yang terkecil dan ketika sudah banyak yang akses anda bisa menaikan spesifikasinya ataupun anda bisa menggunakan GioBricks yang sudah mempunyai kemampuan menyesuaikan diri sesuai dengan traffic atau yang bisa disebut dengan autoscalling.

Selain dari semua itu Cloud computing juga sudah menawarkan pay as you go, jadi anda hanya membayar apa yang anda gunakan, jika anda hanya butuh untuk development yang notabanenya tidak digunakan 24 jam nonstop kenapa anda harus membayar monthly charging?

Dedicated Server

Dedicated Server merupakan layanan hosting dan anda mendapatkan satu server utuh yang bisa anda customize dan tidak dibagi ke user lain, hanya anda sendiri yang menempati server tersebut, anda hanya tinggal memilih operating systemnya dan server siap anda gunakan.

Namun biasanya untuk dedicated server anda hanya diberikan 1 buah, jika anda ingin sewa 2 dedicated server dan ingin dibuat jaringan private dibelakannya anda harus menambah switch dan untuk keperluan security harus ditambahkan firewall lagi.